Manfaat Ikut Acara Blogging

Di antara sempitnya waktu untuk melakukan aktivitas sehari-hari, paling tidak dalam dua minggu sekali saya menyempatkan untuk dapat hadir ke acara yang berkaitan dengan blog. Walaupun kadang terpaksa menghabiskan waktu jatah istirahat saya di akhir pekan, terkadang banyak undangan yang tidak mampu saya lewati.

Baca juga: #CurhatBlogger: Antara Aku, Dia, Kalian, dan Blog

Acara yang dimaksud di sini apa sih? Macem-macem, seperti Blogger Gathering, Workshop & Talkshow, Event Activity dari sebuah brand, sampai ke Beauty Event untuk belajar dandan 😀

Kalau ditanya capek, ya pasti badan ini mau rontok. Apalagi Senin sampai Jumat saya harus bekerja lagi seperti biasa menjadi seorang karyawan kantoran.
Tapi saya jalani dengan senang hati tanpa beban. Semua demi tujuan dan cita-cita masa depan yang ingin saya capai. Lagian masih banyakan manfaatnya dibandingkan dengan ruginya ketika meluangkan waktu untuk datang ke acara blogging.

Mau tahu apa saja manfaatnya ketika kita datang ke sebuah acara yang berkaitan dengan dunia blogging? Ini dia beberapa manfaat yang saya rasakan berdasarkan pengalaman pribadi. Yuk disimak!

PUNYA BANYAK KENALAN BARU

Bisa dibilang mendatangi sebuah acara sendirian itu tantangan tersendiri buat saya. Saya harus berani bisa menyapa seseorang dan berkenalan dengan orang-orang baru. Dan Alhamdulillah-nya di setiap acara yang saya datangi selalu saja saya menambah kenalan baru.

Photo Source | Mini Workshop bersama Backpack Story dan Indonesia Flight

Efeknya sekarang kalau ke suatu acara pasti deh ketemu dengan orang-orang yang saya kenal, jadi gak ngerasa sendirian. Dan banyak juga akhirnya kecipratan job dari temen-temen kenalan ini. Memang membangun network itu penting lho. Semoga semakin banyak temen semakin banyak rejeki yaaa 🙂
Tips: Buatlah kartu nama yang nantinya bisa diberikan kepada teman-teman baru. Atau tanya blog mereka supaya bisa saling mengunjungi. Semuanya harus dimulai dari diri sendiri, jangan malu menyapa teman di sebelahmu.

MENAMBAH ILMU 

Belakangan ini saya datang ke beberapa acara yang memiliki tema “Menjadi Blogger Professional”. Awalnya saya bener-bener gak kepikiran untuk menjadikan blogging sebagai salah satu sumber pemasukan. Selama ini kan blogging cuma mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi saja.

Photo Source | Road To Professional Blogger with Blogger Perempuan

Tapi dengan beberapa kali datang ke acara talkshow atau workshop mengenai blogging, saya mendapatkan banyak tips dan informasi terkait dengan ilmu blogging. Hingga akhirnya saya bertekad kalau suatu hari bisa menjadi seorang Full Time Blogger. Amien, bantu didoakan ya, Teman-Teman 🙂
Tips: Praktekan ilmu yang diberikan oleh para narasumber. Jangan ragu untuk mencoba dan berubah demi kemajuan. Ilmu bisa didapat dimana saja.

MENDAPATKAN KESEMPATAN HADIAH

Hampir di semua acara blogging ada games-nya. Entah itu live tweet ataupun door prize, dipastikan akan ada blogger yang beruntung untuk mendapatkan hadiah dari sponsor pada hari itu. Sejauh yang saya tau, hadiah yang diberikan sangat beragam. Bahkan ada juga yang ketika dinominalkan harganya sangat-sangat menggiurkan. 
Sayangnya sampai saat ini saya belum pernah beruntung mendapatkan hadiah. Semoga suatu saat bisa dapat hadiah yang oke banget!
Tips: Perhatikan kriteria cara mendapatkan hadiah dengan teliti. Lakukan dengan baik, tapi jangan sampai tidak fokus dengan acara. Jangan gampang menyerah, dan juga jangan terlalu ambisius (kayak saya! hahaha).

MENDAPATKAN GOODIE BAG

Berbeda dengan hadiah utama, justru goodie bag lah yang selalu akan dibawa pulang oleh para blogger. Goodie bag identik sebagai ucapan terima kasih sekaligus ajang branding atau sampling para brand sponsor.

Photo Source | Fun Blogging: Dari Hobi Menjadi Profesi

Saya sendiri seneng sekali menerima goodie bag. Apalagi sebagian besar produk yang didapat sungguh berguna di keseharian, seperti tas, dompet, payung, dan masih banyak lagi.
Tips: Isi goodie bag menumpuk dan tidak dipakai di rumah? Yuk dikumpulkan dan bisa dijadikan bahan giveaway kecil-kecilan di blog kalian.

TAHU JALAN 

Sejak sering datang ke sebuah acara, saya juga semakin sering jalan-jalan tiap minggunya. Tempat acara berlangsung pun kebanyakan berada jauh di area tempat tinggal saya.
Sebelum pergi biasanya saya cek dulu lokasi melalui aplikasi google maps. Baru setelah itu memikirkan transportasi umum apa yang ingin digunakan.

Photo Source | Blogger Gathering with Jakarta Corners

Sekarang saya sedikit-dikit tahu area Jakarta Pusat dan Selatan, lho! Hehehe.
Tips: Gunakan transportasi online seperti Go-Jek atau Grabbike untuk mempersingkat waktu perjalanan. Pasang aplikasi Google Map untuk memudahkan perjalanan.
Banyak kan manfaatnya dibandingkan dengan ruginya? Ruginya apa sih? Paling cuma keluar ongkos jalan doang. Terkadang makanan dan snack udah disiapin di tempat acara. Itupun yang kita keluarkan gak sebanding dengan ilmu dan pengalaman yang didapat.
Pesan saya untuk teman-teman blogger yang masih ragu untuk ikut acara yang diadakan terkait dengan blogging, jangan sia-siakan kesempatan untuk mendaftar dan datang ke sebuah acara yang berkaitan dengan blogging. Sering-seringlah membaca berita di social media dan sigap untuk mendaftarkan diri ke dalam sebuah acara. Nanti kalian sendiri yang akan merasakan sendiri manfaatnya.
See you later! Semoga kita bisa ketemu di acara-acara berikutnya ya!
Ps: Jangan ragu sapa saya. Mata saya minus, jadi kadang gak bisa lihat muka orang dengan jelas hehehehe.

16 thoughts on “Manfaat Ikut Acara Blogging

  1. ini bener banget liaaaa 😀
    aku selalu semangat kalo ada acara2 blogger, tapi kadang harus liat kondisi fisik juga. Kalo udah kecapean gitu sih biasanya aku gak maksain daripada tepar 😀

  2. mukanya Lia itu cakep loh para pembaca so you won't miss her 🙂 Iya, memang kalau mau serius blogging mesti rajin2 datang ke berbagai acara. Tapi ya gak usah dipaksakan lah kalau gak bisa… Like you said, kl memang waktunya ketemu temen atau spend time with your family ya skip aja…

  3. Manfaat yang paling cetar buat saya adalah berjejaring, mbak. Ini penting banget ternyata buat masa depan blogger. Tfs mbak, ternyata kita pernah berada di event yg sama, tp blm saling kenal ya 🙂

  4. Bener, Mbak. Penting banget. Banyak manfaatnya lagi.

    Oh iya? Acara mana, Mbak? Next time semoga bisa bertemu lg ya, supaya bisa saling sapa. Salam kenal juga 🙂

  5. Mbak Riaaa, jadi malu hehehe…

    Iya, Mbak. Harus disesuaikan saja sama kemampuan. Kalau ada yang lebih penting, dateng ke sebuah acara bukan keharusan. Tapi sesekali kopdar juga seru kann 😀

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)