Skincare Essentials Beauty Lia Beauty Talks

3 Pertanyaan Tentang Skincare Yang Sulit Saya Jawab

Selama menjadi beauty blogger dan mempunyai channel beauty di YouTube, sudah banyak pertanyaan yang ditanyakan kepada saya baik itu melalui blog, komentar di video, atau ditanyakan secara langsung. Dari situlah saya banyak menerima pertanyaan yang cukup sulit dijawab tentang skincare.

Yuk satu-satu saya sebutin pertanyaan sulit itu.

PERTANYAAN SULIT TENTANG SKINCARE YANG PALING BANYAK DITANYAKAN

Produk Skincare Yang Bagus Apa?

Ini adalah pertanyaan tentang skincare yang paling banyak saya temukan. Gak cuma buat saya aja sih, tapi saya rasa semua beauty blogger dan content creator lain yang membahas tema skincare pasti setuju dengan pernyataan saya.

Sebenarnya saya gak menyalahkan kalau ada orang yang menanyakan hal tersebut. Kadang kita juga sering kan keceplosan bertanya, “Produknya bagus gak?” kalau melihat teman sedang mencoba sebuah produk.

Namun di sini akan menjadi sulit kalau si penanya tidak menceritakan latar belakang dari profil kulitnya. Karena menurut saya kalau produk skincare itu adalah tergantung kecocokan antara produk dengan jenis kulit.

Cara Mengetahui Jenis Kulit

Saya pernah membuat tulisan tentang pembersih wajah yang sesuai dengan masing-masing tipe jenis kulit. Coba deh cek kalau setiap kulit itu kebutuhannya beda-beda.

Kalau belum tau jenis kulitnya apa, saya juga sudah pernah membuat tulisan tentang cara mengetahui jenis kulit secara mudah. Tinggal dibaca aja ya.

Jadi untuk menjawab pertanyaan, “Produk skincare yang bagus apa?”, biasanya saya malah balik tanya lagi tentang jenis kulitnya, punya masalah apa, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya tentang skincare yang dibutuhkan.

Produk Skincare Yang Murah Apa?

Sama seperti pertanyaan tentang skincare sebelumnya, pertanyaan ini juga sama abstraknya kalau ditanyakan kepada saya. Karena saya tidak tahu berapa angka murah buat setiap orang.

Bisa saja menurut si A produk seharga Rp100.000,- sudah murah. Sedangkan kalau menurut B produk di atas segitu sudah tergolong mahal.

Pertanyaan Sulit Tentang Skincare

Walaupun banyak yang mengkategorikan harga produk ke dalam produk drugstore yang murah dan produk high end dengan harga mahal, tapi menurut saya itu belum tentu cocok dengan kategori murah atau mahal bagi setiap orang. Terkadang produk drugstore juga ada kok yang harganya bisa sama kayak produk high end. Jadi gak bisa disamaratakan untuk urusan mahal atau murahnya. Murah buat siapa? Mahal buat siapa?

Kalau menurut saya sebaiknya kita membuat suatu budget untuk mengetahui kategori produk mana yang bisa kita beli dan mana yang sudah terlalu mahal. Setiap kategori produk pun bisa saja budget-nya berbeda-beda, tergantung kebutuhan, efek si produk, dan juga jangka waktu pakainya.

Contohnya si A memilih untuk membeli produk pembersih wajah dengan budget maksimal Rp100.000,- per bulan. Sedangkan untuk produk skincare tambahan seperti serum budgetnya adalah maksimal Rp300.000,- tapi harus bisa dipakai sampai 5 bulan.

Aplikasi Jenius BTPN

Tidak jarang ada produk-produk yang kualitasnya bagus dan di atas budget tetap saya beli. Karena pertimbangan tertentu. Tipsnya adalah mau gak mau saya pakainya dengan seefektif mungkin dan juga harus rela nabung buat belinya.

Selengkapnya tentang budget ini juga sudah pernah saya tulis sebelumnya. Dibaca juga ya 🙂

Kok di Aku Gak Cocok Ya?

Ditambah juga pertanyaan, “Kok aku pakai malah jerawatan ya?”.

Duh!

Bio-Oil Untuk Bekas Jerawat

Wahai teman-teman, sesungguhnya saya bukanlah dokter kulit apalagi Tuhan yang bisa menjawab pertanyaan itu. Karena yang tahu cocok atau engga nya ya kamu sendiri. Sungguh ini pertanyaan yang paling sulit dan bikin bingung jawabnya.

Tapi karena saya baik dan tidak sombong :P, biasanya saya akan tanya kembali:

  1. Apakah produknya sudah sesuai dengan jenis kulit?
  2. Apakah ada alergi terhadap ingredients yang ada di produk tersebut?
  3. Apakah pemakaiannya sudah benar?

Soal pemakaian benar atau tidak ini saya sudah pernah bikin video tentang produk yang katanya orang gak cocok, tapi ternyata di saya cocok. Makanya saya ajak teman-teman dulu cek sudah benar belum pemakaiannya. Videonya bisa ditonton di sini ya.

Dan sebenarnya masih ada banyak pertanyaan lainnya yang memang gak bisa disama ratakan semua. Harus per case. Maka dari itu saya mengajak teman-teman untuk kembali lagi belajar mengenali kondisi kulitnya masing-masing. Agar benar-benar tau produk apa yang cocok.

Memang gak ada cara lain selain mencoba produk, tapi dari situ kita jadi tau mana produk yang cocok dan tidak (dengan syarat coba produk barunya satu-satu ya, jangan sekaligus).

Satu lagi, review di luar sana itu bukan jadi patokan kamu untuk membeli produk karena naksir kemasannyalah, lagi hype-lah, dan segala alasan konyol lainnya. Tapi:

Karena apa yang kamu beli dan coba itu adalah tanggung jawab masing-masing. Tidak ada yang menjamin hasil yang sama pada setiap orang. Dan kalau memang sudah melakukan hal di atas namun masih kesulitan menemukan produk yang cocok, saya sarankan untuk segera menghubungi dokter kulit.

Terkadang masalah kulit juga bukan karena satu hal, namun juga bisa dari berbagai macam penyebab. Diskusikanlah dengan dokter supaya kamu menemukan jawaban yang sesuai. Asal jangan ke dokter kulit kalau udah mukanya kenapa-napa karena produk gak jelas ya. Lebih baik jangan pakai produk yang gak jelas sebelum kenapa-napa.


Itu dia pertanyaan-pertanyaan tentang skincare yang sulit saya jawab. Kira-kira pertanyaan mana yang menurut kamu paling sulit? Jawab di kolom komentar ya 🙂

15 Comments

  1. Mirna Kei Rahardjo 06/12/2018
    • Lia 06/12/2018
  2. nyonyasepatu 06/12/2018
    • Lia 10/12/2018
  3. Turis Cantik 07/12/2018
    • Lia 10/12/2018
  4. Edwina Hidayah 07/12/2018
    • Lia 10/12/2018
  5. Erny kurniawati 08/12/2018
    • Lia 10/12/2018
  6. iva 10/12/2018
    • Lia 10/12/2018
  7. roosvansia 12/12/2018
  8. Raisa 13/12/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: