Sudahkah Membayar Zakat?

Yang udah gajian hayo unjuk tangannya! *unjuk tangan 😀
Photo Source
Memang tanggal-tanggal segini tuh yang ditunggu banget. Gajian seperti oase yang muncul di padang pasir.
Lalu apa yang kalian biasanya lakukan setelah gaji masuk dengan cantik di rekening bank? Kalau saya sih malah sedikit senewen. Lho? Baru gajian kok senewen? 
Ya, saya menerapkan untuk sadis di awal daripada merana di belakang. Alias langsung membagi jumlah penghasilan ke dalam pos-posnya masing-masing, seperti pos tabungan dan investasi, pos bayar cicilan utang, pos pengeluaran sehari-hari, dan pos zakat atau donasi.
Nah, pertanyaan saya apakah kalian sudah menyisihkan dana pada pos terakhir ini? Semoga semua sudah ya 🙂

Bagi yang belum saya mau sharing nih cara membayar zakat ala saya.

Sebelumnya saya sempat mencari-cari badan atau lembaga yang dapat menerima pembayaran zakat. Setelah mencari dan mempertimbangkan saya akhirnya memilih Dompet Dhuafa (DD) sebagai badan penyalur zakat. 
Alasan saya memilih organisasi non profit seperti ini adalah alasan kepraktisan. Cara membayar zakatnya cukup mudah.
Awalnya saya sempat berkomunikasi dengan customer service DD melalui fitur live chat. Karena waktu itu sedang jam kerja, lumayan cepat juga responnya. Saya diinformasikan cara membayar zakat melalui atm atau internet banking. Kira-kira seperti ini caranya:

 

  • Klik Donor Info
  • Pilih Donatur Baru jika kalian baru pertama kali membayar zakat di DD untuk melakukan registrasi
  • Jika sudah terdaftar, silahkan cek nomor rekening DD. Karena kita membayar zakat, maka gunakan rekening zakat. Hati-hati tercampur, karena DD punya banyak rekening seperti untuk infaq, wakaf, dan lainnya

 
  • Lakukan konfirmasi pembayaran

 

  • Sampai tahap ini semua langkah-langkah telah selesai. Nanti kita bisa menerima tanda bukti dari DD mengenai pembayaran kita

 

  • Jika kalian menjadi member, maka biasanya tiap bulan akan dikirimkan laporan keuangan zakat kita  

 

Mudahkan? Jadi tidak ada alasan lagi bingung mau kemana membayar zakat. Sejauh ini saya cukup puas dengan DD sebagai organisasi yang menerima dan menyalurkan zakat. 
Semoga dengan selalu menyisihkan sebagian rejeki yang kita punya, harta yang dimiliki akan bersih dari hal-hal yang buruk yaaa! Amien 🙂
Kalau teman-teman biasanya membayar zakat dimana? Share yuk!

14 thoughts on “Sudahkah Membayar Zakat?

  1. selama ini aku byr zakat lewat papa, yg ntr nyalurin ke tempat yg emg udh jadi langganan dia utk byr zakat… tp bulan ini, krn suami udh males megang keuangan keluarga, spertinya aku mw nyalurin zakat dia ke Dompet dhuafa ini juga.. :).. Zakat mah udh nomor 1 yg hrs dikeluarin duluan mba.. takut kalo sampe lupaa

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)