Taman Safari Cisarua

Masih menyambung cerita saya selama liburan setelah Lebaran kemarin, kali ini saya ingin menceritakan perjalanan saya ke Taman Safari Indonesia di Cisarua (TSC). Sebenarnya kami tidak ada niat sama sekali ingin main, apalagi kalau bukan harga tiketnya yang (menurut saya) mahal. Tapi ternyata Alhamdulillah ada aja rejeki, yang ternyata oom dan tante mau traktir saya dan keluarga untuk ke TSC. Yeiiiy!

TSC terletak di Jl. Raya Puncak, Cisarua. Tidak sulit menemukan lokasinya karena ada papan reklame yang besar untuk menunjukkan lokasi. Ketika sampai di tempat tiket, ada band yang bernyanyi untuk menghibur pengunjung yang ingin masuk. 
Harga tiket masuk TSC adalah:
SIANG
Dewasa (6 tahun ke atas): IDR 150.000,-
Anak-Anak (5 tahun ke bawah): IDR 140.000,-
Mobil: IDR 15.000,-
Bus: IDR 20.000,-
Motor: IDR 5.000,-
MALAM 
Dewasa (6 tahun ke atas): IDR 150.000,-
Anak-Anak (5 tahun ke bawah): IDR 140.000,-
Mobil: IDR 15.000,-

Setelah masuk, jika kita menggunakan kendaraan pribadi, maka akan langsung merasakan petualangan safari di Safari Journey dengan melihat binatang-binatang liar yang berada di habitatnya langsung. Karena hari itu adalah hari libur, cukup banyak mobil memadati area ini. Ada rasa kasihan sih sama binatangnya, mungkin dia bakalan stres kali ya, lihat banyak mobil lalu lalang :'(. Tapi jangan khawatir, banyaknya mobil juga diimbangi dengan banyaknya petugas yang sigap “memarahi” kita kalau berhenti terlalu lama.
Cukup banyak binatang yang dapat kita lihat di sini. Tanpa terasa di dalam area Safari Journey ini bisa membutuhkan waktu sampai 2 jam lho. Selain karena banyaknya mobil, kami juga kebanyakan berhenti untuk memberi makanan (jangan ditiru >.<) dan juga memfoto binatangnya hehehe. Lain kali, pengen coba juga menggunakan bus dari TSC saja. Mungkin bisa sedikit lebih cepat.
Kenapa saya bilang di area Safari Journey itu kelamaan? Karena memang sayang kalo sampai kita cuma habisin waktu di situ saja. Kalau melihat petanya, ada banyak pertunjukkan dan area-area lain yang bisa kita kunjungi.
Atraksi pertama yang saya kunjungi setelah keluar dari mobil adalah Baby Zoo. Area ini terdiri dari area outdoor dan semi-indoor. Di area outdoor kita bisa melihat binatang-binatang seperti Kangoroo yang asik berjemur di padang rumput, Orang Utan yang sedang bercanda dengan anaknya, atau Harimau yang lagi dikasih makan sama petugasnya.
Sedangkan di area semi-indoor kita bisa melihat beberapa binatang dari balik kaca. Dan papan petunjuk tentang binatangnya lebih detail dibandingkan dengan di area Safari Journey.

Yang saya suka, walaupun melihatnya di dalam kaca, kita tetap dapat melihat habitat hewan sesuai dengan aslinya. Bahkan ada binatang dari Jawa Tengah, dibuatkan habitatnya menyerupai candi yang sudah runtuh. Keren deh!
Coba tebak, dimana binatangnya?
Di sini juga ada area tertutup untuk burung. Bentuknya seperti kubah besar, dan kita bisa berjalan sambil melihat beberapa jenis binatang. 
Bird Park Area
Kalau mau berfoto dengan binatang, jangan lupa membeli dulu tiketnya seharga IDR 20.000,- sampai IDR 25.000,- per orang. Saya sendiri takut untuk berfoto sama binatang yang besar maupun yang kecil. Karena ada yang sedang ngantuk atau cranky kayak si macan (atau singa?) kecil ini >.<

Saya juga sempat menonton atraksi macan (atau singa? bener-bener bingung hahaha!) bersama pelatihnya. Oh iya, atraksi seperti ini gratis lho, yang penting baca saja jam pertunjukannya.
Tidak banyak atraksi yang saya kunjungi karena keterbatasan waktu. Apalagi saat itu sudah sore dan kami harus kembali ke Jakarta sebelum macet. 
Tiket berbentuk gelang
Oleh karena itu saya akan sharing beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengunjungi TSC:
  • Ada baiknya datang lebih pagi sehingga belum terlalu ramai. 
  • Cek jadwal buka tutup jalur ke Puncak terlebih dahulu. 
  • Jangan terlalu lama menghabiskan waktu di area Safari Journey.
  • Setelah keluar dari Safari Journey, langsung parkir kendaraan dekat dengan Halte Kereta Safari. Dengan membayar IDR 20.000,- per orang, kita dapat mengelilingi komplek TSI seharian (sampai jam 5 sore).
  • Cek jadwal atraksi, dan atur waktunya supaya tidak tertinggal.
  • Ada baiknya datang minimal 10 menit sebelum atraksi dimulai, karena biasanya kursi sudah lumayan penuh.
  • Cari tahu informasi selengkapnya di website TSI.
 
 
Taman Safari Cisarua
Jl. Raya Puncak 601
Cisarua, Bogor 16750
Phone: +6251 8250 000 (hunting)
BBM: 554e25ab
 

7 thoughts on “Taman Safari Cisarua

  1. Wahh, thanks makk.. Di keluarga ku cuma aku aja yang belum pernah ke taman safari. Entah kenapa.. Hihii.. Tapi rasa rasanya aku jadi ingin ke taman safari deh.. Thanks for sharing ya.. ^_^

    Btw itu kirain akuarium, ternyata kandang jaguar yang lagi nyantai diatas pohon

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)