Ngobrol Cantik Blogger Perempuan: Road To Professional Blogger

“Jangan Malu Jadi Blogger”

Itulah kata-kata yang terucap dari seorang Seleb Blog terkenal yang juga seorang Travel Bloger, Cumi Lebay alias Mas Toro. 

Selain Cumi Lebay, masih ada Mbak Nunik Rahmawati dari Provetic, dan Mas Joko Soemitro dari Tokopedia. Semuanya hadir dalam acara Ngobrol Cantik bersama Blogger Perempuan dengan tema Road To Professional Blogger

— Perhatian! —
Tulisan di bawah akan sangat panjang. Tapi saya jamin akan sangat bermanfaat 
buat kalian yang ingin menjadi Profesional Blogger 😉

Bisa dibilang keikutsertaan saya pada acara Ngobrol Cantik bareng Blogger Perempuan hari Sabtu, 28 November 2015 kemarin adalah keajaiban. 
Begitu lihat status Facebook Mbak Shinta Ries tentang event kedua dari Blogger Perempuan saya langsung masuk ke dalam sebuah situs untuk mendaftarkan diri. Namun sayangnya saya salah pencet dan mengakibatkan saya keluar dari url tersebut. Parahnya lagi saat dibuka, tiket sudah sold out!
Berkat kengeyelan kegigihan saya selama beberapa menit saya bolak balik refresh dan masuk ke dalam url tersebut, karena yakin sebenarnya saya masih bisa dapat tempat hanya karena kesalahan sepele sebelumnya. Sampai akhirnya setelah beberapa kali mencoba, munculah pilihan tersedia tiket! Langsung konfirmasi buru-buru takut kehabisan lagi. 

TENTANG BLOGGER PEREMPUAN

Acara dibuka dengan perkenalan dan sambutan dari Founder dan Strategic Planner Blogger Perempuan yaitu Mbak Shinta Ries
 
Blogger Perempuan (BP) sendiri adalah sebuah jaringan blogger khusus untuk wanita yang dapat menempatkan tautan dan konten, sehingga dapat menjadi rekomendasi bacaan yang cocok dengan dunia wanita. Di BP, berbagai macam jenis blog diperbolehkan untuk bergabung. Tidak hanya itu saja, BP juga banyak memberikan artikel mengenai ilmu blogging, sebagai marketplace, dan juga menjadikan wadah untuk melakukan partnership dengan beberapa pihak.
Melihat banyaknya jaringan yang dapat bermanfaat untuk para Blogger Wanita, maka Blogger Perempuan sendiri sekarang telah berubah nama menjadi Blogger Perempuan Network.
Sampai saat ini BP terdiri dari 7 orang tim dengan berbagai macam latar belakang pendidikan yang berbeda. 
Ngobrol Cantik yang menggunakan hashtag #NgobCanBP ini dipandu oleh Mas Arie Goig. Dimana langsung dimulai dengan sesi ngobrol bersama tiga narasumber yang diundang.

ROAD TO PROFESIONAL BLOGGER – INSIGHTS FROM BLOGGER VIEW

Sesuai dengan tema, ketiga narasumber merupakan orang-orang yang berada di masing-masing bidang yang berkaitan dengan blog.
CumiLebay mewakili dari pihak Social Influencer yang dimana telah berhasil memposisikan dirinya sebagai Travel Blogger yang unik. Kalau kita main ke blognya CumiLebay pasti yang akan menarik perhatian adalah tulisannya yang warnawarni dan juga kancut berseliweran 😛.
Sebenarnya ada alasan tersendiri kenapa CumiLebay menggunakan tulisan yang bikin sakit mata itu (ups!). Menurutnya, ia harus melakukan sebuah perbedaan daripada blog yang lain. Dimana sebenarnya tulisan warna-warni itu adalah hal yang penting dan wajib dibaca tanpa perlu membaca keseluruhan isi blognya tersebut. Tanpa sadar, tulisan warna warni tersebutlah yang akhirnya menjadi brand awareness terhadap blog CumiLebay. 
Tapi kalau dari persepsi saya sendiri alasan mengapa CumiLebay bisa sesukses sekarang adalah strategi “jemput bola” yang digunakannya. CumiLebay sangat rajin melakukan blogwalking, bahkan sampai sekarang! Bahkan ia juga masih menjawab semua komentar di blog-nya satu-satu. 
Menurutnya, “Dengan membalas komen adalah sebuah penghargaan bagi pembaca”. Dan ini jugalah yang membuat blog CumiLebay ramai banyak dikunjungi orang.
Tips dari CumiLebay tentang menjadi Blogger Professional adalah menulis dengan hati dan jangan malu (mengaku) jadi blogger. Alias, kita perlu tuh branding blog kita kemana-mana hehehehe 🙂

ROAD TO PROFESIONAL BLOGGER – INSIGHTS FROM ADVERTISER VIEW

Di sesi ini diisi oleh Mbak Nunik Rahmawati dari Provetic (sebuah konsultan yang berbasis social media) dan Mas Joko Soemitro dari Tokopedia. 
Menurut Mbak Nunik, peran blogger di masa sekarang semakin dirasa penting oleh brand. Terlihat dari banyaknya acara-acara yang mengundang blogger dan disandingkan dengan media.
Dari segi konsultan sendiri tidak ada ketentuan pasti dimana sebuah blog itu akan di hire. Karena kebutuhan klien sangatlah berbeda-beda. Bahkan ada juga klien yang tidak mengutamakan alexa rank dalam pemilihan kerja sama dengan blogger.
Lalu apa sih yang perlu diperhatikan oleh blogger dan memaksimalkan blognya agar dapat menarik perhatian Agency atau Advertiser
  1. Menyiapkan mental. Karena jangan hanya menjadi blogger yang bermentalkan latah. Harus punya ciri khas dan siap menerima kritik dan masukan.
  2. Menulis dengan hati. Jangan dilebih-lebihin atau dikurang-kurangin. Sesuai dengan experience yang dialami saja.
  3. Networking. Jalin pertemanan dengan blogger lain dan ikut acara komunitas.
  4. Update artikel di blog secara berkelanjutan. Blog yang banyak kosongnya pasti gak bakalan dilirik deh.
  5. Pastikan membalas e-mail advertiser dengan cepat. Karena biasanya agency menggunakan e-mail sebagai alat komunikasi.
  6. Tulis Profil di Social Media. Gunakan nama asli atau nama yang nantinya akan menjadi branding kita.
  7. Good attitude is a must have! Sopan dengan siapapun.
  8. Jangan pernah nyinyir tentang sebuah brand. Apalagi kalau kita sudah di hire, kita akan menjadi selayaknya brand ambassador dari brand tersebut.
  9. Jalin hubungan baik dengan Advertiser atau Agency. We will never know when they call us, right? 😉
Selanjutnya Mas Joko juga menceritakan tentang peran blogger dalam Tokopedia. Fungsi blogger di Tokopedia adalah sebagai media yang membantu mempromosikan UKM-UKM yang tergabung dalam Tokopedia.
Hebatnya adalah hanya dengan satu artikel di blog saja, ada yang pernah menghasilkan 20-30 transaksi di Tokopedia lho! Sehebat itu ya peran seorang blogger itu. 
Tips dari Mas Joko untuk teman-teman yang tertarik untuk bekerja sama dengan Tokopedia adalah:
  1. Telah memiliki domain sendiri
  2. Sering melakukan engagement dengan pembaca
  3. Blog dengan orientasi berbagi
  4. Hard or Soft Selling? Kata Mas Joko sih jenis tulisan yang berbentuk Story Telling lebih pas agar tidak terlihat hard selling.
  5. Belajar SEO tidak ada salahnya 🙂
Tidak lupa juga ketiga narasumber menginformasikan pentingnya Social Media bagi blogger. Karena Blog dan Social Media sudah menjadi sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Lalu Social Media apa sih yang baik untuk digunakan sejalan dengan blog? Twitter adalah jawabannya. Karena Twitter adalah suatu social media yang update paling cepat. Fungsi hashtag (#) sendiri mempermudah untuk mempopulerkan sebuah berita. Psssst, hashtag #NgobCanBP kemarin bahkan menduduki peringkat nomor 2 lho! Hebat kan blogger?! ;P
— 
Huahhh ternyata beneran panjang juga ya cerita kali ini. I already warned you before! Hehehehe.
Walaupun acara berlangsung dalam waktu sekitar 2 jam, tapi tidak terasa acara telah usai. Tidak lupa kami berfoto bersama narasumber dan peserta.
Saya pun memberanikan diri untuk berfoto dengan Mas CumiLebay. Jujur saya sering membaca tulisan di blognya. Tapi jarang meninggalkan komen. Karena biasanya mau komen, udah komen di paling ujung sendiri. Selanjutnya CumiLebay mengeluarkan artikel mau komen ah. Hehehe. Oh iya, saya juga mau segera mempraktekan semua cara memperlakukan pembaca dengan baik yang di share oleh CumiLebay. 
Two thumbs up! What a humble and down to earth blogger 🙂
All Photo Source (except the last photo) from Blogger Perempuan Facebook

27 thoughts on “Ngobrol Cantik Blogger Perempuan: Road To Professional Blogger

  1. Jarang2 tuh ada blogger kondang yang masih blogwalking atau balas comment. Biasanya malah yg belum tenar yg paling males blogwalking balik. Hehehe.. Thanks yah sharingnya Lia. Konten blogmu belakangan ini makin mencuri perhatianku deh, follow ah blognya!

  2. saya masih newbie tapi juga jarang balas comment kalo lagi banyak2nya..
    soalnya balas comment cukup memakan waktu, tapi walaupun gak saya balas tetep saya kunjungi dan comment balik siih 😀

  3. Keren tuh udah banyak komennya 😃. Iya walaupun harus siapin waktu khusus untuk blog walking tp hasilnya sepadan deh. Harus semangattt ya kita 😉

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)