Lifestyle Money

Make It Happen!

Halo semuanyaaa! Ada pengumuman penting nih. Kemarin saya bertambah satu usianya. Jadi, kalo ada yang mau kasih kado, ditunggu lhooo!
….. Hehehe becanda deeeng 😀
Saya berdoa di umur yang baru ini semakin jadi pribadi yang dekat dengan Tuhan, baik dengan semua orang, dan berguna bagi siapapun. Amien 🙂
Di umur saya kemarin dihabiskan dengan banyak berdiam dan membaca buku di rumah. Memang saya tidak pengen lagi ada hura-hura dan pesta kayak tahun-tahun sebelumnya. Pengen introspeksi dan juga evaluasi diri.

 

Dan belakangan ini saya lagi rajin baca-baca buku tentang financial planning lagi, yaitu Make It Happen! yang ditulis oleh seorang perencana keuangan independen, Prita Hapsari Ghozie. Sebenarnya sudah lama saya punya buku ini. Cuma dulu hanya dibaca-baca aja dan diikuti beberapa tips investasi yang sederhananya.
Saya memang sudah mengikuti beberapa tips investasi yang dijelaskan dalam buku ini, seperti Tabungan Berjangka, membeli Emas/Logam Mulia, dan yang terakhir adalah Reksadana Saham. Selama ini saya rajin dan patuh dengan komitmen diri untuk menabung di tiap bulannya. Dan berhasil.
Namun dalam 3 bulan ke belakang ini saya baru saja punya kartu kredit. Saya akui memang jadi sedikit boros karena liat ada promo kartu kredit sedikit, jadi dipake buat gesek. Tapi Alhamdulillah lagi saya masih bisa berkomitmen kalau saya mampu membayarnya.
Mumpung lagi baca-baca buku financial planning, akhirnya saya kepikiran untuk melakukan financial check seperti yang diajarkan di buku. Di mulai dari menghitung kekayaan bersih.
Hasilnya saya cukup kaget lho punya harta yang (menurut saya) lumayan. Karena memang selama ini saya gak pernah merhatiin sampai detail nominalnya. Saya cuma inget perkiraan investasinya apa dan jumlahnya berapa. Setelah ditotal lumayan bikin bibir ini mengembang 🙂
Karena saya belum punya cicilan apa-apa, bisa dibilang arus kas saya masih aman. Jadilah saya sekarang fokus kepada tujuan dan mimpi-mimpi selanjutnya, seperti ngumpulin DP rumah, tabungan menikah, bahkan saya kepengen pergi Umroh lagi 🙂
Oh iya, kalau mau coba mengecek keuangan pribadi masing-masing, Mbak Prita dari Zap Finance menyediakan kalkulator keuangan yang gratis dan gampang di akses lho. Bisa cek di:
http://zapfinance.co.id/zapfin-check-up/quick-check-up/
Di buku juga dijelasin tips-tips investasi dan trik supaya kita bisa fokus nabung dari pengeluaran yang tidak perlu. Bahkan kalau yang sudah berkeluarga pun, dijelaskan cara perhitungan biaya jika sedang hamil, setelah melahirkan, dan merawat anak.
Gak cuma informasi soal menabung menabung dan menabung aja lho. Kita juga diajarkan cara mengatur keuangan untuk mengumpulkan biaya liburan! Yippieee, boleh dong liburan juga diagendakan, jangan kerja terus aja supaya gak stres. Setuju? ^^
Sebagai catatan tambahan, berikut adalah Alokasi dana dalam persen terhadap pemasukan yang perlu diingat terutama saat baru gajian 🙂 :
  • 2.5% untuk zakat
  • Minimal 5% untuk dana darurat dan minimal 5% untuk membayar premi asuransi
  • Pengeluaran tiap bulan tidak boleh lebih dari 60%
  • Sedikitnya 15% dari penghasilan ditujukan untuk tabungan dan investasi
  • Cicilan utang tidak boleh lebih dari 30%.

Jadi, sudahkah mengecek keuangan Anda?

13 Comments

  1. jnynita.com 26/04/2015
  2. Lia 26/04/2015
  3. Arman 26/04/2015
  4. Lia 26/04/2015
  5. R_Ming24 26/04/2015
  6. Lia 26/04/2015
  7. Yeye 27/04/2015
  8. Lia 27/04/2015
  9. Lyra 22/10/2016
    • Lia 22/10/2016
  10. Melinda Niswantari 19/02/2018
  11. Melinda Niswantari 19/02/2018
    • Lia 21/02/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: