Beauty

Skincare Untuk Pria? Perlu Gak Sih?

Skin care untuk pria? Pertanyaan dari judul di atas terlintas di pikiran saya ketika sedang senang-senangnya merawat kulit (terutama wajah) dengan produk-produk skincare yang belakangan saya pakai. Saya jadi penasaran apakah pria juga butuh skincare? Dan apakah mereka sebenarnya malah sudah menggunakan skincare? Kira-kira ada gak sih skincare untuk pria?

Tenang tenang! Untuk tulisan kali ini saya sudah bertanya kepada dua teman pria saya yang berprofesi sebagai blogger. Jadi kita bisa tahu nih pendapat pria tentang skincare yang diwakili oleh mereka berdua.

Semua jawabannya akan saya kupas setelah ini πŸ˜‰

PRIA DAN KEBERSIHAN

Kalau ngomongin pria, saya mungkin bisa bahas dari laki-laki terdekat di lingkungan saya ya. Ada suami dan adik laki-laki saya.

Untuk kebersihan badan keduanya memiliki perbedaan. Adik saya menggunakan produk-produk yang khusus untuk pria. Sedangkan suami saya termasuk tipe yang cuek sehingga tidak masalah menggunakan produk pria atau wanita.

Lalu soal wajah, keduanya juga berbeda. Adik saya selalu membersihkan wajahnya dengan sabun pembersih muka khusus pria. Sedangkan suami saya paling malas untuk bersihin muka. Hahahaha.

Skincare Untuk Pria

Saya sempat nanya sama suami, kenapa sih males bersihin muka? Gak takut jerawatan apa?

Jawabannya simpel,

Kalo ada jerawat mah biarin aja. Nanti juga ilang sendiri. Kamu tuh gak usah ngerepotin jerawat, makanya makin banyak aja jerawatnya.

*JLEBBBBBB

Emang bener sih. Kalau suami jerawatan saya biasanya yang repot pengen urus mukanya. Tapi orangnya mah santai-santai aja. Malah bisa ilang sendiri tanpa berbekas! Hikss…. (lirik bekas jerawat sendiri).

Skincare Untuk Pria

Muka suami yang lebih bersih dibanding istrinya :'(

Karena kesal dengan jawaban suami, saya akhirnya pilih untuk bertanya kepada teman pria lain aja. Paling engga jawabannya bisa lebih serius ya.

Nah ini dia kedua blogger yang saya minta tolong untuk jawab pertanyaan-pertanyaan penasaran saya tentang bodycare dan skincare untuk pria.

BODYCARE & SKINCARE UNTUK PRIA ALA BLOGGER

Skincare Untuk Pria

Teman pria yang berbaik hati mau menjawab pertanyaan saya adalah Bartian Rachmat (travel blogger) dan Dani Rachmat (personal finance blogger).

Keduanya memang memiliki nama belakang yang sama, namun bukan kakak-adik kok. Bener gak Mas Bart, Mas Dani? πŸ˜€

Mereka pun memiliki blog yang bertolak belakang sama sekali. Mas Bart yang fokus ke tulisan tentang travel, sedangkan kalau ingin nanya-nanya tentang keuangan bisa bertanya kepada Mas Dani.

Keduanya pun memiliki keseharian yang berbeda. Mas Bart yang biasa bekerja di laut lepas otomatis sudah pasti sering terpapar sinar matahari. Kebalikannya, Mas Dani justru menghabiskan waktu bekerjanya di dalam ruangan ber-ac.

Atas dasar itulah saya ingin bertanya kepada keduanya, apakah jawaban mereka juga sudah pasti beda? Atau malah sama?

Nih simak ya jawaban dari mereka πŸ™‚

Halo Mas Bart dan Mas Dani. Thanks ya sudah mau jadi narasumberku. Mulai pertanyaan pertama ya. Share dong perawatan tubuh dan wajah apa yang sering kalian lakukan sehari-hari? Atau malah ada perawatan khusus gak kalau mau traveling?

Bart (B): Perawatanku itu cuci wajah dengan sabun khusus pembersih wajah. Aku pilih yg memang sudah terbukti cocok dengan tipe kulitku yg agak berminyak. Cuci wajah ini wajib, terutama setelah berkegiatan di luar.

Sisanya standar, seperti mandi rutin 2 kali sehari, mencuci rambut, pakai deodoran, dan pakai parfum secukupnya.

Untuk kegiatan outdoor khusus seperti trekking, aku akan tambahkan skin protector (sun block & lip balm).

Dan sebulan sekali aku rutin potong rambut, serta selalu cuci rambut setiap mandi sebelum tidur (sore/malam). Pokoknya diusahakan gak tidur dengan rambut terbalut pomade.

Dani (D): Gak ada perawatan khusus, Lia. Kalo buat gue pekerja kantoran yang gak banyak keluar tapi selalu di ruangan dengan ac palingan cukup cuci muka pake sabun pembersih muka yang dijual umum di luaran sama pake pelembab ato vitamin c buat muka buat menghindari kulit kering.Β 

Ada masanya juga gw pake lip balm karena ruang ber ac kadang bikin lupa minum dan ini bikin bibir kering dan pecah-pecah. But I drink more now, jadi ga pake lagi.

Nah kalo buat badan paling pake roll on sama cologne yang baunya seger dan gak menyengat aja.

Wah berarti bisa dibilang kalian berdua sudah melakukan perawatan tubuh dan wajah ya secara rutin. Boleh tau gak kenapa sampe mau perawatan segala?

B: Aku memilih melakukan perawatan semua itu, karena: ini semua asset! ??

Agak susah jawabnya. Intinya sih, perawatan yg aku lakukan standar aja. Tapi itu semua penting, karena terkait dengan kebersihan, yg juga berpengaruh terhadap citra diri. Selain, merasa lebih percaya diri aja kalau bersih dan rapi.Β 

D: Dulu sempat melakukan perawatan khusus. Facial dua kali sebulan. Tujuannya? Biar kelihatan lebih bersih (dan lebih ganteng) aja. But then I realized bedanya gak membawa pengaruh signifikan. Lebih efektif kinerja di kantor. Wkwkwkwk. So to save money I cut those kind of expneses. LoL

Oke, lanjut ya pertanyaanya. Apa persepsi kalian tentang pria yang melakukan perawatan tubuh dan wajah? Setuju gak kalau mereka yang melakukan perawatan tubuh dan wajah dibilang pria yang kemayu?

B: Sejauh ini sih aku setuju-setuju saja, kalau pria melakukan perawatan wajah dan tubuh. Selama itu masih dalam batas wajar. Seperti misalnya creambath sekali-kali, atau mengikuti tren potongan rambut terbaru. Tapi kalau sampai sulam alis, pakai foundation, pakai maskara, menurutku agak berlebihan.

D: Biasa aja sih gw ngelihatnya. Gak setuju sama pendapat merawat tubuh=kemayu. Karena merawat tubuh itu hak segala gender. Bukan berarti yang merawat tubuh selalu kemayu meskipun yang kemayu biasanya selalu merawat tubuh. Gimanapun, feeling good about ourself will bring the best out of us kan?

Skincare Untuk Pria

Ternyata skincare pria sekarang sudah mulai spesifik

Sekarang berandai-andai yuk, kira-kira ada gak perawatan wajah atau tubuh yang selama ini dikhususkan untuk wanita tapi ingin juga nantinya ada untuk pria? Jadi nantinya akan ada bodycare dan skincare untuk pria saja.

B: Hmmm ini agak susah. Aku sih cuma berharap kalau varian produk perawatan tubuh dan wajah khusus untuk pria akan jauh lebih banyak lagi dan mudah didapat di pasaran. Misalnya sabun, shampoo, conditioner, deodoran, parfum, dan sabun pencuci wajah. Karena selama ini dikuasai oleh wanita, at least kemasannya.

Untuk produk ‘ketampanan’ pria yg aku tau sebenarnya sih banyak (sering baca di rekomendasi beberapa majalah pria). Tapi (produk khusus pria) yg aku pakai sih sabun, pembersih wajah, deodoran, pomade, styling gel, parfum, dan sesekali shaving cream. Di luar yg aku pakai itu, masih ada after shave dan krim malam.

Shampoo malah nggak. Soalnya shampoo khusus pria yg aku temukan itu malah pH nya agak tinggi, jadi selalu ketombean kalau aku pakai.

O iya, untuk saat ini, pomade dan kawan-kawannya serta shaving-cream dan after shave, masuk menjadi salah satu produk essensial kaum pria. Terutama yg rambut dan facial hair nya bisa ditata.

Hmmm tapi kalau boleh berandai-andai lebih. Mungkin produk anti-aging hahaha. Soalnya secara umum pria lebih banyak melakukan aktifitas luar, yg mempercepat penuaan dini di area wajah.

D: Well, I’m a practical person, dan menurut gw yg skarang sih belum ada perawatan tubuh khusus perempuan yang nantinya bakalan (dibutuhkan) untuk para pria. Can you give me some example? Β 

Misalnya produk Anti Aging sebagai skincare untuk pria gitu, Mas Dani. Hehehehe.

D: Beneran gak ada yang gw lihatnya perlu dibuatkan untuk pria juga sih, Lia. Karena produk anti aging buat pria menurut gw gak terlalu efektif. Hahaha.Β 

Menurut gw, pria semakin berumur, mukanya semakin berkarakter, asalkan gak sembarangan makan dan jadi berat badan naik gak terkendali. Jadi I gracefully embrace my aging. LoL.Β 

Hahaha aku suka sama kalimat terakhir Mas Dani. Pertanyaan terakhir nih. Aku mau tau tentang wanita di mata kalian. Wanita kan terkenal sebagai makhluk yang paling lama buat dandan. Kira-kira persiapan apa yang menurut kalian sudah cukup wanita lakukan kalau mau berpergian, sehingga waktu dandan dan bersiap-siap menjadi berkurang alias langsung cusss berangkat?

B: Nah ini menarik. Kalau aku harus jawab ini jawabanku adalah wanita itu cukup pakai bedak, lipstick tipis atau lip balm, dan rapihin rambut (atau tutup pakai hijab). Gak perlu make up tebal-tebal, kalau mau lebih cepat. But, it depends on the occasion ya.

Kadang aku suka juga kok nungguin wanita berdandan secantik-cantiknya sebelum pergi ke satu acara. Asal jangan setiap kali aja ??

D: Menurut gw, buat perempuan, terlihat bersih, terawat dan gak sloppy aja sudah cukup. Gak perlu sampe kudu match a-z nya dan dandanan gak perlu sampe menor. Kelihatan bersih dan seger aja dah cukup. πŸ˜€


Wuih ternyata jawaban tentang bodycare dan skincare untuk pria dari kedua blogger ini menarik juga. Mereka menjawab pertanyaan dengan informatif dan saya jadi tahu beberapa hal, seperti contohnya soal pria juga butuh produk anti aging, lho! (lirik Mas Bart :))

Dan yang paling penting, ternyata pria juga butuh perawatan tubuh dan kulit wajah. Walaupun bukan perawatan yang terlalu berlebihan.

Kadang pria memang terkesannya cuek, namun sebagian besar dari mereka juga masih menggunakan produk bodycare dan skincare untuk pria. Buat apa? Biar kelihatan ganteng dan bersih aja, kalau kata Mas Dani πŸ˜€

Kalau kalian para pria, setuju gak sih sama jawaban di atas? Atau punya tambahan lagi nih? Share ya di kolom komentar πŸ™‚

28 Comments

  1. dani 04/07/2017
    • Lia 05/07/2017
  2. Molly 05/07/2017
    • Lia 05/07/2017
  3. BaRT 05/07/2017
    • Lia 05/07/2017
  4. Kartika Nugmalia 05/07/2017
    • Lia 05/07/2017
  5. Hastira 06/07/2017
    • Lia 06/07/2017
  6. Rahmi 06/07/2017
    • Lia 06/07/2017
  7. FannY f nila 06/07/2017
    • Lia 06/07/2017
  8. Edwina Hidayah 06/07/2017
    • Lia 06/07/2017
  9. Inayah 06/07/2017
    • Lia 06/07/2017
  10. Liswanti Pertiwi 06/07/2017
    • Lia 12/07/2017
  11. Meriska Putri W 07/07/2017
    • Lia 12/07/2017
  12. niksukacita 09/07/2017
    • Lia 12/07/2017
  13. Ani Berta 10/07/2017
    • Lia 12/07/2017
  14. Riyardi Arisman 16/10/2017
    • Lia 16/10/2017

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: