Personal

Memanfaatkan Fitur Canggih Pada Ponsel Untuk Blogger

Saat ini profesi blogger sudah diakui keberadaannya di masyarakat. Tidak jarang pun banyak orang yang mulai menyukai menulis di blog sebagai jurnal keseharian mereka.

Bagi saya, blogger merupakan profesi lain saya selain sehari-hari menjadi karyawan di perusahaan swasta. Namun masa depan sebagai blogger bisa dibilang menjanjikan buat saya. Kenapa? Untuk seorang wanita yang baru saja membangun rumah tangga, tentunya saya ingin nantinya dapat bekerja di rumah sambil mengurus keluarga dan rumah.

Entah cepat atau lambat, semoga cita-cita saya ini bisa segera terlaksanakan ya. Untuk saat ini mari menikmati kehidupan yang serba cepat dan wajib bisa multitasking agar bisa sukses di pekerjaan kantor maupun untuk urusan nge-blog.

Berhubung waktu saya sangat sempit setelah menikah, akhirnya saya banyak melakukan pekerjaan menulis blog di ponsel. Rasanya tidak memungkinkan membawa laptop kemana-mana. Sedangkan saat ini hanya mempunyai ponsel saja sudah bisa melakukan banyak hal.

Jujur saja, ponsel saya yang sekarang sudah tidak terlalu memadai kapasitas dan kualitasnya. Sering kali saya merasa kesal karena resolusi kamera yang jelek dan belum lagi sistem yang sering hang karena kepenuhan aplikasi.

Berhubung sebentar lagi akan memasuki tahun baru, boleh dong punya New Year’s Wish List dimana salah satunya adalah ingin memiliki ponsel baru yang bisa meningkatkan produktivitas saya sebagai blogger.

Mungkin kalau mau dibuat hashtag, diberi nama #MenujuBloggerProduktif kali ya. Atau #MenujuFullTimeBlogger? Hahahaha. Di aminkan saja πŸ™‚

SAMSUNG GALAXY J5 SAHABAT UNTUK BLOGGER

Mungkin kalau menyebut nama merek ponsel maka nama Samsung lah salah satu yang terlintas di kepala kita. Perusahaan yang namanya memiliki arti tiga bintang dalam Bahasa Korea ini juga merupakan perusahaan yang selalu menciptakan terobosan terbaru dalam dunia teknologi.

Dalam hal ponsel sendiri, Samsung menciptakan produk yang dapat dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan. Kebetulan di rumah saya, ayah dan ibu saya menggunakan Samsung Galaxy J5 dalam kesehariannya. Sehingga saya bisa otak-atik deh ponsel mereka untuk cari tahu kelebihan dan kekurangannya.

Berikut adalah beberapa fitur canggih yang saya temukan dalam Samsung Galaxy J5:

Ukuran Layar Yang Besar

Untuk saya yang tidak berteman baik dengan fitur touch screen, maka penting sekali memiliki ponsel yang memiliki layar yang besar. Hal ini juga berpengaruh saat mengetik tulisan di ponsel. Jangan sampai harus bolak balik menghapus tulisan karena banyak huruf yang kepencet.

Menulis dimana saja lebih mudah

Menulis dimana saja lebih mudah

Samsung Galaxy J5 memiliki ukuran ponsel sebesar 142.1 x 71.8 x 7.9mm. Untuk ukuran layar yang besar, namun tidak menghambat kita saat menggengamnya. Beratnya pun hanya seberat 146g.

Layar Super Amoled

Amoled merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Teknologi ini membuat tampilan gambar pada layar ponsel menjadi lebih jernih dan juga kaya warna.

Bagi blogger, penting untuk bisa melihat hasil foto atau video dengan warna yang baik. Terutama saat mengambil foto produk, sebisa mungkin warna produk asli dengan hasil foto tidak jauh berbeda.

samsung-j5-super-amoled

Soal warna yang jernih memang saya akui Samsung mengalahkan ponsel merek lain. Bahkan beberapa kali zoom pun, hasil gambar tetap bagus.

Prosesor Yang Cepat

Salah satu kendala terbesar dalam mengerjakan tugas sebagai blogger di ponsel adalah perlunya membuka aplikasi yang banyak. Dimulai dari browsing di internet, aplikasi menulis, aplikasi mengambil foto dan video, aplikasi mengedit foto dan video, dan masih banyak lagi.

Jika tidak memiliki ponsel yang memiliki prosesor yang cepat, maka akan menghambat pekerjaan yang seharusnya bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Namun Samsung Galaxy J5 sudah memiliki prosesor Quad Core 1.2GHz.

Pssst, ada yang saya suka lagi nih dari fungsi prosesor cepat ini. Saya tidak perlu khawatir lagi nonton video drama Korea di ponsel tanpa lelet ataupun lagging hihihi. Si mama juga suka nonton drama India tuh di ponselnya πŸ˜€

Foto dan Selfie Jadi Lebih Kece

Sebagai blogger yang banyak menulis artikel kecantikan, maka fungsi kamera depan pada ponsel sangatlah penting. Terkadang saya sering menunjukkan foto sebelum dan sesudah pemakaian produk. Akan lebih mudah jika saya berfoto dengan gaya selfie.

Samsung J5

Dan yang bikin kaget adalah hasil fotonya yang bening. Padahal tidak diedit sama sekali. Ini adalah salah satu hasil foto dari kamera depan Samsung Galaxy J5 dengan resolusi sebesar 5MP.

Samsung Galaxy J5

Tidak perlu khawatir jika ingin berfoto selfie atau wefie di malam hari atau di tempat dengan pencahayaan minim. Pada ponsel ini terdapat selfie flash yang tetap memungkinkan kita berselfie ria.

Itu baru kamera depan, bagaimana dengan kamera belakangnya? Kamera belakangnya memiliki resolusi sebesar 13MP dengan f/1.9 aperture. Keuntungannya dari kamera ini adalah, saya tidak perlu lagi membawa kamera besar saat pergi liputan event. Karena hasil kameranya sudah sangat mumpuni.

Cepat Ambil Gambar Dengan Quick Launch

Pernah gak kehilangan momen mengambil gambar karena sulit membuka ponsel yang dikunci? Saya sering banget, jadinya sayang gak keambil momen bagusnya.

Dengan Samsung Galaxy J5 ada fitur Quick Launch dimana hanya menekan tombol home 2 kali, maka kamera akan langsung siap mengambil gambar. Fitur ini sangat membantu juga saat mengambil gambar ketika liputan event.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY J5

Setelah mengetahui fitur-fiturnya yang canggih, kita juga perlu mengecek spesifikasi dari ponsel yang bersaudara dengan Samsung Galaxy J7 ini. Berikut adalah spesifikasinya:

  • Display
    • Ukuran (Main Display) 5.0″ (126.3mm)
    • Resolusi (Main Display) 720 x 1280 (HD)
    • Teknologi (Main Display) Super AMOLED
    • Kedalaman Warna (Main Display) 16M
    • Dukungan S Pen Tidak
  • Memori
    • RAM Size (GB) 1.5 GB
    • ROM Size (GB) 8 GB
    • Available Memory (GB) 4.3 GB
    • Dukungan Memori Eksternal MicroSD (Up to 128GB)
  • Jaringan
    • Multi-SIM Dual-SIM
    • SIM size Micro-SIM (3FF)
  • Baterai
    • Standard Battery Capacity (mAh) 2600
    • Removable Yes
  • Audio dan Video
    • Video Playing Format MP4, M4V, 3GP, 3G2, MKV, WEBM
    • Video Playing Resolution FHD (1920 x 1080) @30fps
    • Audio Playing Format MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN SAAT MEMILIH SAMSUNG GALAXY J5

Jika melihat dari spesifikasi yang sudah ada sebelumnya, menurut saya ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan blogger saat memilih Samsung Galaxy J5 sebagai partner kerja.

Dari segi memori disebutkan bahwa tersedia sebanyak 4.3GB memori internal. Menurut saya dengan space yang kecil tersebut akan membatasi kita mengunduh banyak aplikasi. Namun untuk pertimbangan keperluan kegiatan bloging saja seharusnya sudah cukup.

Selain memori, untuk ukuran baterai yang sebesar 2.600 mAh memang sudah cukup kalau hanya digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Tapi jika saya berpergian dari satu event ke event yang lain serta harus melakukan aktivitas yang menggunakan ponsel seperti live tweet atau live instagram, maka dikhawatirkan akan menghabiskan baterai dalam waktu yang cepat.

Namun Samsung Galaxy J5 sendiri sudah memiliki fitur Power Saving Mode yang akan menutup aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan sehingga ponsel tetap dalam keadaan menyala.

Di antara semua hal yang perlu diperhatikan di atas, sebenarnya Samsung Galaxy J5 juga sudah memiliki fungsi Smart Manager dimana kita bisa mengecek status sekaligus mengatur status baterai, ruang penyimpanan, statistik memori, dan masih banyak lagi.

KESIMPULAN

Dengan harga di bawah 4 juta rupiah (bahkan harga Samsung J5 tahun 2016 harganya bisa hanya 3 juta saja dengan kapasitas RAM 2GB), ponsel ini sangat cocok untuk dipakai oleh blogger dalam kesehariannya.

Penggunaan kamera untuk memotret dan juga selfie juga akan memudahkan kita dalam berpergian, alias tanpa perlu bawa kamera besar untuk mengambil gambar. Belum lagi sekarang saya lagi seneng vloging. Pasti lebih enakan nge-vlog juga dengan ponsel.

Hasil gambar dengan warna yang bagus juga tentunya akan bisa menaikkan jumlah likes di social media kita πŸ˜‰

Jangan lupa juga bisa memanfaatkan fungsi penambahan memori eksternal yang sampai 128GB. Tentunya dengan memori yang besar tidak perlu khawatir mengambil gambar atau video dalam jumlah banyak.

Duuuh semoga saya bisa mendapatkan Samsung Galaxy J5 atau J7 yaaa untuk memperlancar kegiatan ngeblog saya. Amien πŸ™‚


Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti Blogger Competition x Samsung Galaxy J Series yang diadakan oleh Samsung Indonesia dan Female Daily.

18 Comments

  1. Deddy Huang 10/12/2016
  2. Zata 11/12/2016
    • Lia 11/12/2016
  3. Jade Ayu 11/12/2016
    • Lia 11/12/2016
  4. Kartes 11/12/2016
    • Lia 12/12/2016
  5. echaimutenan 13/12/2016
    • Lia 16/12/2016
  6. cumilebay.com 14/12/2016
    • Lia 16/12/2016
  7. Inayah 14/12/2016
    • Lia 16/12/2016
  8. nunoorange 29/12/2016
    • Lia 29/12/2016
  9. Ilham 01/02/2017

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: