Catatan Pengalaman Melawan Jerawat Dengan Verile

Disclosure: Produk Verile Acne dikirimkan kepada saya berupa sampel produk untuk dicoba dan direview. Opini dan sudut pandang yang ditulis murni merupakan pendapat saya. Silahkan baca ini untuk lebih lanjut.

Rasanya sudah sering kali saya membahas topik langganan saya di sini. Apalagi kalau bukan jerawat. Setelah hampir mau setahun jerawat akibat stres karena persiapan menikah gak juga hilang, kali ini pun saya ganti strategi lagi supaya dapat menemukan cara agar jerawat dan bekasnya bisa pergi tanpa kembali lagi.

Bisa dilihat juga ya ceritanya di video saya di bawah ini:

Update dulu ya kondisi kulit saya dalam jangka 1 bulan belakangan. Bisa dibilang sebenarnya kulit saya mulai membaik dengan berkurangnya jerawat kecil-kecil maupun jerawat yang meradang. Walaupun sudah berkurang, tapi terkadang jerawat tetap muncul sesekali.

Bisa dibilang membaiknya kondisi kulit terjadi karena saya mulai menemukan rangkaian produk skin care yang cocok untuk kulit. Ingat ya, COCOK. Bukan bagus untuk kulit. Karena yang bagus banyak, tapi yang bagus di orang lain belum tentu bagus di saya.

Saya juga sudah melakukan cara membersihkan wajah dengan double cleansing. Malah kadang triple cleansing dengan membersihkan lagi wajah dengan cleansing water sebelum memakai night cream. Iya sih, harusnya exfoliating toner, cuma karena belum ada jadi pakai yang ada dulu ajalah yaa hehehe.

Lalu masalahnya apa?

Ya sudah pasti masalah yang muncul setelah jerawat adalah bekas jerawat. 

Bisa dibilang masalah bekas jerawat itu sama-sama bikin frustasi juga seperti masalah jerawat itu sendiri. Belum lagi jenis bekas jerawat saya adalah bekas kecokelatan alias hiperpigmentasi. Akhirnya kulit wajah saya yang kuning langsat terlihat kusam jika noda-noda bekas jerawat tidak ditutupi.

Belum lagi saat fokus menghilangkan noda bekas jerawat, eh tiba-tiba muncul lagi jerawat aktif yang bikin panik karena sudah pasti akan memberikan sumbangan noda bekas jerawat yang baru.

Jujur saya malas sekali cari obat jerawat pada saat itu. Karena saya pikir, saya fokus saja cari penyebabnya. Belakangan saya sering nonton videonya Liah Yoo yang banyak sharing tentang jerawat (Acne).

Dari Liah jugalah saya belajar banyak soal hidrasi (hydration). Maka saya bisa ambil kesimpulan bahwa kemungkinan besar mengapa kondisi kulit saya mulai membaik karena beberapa tips Liah yang saya lakukan. Cerita tentang Liah dan tipsnya akan saya ceritakan terpisah yaaa. Itu pun kalau ada yang mau baca hehehe.

RANGAKAIAN PRODUK JERAWAT, VERILE

Lanjut cerita, ternyata saya dikirimi rangkaian produk dari Verile beberapa waktu yang lalu.

Sebagian besar dari kita pasti sudah tau siapa itu Verile. Bahkan dulu saya pernah beberapa kali pakai Acne Gel-nya. Dan sekarang ternyata Verile sudah banyak mengeluarkan produk lain seperti, Verile Acne Blemish Cream, Verile Acne Facial Wash, dan Verile Moisturizing Gel.

Waktu pertama kali tahu mau dikirimkan produknya, saya langsung browsing review tentang Verile. Ternyata banyak review bagus dan mengatakan bahwa dengan menggunakan Verile kondisi jerawat dan bekas jerawat semakin membaik.

Jadi makin penasaran buat coba gak sih?! 

Pada saat tulisan ini dibuat, saya telah menggunakan produk Verile selama kurang lebih 10 hari. Rencananya saya akan membuat jurnal catatan pribadi tentang pengalaman menggunakan produk ini.

Kenapa membuat jurnal? Karena saya merasa bahwa memberantas jerawat itu tidak bisa instan. Apalagi seinstan hasil pakai krim dari dokter. Saat ini saya lebih memilih cara pelan-pelan tapi nantinya memberikan hasil yang baik. Saya malas kalau sembuh dengan cepat, tapi kembali kumat lagi dengan cepat. You know what I mean, right? 😉

Oke, karena bagian pembukanya udah kepanjangan saya akan bahas dulu first impression tentang produk-produk Verile yang saya dapat yaaa 🙂

VERILE ACNE GEL

Bisa dibilang Verile Acne Gel merupakan produk utama sekaligus andalan saat jerawat muncul. Kalau dilihat dari kandungannya ada bahan Salicylic acid yang memang dikenal sebagai bahan yang baik untuk mengatasi jerawat. Namun penggunaan bahan ini juga memiliki kelemahan yaitu kulit jadi cenderung kering.

Dari pengalaman yang saya rasakan, sebenarnya menggunakan Verile Acne Gel ini harus tricky. Saya lebih senang menggunakan Verile Acne Gel di malam hari, dan dijadwal setiap dua hari sekali saja. Lalu gunakan juga day dan night cream yang memiliki tekstur thick. Dengan cara ini, jerawat yang memiliki mata pun cepat matang. Hingga selanjutnya tinggal menggunakan Verile Acne Blemish Cream untuk menghilangkan bekas jerawat.

VERILE ACNE BLEMISH CREAM

Saat jerawat mulai mengering maka saatnya kita fokus untuk menghilangkan bekas jerawat. Verile Acne Blemish Cream inilah yang saya pakai untuk berusaha menghilangkan bekas jerawat menyebalkan yang berwarna kecokelatan itu.

Saya sendiri suka dengan teksturnya yaitu krim. Karena dibandingkan dengan produk-produk lainnya, produk ini tidak membuat kulit menjadi kering. Namun saya tetap menggunakan moisturizer dengan tekstur yang thick agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Produk ini saya pakai baik siang maupun sore hari. Hasilnya cukup memuaskan, karena saya melihat ada beberapa bekas jerawat baru yang mulai memudar warnanya. Namun untuk bekas jerawat yang sudah lama, sepertinya agak membutuhkan waktu yang lebih lama agar warnanya pudar.

VERILE MOISTURIZING GEL

Sebenarnya saya sangat senang ketika mengetahui bahwa Verile mengeluarkan produk pelembap berbentuk gel. Bentuk gel seperti ini biasanya bikin kulit kita lebih enteng serasa tidak pakai apa-apa.

Namun sayangnya saya memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan terhadap produk ini. Saat hari pertama pemakaian produk kulit saya tiba-tiba terlihat kering. Bahkan beberapa area terlihat memerah. Maka saya menyimpulkan bahwa produk ini tidak cocok dengan jenis kulit saya.

Produk ini jadi artinya tidak bagus?

Eits, jangan ambil asumsi dulu. Bisa saya jelaskan di sini bahwa memang tipe kulit saya adalah tipe kulit kering dan sensitif, maka pelembap dengan tekstur yang tebal lebih cocok untuk saya. Lalu pada saat saya pakai produk ini juga sedang saat berpuasa, sehingga kemungkinan besar tubuh saya memang sedang kekurangan kadar air sama sekali.

Jadi kesimpulannya adalah, produk Verile Moisturizing Gel ini akan lebih cocok ditujuan kepada si pemilik jenis kulit berminyak. Tekstur ringan produk ini bisa jadi akan mengontrol minyak pada wajah dengan baik.

Ada yang mau coba?

VERILE ACNE CARE FACIAL WASH

Produk terakhir yang saya akan bahas adalah produk cuci muka dari Verile. Awalnya saya kira tekstur produk ini adalah krim, namun ternyata berbentuk gel juga dengan wangi khas tea tree oil.

Setelah mencoba pun saya sudah yakin dengan pengalaman saya saat menggunakan Verile Moisturizing Gel, karena ternyata produk ini juga terlalu ringan di wajah saya. Sehingga saat selesai mencuci muka ada sensasi kering di wajah.

Sama seperti kesimpulan saya pada produk pelembap gelnya, bahwa produk sabun cuci muka ini lebih cocok ditujukan untuk pemilik jenis kulit berminyak.

BERJERAWAT = KULIT BERMINYAK?

Karena saya sempat singgung soal kulit saya yang kering dan sensitif, mungkin ada beberapa orang yang bingung kenapa kulit saya malah berjerawat?

Sebenarnya penyebab jerawat itu ada macam-macam. Misalnya jerawat hormonal, karena malas membersihkan wajah, atau tipe seperti saya yang memang cenderung sering dehidrasi.

Apa maksudnya? Untuk itu saya sangat menyarankan untuk membaca artikel dari Female Daily di bawah ini yang berkaitan dengan kulit berminyak, jerawat, dehidrasi, dan pelembap:

Sudah mengerti? 🙂


Lalu apa yang saya rasakan setelah menggunakan produk Verile sampai saat ini?

Yang pasti saya merasakan bahwa produk Verile Acne Gel dan Verile Acne Blemish Cream bekerja dengan sangat baik di wajah saya. Walaupun belum terlihat dengan drastis tapi saya merasakan adan perubahan yang berarti, seperti dengan cepatnya jerawat matang dan kempes. Lalu beberapa bekas jerawat baru yang mulai memudar.

Review Verile Acne

Review Verile Acne

Saya juga akan menyipulkan beberapa hal yang saya suka dari Rangkaian Produk Verile:

  • Kemasan produknya semua higienis dengan tambahan sealed. Sehingga kita yakin produk baru pertama kali digunakan.
  • Harganya sangat terjangkau. Di Guardian, harga Acne Gel-nya Rp 21.900,- dan Acne Blemish Cream-nya Rp 37.900,-
  • Pemakaian yang hanya sedikit (kalo kebanyakan nanti kulit malah kering!), sehingga sangat sangat hemat 😀

Namun juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan rangkaian produk Verile:

  • Beberapa produk memberikan efek kering pada kulit, contohnya pada Verile Acne Gel dan Verile Moisturizing Gel. Maka perlu memperhatikan jenis dan kondisi kulit kita.
  • Desain kemasan Verile Acne Gel dan Verile Acne Blemish Cream hampir mirip, khawatir mudah tertukar.
  • Sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak menggunakan produk ini. Atau bisa menanyakan kepada dokter kandungan mengenai pemakaiannya.

Itu dia hal yang bisa saya sharing tentang rangkaian produk Verile Acne. Ke depannya saya akan update perubahan-perubahan yang terbaru, sehingga kalian bisa melihat sendiri perbedaannya ketika menggunakan produk ini.

Terima kasih sudah membaca sampai habis 🙂 Tetap semangat yaaa para Acne Fighters!

Disclaimer: Saya bukan ahli dalam kulit maupun kecantikan. Perlu diingat produk yang cocok di kulit saya belum tentu cocok di kulit orang lain. Begitupun sebaliknya. Lakukan riset terhadap kondisi kulit sendiri. Semua cerita pada tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis. 🙂

17 thoughts on “Catatan Pengalaman Melawan Jerawat Dengan Verile

    1. Iya, karena memang sifatnya untuk mengeringkan jerawat. Makanya diakalinnya dengan pemakaian di area bermasalah saja, pakai moisturizer juga, plus dua hari sekali kalau saya. 🙂

  1. Kak Lia, ini produknya bikin kulit beruntusan nggak ?
    Aku lagi cari produk sejenis untuk adikku yang kayaknya lagi stress skripsi dan mengakibatkan jerawatnya tak terkendali wkwk.

    1. Di aku sih engga Tari. Boleh dicoba sedikit dulu aja. Dan ditaro di bagian yang berjerawat aja. Kalo gapapa, bisa lanjut cobain di beberapa spot lainnya. Jerawat karena stres itu emang nyebelin ?

  2. aku belum pernah nih li nyobain verile hehe. tapi setuju sama kamu, yang hasilnya bagus di kita belum baguis juga di orang lain. karena ya itu cocok-cocokan, Nice review Lia!:D

  3. Huaaahhhh… Aku lg diserang jerawat mbaa.. Terakhir jerawatan itu pas akhir smu, dan skr tiba2 kena lg, hanya krn salah pake skin care :(.. Jd ceritanya aku ga sadar kalo skin care yg aku pake skr ada kandungan AHA, dan aku alergi itu :(.. Udh stop skr pake nya, tp jerawat yg dikening msh blm mau pergi.. Tinggal kecil2 gt.. Makanya lg pusing mau cari apa yg cocok skin care nya 🙁 .. Verile pernah coba dulu.. Sama mba, di aku bikin kering… Makanya agak takut mau coba lagi..

    1. Verile memang sifatnya mengeringkan, Mbak. Karena ada Salycylic Acid-nya. Nah aku juga makainya di selang seling supaya gak iritasi kulitnya. So far bisa ngepesin jerawat mateng.

      Better memang cobanya satu-satu untuk cek apakah skin carenya cocok atau tidak. Good luck ya, Mbak 🙂

  4. Aku sekarang lagi berjerawat di kening di pipi kiri kanan sekarang aku lagi coba verile acne gel nya . semoga aja cepet menghilang atau cepet mengempes jerawatnya amin

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)