Saya Pilih Diam Di Rumah Saat Tanggal Tua

Tanggal muda jajan di kafe Jakarta Selatan , tanggal tua makan mie instan.

Tanggal muda nonton di bioskop, tanggal tua paling nongkrong di warkop.


Hari-hari yang paling ditakuti oleh semua orang, khususnya pekerja seperti saya adalah tanggal tua. Di tanggal-tanggal segini nih rasanya seperti hidup di padang tandus….. Kering, booook!

tanggal-tua-tanggal-muda

Mau makan enak, tapi duit gak ada. Mau nongkrong-nongkrong tapi inget nanti makan apa. Mau bayar kosan, tapi duitnya mending dipake beli makan… Loh, kok jadi makanan semua yang diinget 😛

Saya sendiri gak ngerti kenapa tanggal ini disebut tanggal tua. Kemungkinan besar adalah para karyawan biasanya digaji di akhir bulan, sehingga tanggal tua itu dihitung mulai dari minggu ketiga setelah tanggal gajian. Eits, atau yang abis gajian juga udah nyebut tanggalannya sudah tua? Hihihi.

KENAPA TANGGAL TUA TERJADI?

Ada banyak hal dan sebab sih kenapa fenomena tanggal tua itu terjadi. Misalnya untuk para anak kuliahan yang biasa dijatah sama orang tua, antara duitnya memang pas-pasan, atau juga memang gak bisa mengatur keuangan dengan baik.

Sedangkan untuk para pekerja, makin banyak juga sebabnya. Bisa jadi karena memang kebutuhan cicilannya yang banyak, lifestyle yang gak bisa terkontrol, dan masih banyak lain lagi.

Penggunaan uang yang berlebihan di tanggal-tanggal setelah gajian, membuat lupa akan sisa hari untuk menyambung hidup sampai gajian di bulan berikutnya.

Satu hal yang terpenting adalah manajemen keuangan yang harus dipatuhi oleh setiap orang, sehingga dapat meminimalisir terjadinya syndrom tanggal tua. Misalnya:

  • Merencanakan pengeluaran setiap minggunya
  • Komitmen untuk mengambil uang ke ATM 1x dalam seminggu
  • Tidak membeli barang yang di luar dari budget

Dan masih banyak lagi yang seharusnya bisa dilakukan.

DIAM DI RUMAH SAAT TANGGAL TUA DAPAT MENYELAMATKANMU

Namun sebenarnya adakalanya jika sudah berusaha sedemikian rupa, masalah ini bisa saja terjadi pada siapapun juga.

Dan saya sendiri lebih memilih menanggapinya dengan santai. Kayaknya kalau mau dipikirin malah gak dapet apa-apa, jadinya cuma stres aja.

Bagi saya, berpergian ke luar rumah itu akan lebih menghabiskan banyak uang dibandingkan tetap di dalam rumah. Makanya saya senang beraktivitas di dalam rumah saja saat menuju akhir bulan.

Bayangin aja, kalo kita pergi ke mall aja udah bisa jajan makanan, snack, belom lagi kalau mau nonton dan masih banyak lagi. Dengan diam di rumah, saya bisa melakukan banyak hal secara gratis. Lumayan lho bisa hemat uang yang cukup banyak.

Kalian bisa melakukan aktivitas seperti membaca buku yang sudah lama dibeli tapi tergeletak saja, membereskan lemari, mencuci peralatan makeup, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan saat di rumah sambil melupakan derita tanggal tuamu 😛

TERPAKSA BELANJA DI TANGGAL TUA

Sudah diam di rumah demi ngirit, tapi masih ada hal-hal yang penting dan harus dibeli? Wajar sih, namanya juga kebutuhan kan bisa saja tidak terduga. Di sini nih kejelian dan radar informasi kita harus jalan. Jangan sampai terpaksa mengeluarkan uang yang banyak, padahal kondisi kantong sudah menyedihkan.

Sama seperti si Budi yang merasakan merananya tanggal tua. Udah makan pake mie instan doang. Sabun tinggal seimprit. Eh, masih diteriakin ibu kos suruh bayar.

Nah, untungnya si Budi ke kafe yang ada wifi gratis nih. Jadi lumayanlah bisa buka internet walaupun cuma pesen air putih (saya salut sama kamu, Budi!).

Dan hasilnya si Budi (dan juga saya) tahu kalau di MatahariMall itu ada yang namanya TTS (Tanggal Tua Surprise).

tanggal-tua-surprise-mataharimall

Jadi di TTS ini, ada promo diskon produk di MatahariMall sampai dengan 80%. Ditambah lagi free ongkir dan banyak bonus lainnya.

Lumayan kan bisa beli persediaan makanan, kosmetik, bahkan sampai baju dengan harga miring.

Berbelanja saat online juga banyak manfaatnya lho, apalagi sedang tanggal tua. Yaitu:

  • Mencegah lapar mata, sehingga membeli barang yang tidak perlu
  • Terhindar dari rayuan SPG atau Beauty Advisor untuk membeli barang yang lain
  • Bisa bandingin harga, sehingga dapat harga yang lebih terjangkau

Gimana? Masih mau diam di rumah saja kan kalau sedang tanggal tua? 🙂

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Tanggal Tua yang diselenggarakan oleh ShopCoupons dan MatahariMall.

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.

mataharimall-kompetisi

Design Source:

Designed by Freepik

28 thoughts on “Saya Pilih Diam Di Rumah Saat Tanggal Tua

  1. diam di rumah menjadi salah satu alasan supaya tgl tua tdk mengeluarkan banyak biaya ya… di dlm rmh juga masih banyak yg bisa dikerjakan kok.. 🙂

  2. btw kebalikan aku tau li… aku kalo tanggal tua malah belanja barang2 yang ga penting.. aku pernah nulis di blogku gimana cara ngatur uang paas tanggal tua justru bersenang-senang.. makanya bingung mau ikut lomba ini hahahha.. sukses ya..

  3. Liaaa, bener banget tuh, kalo banyak jalan ke luar saat tanggal tua kayaknya sakit ati karena cuma bisa liat2 dong, hihihi…

    makasih ya tips2nya, terutama yang tentang blanja online..

  4. Aku udah pusing duluan kalo dikejer-kejer Mbak SPG di toko. Kadang aku udah ngomong, “Iya Mbak saya lihat-lihat dulu.” Eh tetep aja dipepet ditawari ini itu. Mending cabut. *curcol

  5. tanggal tua di rumah itu menyenangkan yach Lia. Nonton dan baca seharian aja nga berasa, hehehe.. emang sehari-harinya bokek terus nich. Semangat yach, semoga menang lomba.

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)