5 Peralatan Beauty Blogger dan Vlogger Dalam Wishlist

Walaupun belom bisa dibilang beauty blogger dan vlogger yang terkenal dan sakseess (LOL!), tapi saya selalu berusaha untuk dapat memberikan konten yang bermanfaat sekaligus memanjakan mata para pembaca. Karena semakin kesini semakin serius menekuni bidang ini, maka perlu juga mulai investasi peralatan beauty blogger dan vlogger yang bisa membantu kinerja saya dalam bekerja.

Di tulisan kali ini saya akan membuat list barang-barang yang sedang saya idam-idamkan. Bahkan saya mencatatnya ke dalam wish list agar selalu ingat untuk membelinya jika ada rejeki.

Gak mau lama-lama, yuk kita lihat peralatan beauty blogger dan vlogger di wish list saya!

KAMERA UNTUK VLOG

Sampai saat ini kamera yang saya pakai untuk foto dan video adalah kamera Canon EOS 550D beserta kamera handphone (handphone-nya yang berubah-ubah terus).

Peralatan Beauty Blogger Vlogger

Kamera Canon ini sebenarnya hadiah untuk adik saya dari papa. Kalau tidak salah dikasih pada tahun 2008, pas kita mau liburan sekeluarga ke Bali.

Waktu itu papa kasih pilihan, mau pilih beli kamera apa pergi ke Bali? Biar hadiahnya gak cuma dinikmati adik saya, akhirnya kita pilih ke Bali. Hahahaha. Surprise surprise! Ternyata malah papa beliin juga kameranya. πŸ˜€

Semenjak saya jadi blogger, kamera yang umurnya sudah mau 10 tahun ini hampir selalu menemani saya bekerja. Eh iya, perlahan-lahan kamera adik saya ini jadi hak milik saya secara tidak langsung hihihihi. Karena saya lumayan sering pakai kamera ini untuk urusan blog.

Dengan umurnya yang sudah cukup tua ini, sebenarnya saya masih puas sekali dengan kualitas gambarnya. Bahkan setahun belakangan saya sukses “memaksa” kamera ini untuk merekam video untuk YouTube Channel saya.

Padahal banyak yang menyarankan untuk tidak digunakan untuk mengambil video dengan kamera ini, karena khawatir akan berakibat buruk pada kamera. Tapi karena belum ada gantinya, saya masih nekat pakai kamera ini dan Alhamdulillah lancar-lancar saja.

Tapi setiap benda itu pasti ada masa pakainya. Dan kebetulan kamera saya yang ini sudah banyak kekurangan terutama dari segi fitur jika dibandingkan dengan kamera modern jaman sekarang.

Dari soal kesulitan meng-upload foto ke socmed dengan cepat (karena tidak ada koneksi wifi), sampai ke urusan foto selfie yang selalu berujung berantakan karena gak punya layar yang bisa dilihat dari depan.

Demi kenyamanan bekerja dan juga hasil yang berkualitas, maka saya rasa inilah saatnya untuk memiliki kamera baru.

Saya sudah membaca dan menonton review beberapa kamera yang kompatibel untuk urusan foto dan video. Namun saat ini saya lebih tertarik untuk mencari kamera kecil yang bagus dalam urusan video. Karena saya pikir untuk urusan foto produk kamera DSLR-lah juaranya.

Dari beberapa review yang saya baca, saya naksir sama Canon G7x dan juga Canon EOS M10 atau M3. Yeees, I love Canon soooo much!

Melalui riset dan kepo ke sana sini, kualitas ketiga kamera ini memang sudah mumpuni untuk urusan video. Dan juga ukurannya yang kecil dapat memudahkan untuk pengambilan video atau foto yang spontan.

Namun harganyalah yang masih bikin saya mikir berkali-kali lipat. Paling tidak saya harus menyiapkan uang sebesar Rp 7.000.000,- untuk bisa membelinya. Duuuh kapan yak ada job yang nominalnya 8 digit hihihihi.

Karena itulah dari sekarang saya sudah mulai sedikit demi sedikit mengumpulkan uang dari hasil ngeblog supaya bisa kebeli peralatan beauty blogger nomor 1 di wish list saya ini. Doakan yaaa!

RING LIGHT

Keinginan untuk punya ring light “beneran” ini baru-baru aja muncul di benak saya. Kenapa saya sebut “beneran”, karena saya sebenarnya sudah punya ring light ala-ala, alias buatan sendiri. Ring light ini pun minimalis banget, jadi gak bisa berharap hasilnya sebagus para beauty vlogger lainnya.

Ring light ini punya fungsi buat kasih cahaya yang bagus di muka saat kita sedang mengambil foto atau produk. Kulit wajah pun akan terlihat cerah dan hasil riasan akan tampak jelas di layar kaca jika menggunakan ring light ini.

Kalau mau tau apakah seseorang itu pakai ring light apa tidak, coba cek di foto atau video dengan melihat bola mata mereka. Akan ada sinar bulat seperti donut terlihat di mata. Bagus deh pokoknya kalau di kamera.

Nah cuma masalahnya sampai sekarang saya bingung dimana untuk membeli ring light ini. Karena yang saya tau rata-rata beli ke online shop. Untuk harga yang cukup mahal (sekitar 1jutaan) rasanya saya ragu untuk membeli barang secara online.

Makanya sampe sekarang masih maju mundur untuk beli ring light ini.

Peralatan Beauty Blogger Vlogger
Gak pakai ring light warna wajah agak gelap

Memang sih tanpa ring light pun kita bisa menggunakan cahaya matahari untuk mendapatkan cahaya natural. Cuma kayaknya masih belum memungkinkan bagi saya yang kerja kantoran untuk ngejar matahari pagi-pagi untuk syuting atau foto riasan wajah.

So, ring light is a must.

LAPTOP

Apalah gunanya ambil foto pake kamera mahal, syuting video dengan background yang kece, kalau akhirnya peralatan buat ngeditnya dan juga untuk nulis blognya gak ada πŸ™

Well, bukan gak ada sih. Sebenarnya sama halnya seperti kamera, sampai saat ini saya masih mempunyai laptop yang masih bisa dipakai buat bekerja. Bahkan sampai saat ini saya masih menulis tulisan ini dengan laptopΒ HP Pavilion g4.

Peralatan Beauty Blogger Vlogger

Saya mendapatkan laptop ini sebagai hadiah pemenang undian di sebuah majalah ibu kota yang terkenal di tahun 2012.

Bersamaan dengan saya menerima laptop ini, aktivitas ngeblog saya pun mulai banyak. Waktu itu sih belom ngeblog yang kayak sekarang, masih campur-campur. Tapi seneng karena setiap hari bisa pakai laptop sendiri, setelah sebelumnya pakai laptop yang cuma dipinjemin papa karena dulu mau skripsi.

Di laptop ini jugalah saya mengedit video-video yang kalian bisa lihat hasilnya di YouTube. Walaupun butuh kesabaran penuh kalau mau edit video. Maklum, RAM-nya paling cuma ada 2G, jadi gak bisa buka aplikasi banyak-banyak. Positifnya saya bisa lebih fokus mengerjakan pekerjaan.

6 bulan belakangan, laptop ini mulai menunjukkan umurnya. Jika tidak dalam keadaan charge, laptop bisa mati tanpa peringatan. Padahal indikator baterainya masih penuh. Akhirnya sekarang saya harus selalu mengandalkan kaber charger agar laptop ini bisa bertahan hidup. Sedih ya….

Jujur saya belum banyak cari tahu laptop apa yang bagus untuk pekerjaan saya. Pokoknya sih pengen yang bisa bekerja dengan cepat, memorinya besar, kualitas gambar di layarnya bagus, dan yang pasti harganya terjangkau πŸ™‚

TRIPOD/GORILLA POD

Di antara wishlist saya yang lain, bisa dibilang benda ini paling mudah dicari. Harganya pun sangat terjangkau. Namun entah kenapa sampai saat ini saya masih malas membelinya.

Fungsi tripod ini adalah agar pengambilan gambar dengan kamera tidak menghasilkan gambar yang blur. Terutama untuk mengambil video, jangan sampai gambarnya membuat penontonnya pusing.

Walaupun ada tips cara mengambil gambar tanpa banyak gerakan, saya rasa fungsi tripod dan gorilla pod ini penting sekali.

Impian saya sih bisa mempunyai gorilla pod yang asli seperti milik Bena Kribo. Gimana menurut kamu?

STUDIO DENGAN MEJA RIAS DAN BACKGROUND

Saya pernah share bagaimana cara saya membuat konten video di dalam kamar yang sempit.

Peralatan Beauty Blogger Vlogger
Background nya lemari :'(

Ribet banget dan super tricky. Walaupun sampai sekarang saya masih mampu mengakalinya, tapi saya masih punya cita-cita suatu saat nanti bisa punya studio untuk bekerja dengan ruangan tersendiri. Sehingga semua pekerjaan bisa dikerjakan di ruang bekerja dan tidak tercampur dengan ruang tidur.

Tidak perlu besar, hanya yang penting warnanya putih dan ada jendela dengan cahaya matahari yang bagus. Lalu ada meja rias supaya bisa syuting langsung dari mejanya. Plus background yang banyak macamnya supaya penonton tidak bosan.

Cita-citanya sih pengen punya studio dengan latar belakang kayak yang di video-videonya Michelle Phan, atau ruangan seperti milik Ingrid Nilsen. Karena saya kurang suka dengan background tirai yang biasa dipakai beauty vlogger.

Semoga kesampaian ya kalau nanti punya rumah sendiri πŸ™‚


Gimana? Banyak kan peralatan beauty blogger dan vlogger yang saya idamkan πŸ˜€ Untuk saat ini saya masih dalam tahap menabung dan cicil sedikit demi sedikit peralatan yang dapat membantu pekerjaan saya.

Semoga aja bisa satu-satu kesampaian kebeli di tahun ini yaaa πŸ™‚

Jangan lupa tonton video cara saya membuat vlog di YouTube yaaa!

Kalau kalian lagi kepengen beli peralatan apa? Share yuk!

40 thoughts on “5 Peralatan Beauty Blogger dan Vlogger Dalam Wishlist

  1. ring light di pasar baru banyak liaaa.. mlmfoto.com ada websitenya sama ada tokonya jg di pasar baru. cuma suka abis barangnya, jadi mending telpon dulu kl mau kesana. kalau engga di Aneka, di pasar baru juga..

    1. Makasi Vinaaa infonya. Aku rencananya juga pengen liat di mlmfoto. Makasi tipsnya. Aku telpon dulu deh biar aman 😊

  2. Studio buat beauty blogger emang penting bgt ya keknya, suka deh kl liat di youtube dan background studio mereka walaupun di kamar tp lucu, biasanya betah di channel nya πŸ™‚

  3. Toolnya banyak banget yaa. Belum lagi harga kameranya yang ga nahan. Itulah sebabnya saya ga jadi vlogger πŸ™‚

    Good luck mbak Lia! Moga jadi blogger top menduniahh!

  4. Aaah sama deh kayak aku, listnya panjang! Wkwk

    Aku awalnya galau mau beli ring light apa LED portable, tapi karena aku bukan beauty blogger plek, jadinya beli yang LED portable. Lebih multifungsi dan selisihnya masih jauhlah dengan ring light yang flourescent. Kalo ring light yang harganya terjangkau bukan LED sih, jadinya males juga. Yang LED bisa jut-jut kecuali bikin sendiri, ntar pake bohlam LED (ribet amat yee).

    Tambahin satu lagi Mbak, audio mic. Penting banget ituh. Minimal yang bisa dipasangin rode lah hihi.

  5. Wishlistnya sma Lia, tp bnyakan aku kayaknya, soalny peralatan aku skrg bner2 blm mumpuni, selain dftra yg tadi ditulis, aku masih butuh hape dan kamera baru, juga lagi belajar aplikasi editing

  6. Aamiiin… Paling ngiler sih sama studio yaak sama lighting. Hahahaha xD. jadi ga perlu setting ina inu dulu karena peralatannya ga berubah letaknya

  7. Aku juga lagi ngincer ring light sama Canon EOS M10.. Heuheuheu.. Canon EOS M10 itu buat VLOG keren banget.. Tapi kalo duitnya kelebihan SONY Alpha 6300 juga aku nggak nolak.. Keren Mbak postingannya, udah like a pro nih.. πŸ˜€

    1. Wahh terima kasih, Mbak. Cuma masih banyak belajar nih. Iya Canon EOS memang yang aku lagi pengen nih. Cuma tipenya apa, lagi menyesuaikan antara budget dan kebutuhan πŸ˜€

  8. Wishlish yang trakir juga jadi wishlist aku, tapi ga tau kapan bakal terwujud..hehe.
    Kalo di aku sih bukan karena niat jadi beauty blogger / vlogger (karena update blog aja jarang, bisa setahun sekali).
    But I always have a dream to have my own beauty room.
    Rasanya keren aja klo punya satu ruangan khusus buat vanity table and naruh semua barang2 make up aku :).

    Anyway, good luck with your wish list ^^.

  9. Lia, wishtlist kita isinya mirip nih ahhahaha. Aku juga lagi mengharap semoga segera terkumpul rejeki untuk beli kamera dan laptop yang lebih kuat utk editing video. Huhu. kamera yang aku pakai sekarang lebih tua dari milikmu bahkan buat video blm bisa hahaha

    1. Amieeen. Semoga segera terkumpul ya mbak rejekinya. Hehehehe sebenarnya jaman sekarang sudah dimudahkan dengan adanya smartphone untuk merekam video sih ya. Cuma kayaknya bakalan lebih enak kalau ada peralatan yang mendukung. Semangat mbaaak 😊

  10. Aku sampe sekarang males2an bikin video gegara ga punya alat yg mumpuni πŸ™ DSLR suami malahan baru rusak lensanya, pffuuhh. Semoga ya rejeki ngeblog kita mengalir, amiennnn hehe. Slam kenal, Lia πŸ™‚

  11. pengen kameraaa yg bs two in one, buat moto dan video. Mana kamera misua yg sering dipake, lensanya baru rusak, pffuh. Smg ya rejeki ngeblog kita lancar, amienn. Salam kenal, Lia^^

  12. Haloo mbak salam kenal. Wishlistnya sama nih aku juga lagi mau cari – cari ringlight. Anyway, mukanya mbak mirip dengan temanku. Rumahnya di harapan baru bukan ? hehehee

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)