Liquid Eyeliner vs Pencil Eyeliner

Disclosure: Produk dikirimkan kepada saya berupa sampel produk untuk dicoba dan direview. Opini dan sudut pandang yang ditulis murni merupakan pendapat saya. Silahkan baca ini untuk lebih lanjut.


Siapa di antara kalian yang tidak bisa keluar rumah tanpa memakai eyeliner?

Saya sih sebenarnya tidak masalah tidak pakai kosmetik yang satu ini selama memakai kacamata. Tapi kalau sudah pakai softlens, rasanya aneh sekali kalau gak merias garis bagian atas mata. Karena mata saya itu cenderung layu atau lesu kalau tidak ditambahkan sesuatu di mata.

Sejak mengenal produk kecantikan untuk mata ini saya merasa mata menjadi tambah tajam dan terlihat menyempurnakan riasan. Saya sudah pernah coba dandan tanpa eyeliner dan kelihatan sekali janggalnya.

Di tulisan kali ini saya ingin mencoba membandingkan dua jenis eyeliner yang saya punya. Saat ini saya sedang memakai Sulamit Eyeliner Liquid Pen dan Zoya Cosmetics Ultimate Eyeliner.

zoya-vs-sulamit-eyeliner

Keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Sulamit berbentuk liquid seperti namanya. Sedangkan Zoya Cosmetics bentuknya seperti pensil, namun dikemas dalam bentuk retractable.

Yuk kita bahas dua jenis eyeliner ini:

KEMASAN

sulamit-eyeliner-liquid-pen-black

Sulamit memiliki kemasan seperti spidol dengan warna hitam. Terdapat logo dan juga nama produk dengan warna ungu yang shiny pada badan spidolnya. Ada kesan minimalis dan misterius pada kemasan ini. Panjangnya juga pas, tidak terlalu panjang ataupun pendek. Mudah dimasukkan ke dalam tas kosmetik.

zoya-cosmetics-ultimate-eyeliner-black

Sedangkan Zoya Cosemtics memiliki kemasan berwarna putih dengan tulisan warna abu-abu. Bentuknya dapat diputar seperti yang saya sebutkan tadi. Saya suka sekali dengan informasi yang cukup lengkap pada badan produk ini. Dimulai dari ukuran, kode warna, NA Number, sampai expired date-nya.

Baca juga: Sulamit Moist Lipstick Passion Series

TEKSTUR

Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa Sulamit memiliki tekstur liquid yang menurut saya walaupun cair tapi lumayan cepat mengering. Sedangkan Zoya Cosmetics memiliki tekstur seperti pensil yang juga lumayan cepat kering.

Keduanya saya tes untuk melihat efek smudge-nya. Ternyata Zoya Cosmetics lah yang masih sedikit bisa bleber warnanya. Saya sih maklum, karena memang bentuk pensil lebih tidak tahan lama pada umumnya.

Baca juga: Zoya Cosmetics Lip Paint

WARNA

sulamit-eyeliner-liquid-pen-tip

Kedua produk ini memiliki warna hitam yang sangat pekat. Bahkan Zoya Cosmetics mengatakan bahwa produknya untuk warna hitam yang intens.

zoya-cosmetics-ultimate-eyeliner-tip

Saya coba tes dipakai seharian dan juga beberapa kali kena wudhu, warna hitamnya masih ada walaupun sudah smudge. Kalau dibandingkan keduanya, produk Sulamit lah yang lebih tahan lama.

Baca juga: Yuk cek keamanan produk kita sendiri!

APLIKASI PRODUK

Karena Zoya Cosmetics bentuknya seperti pensil, lebih mudah digunakan khususnya bagi pemula. Tidak perlu takut salah, karena masih bisa dihapus. Hanya saja saya kurang suka dengan kemasannya yang cepat kotor setelah dipakai, karena tintanya bleber ke bagian atas eyeliner.

Untuk yang sudah ahli dalam mengaplikasikan produk, saya sarankan untuk menggunakan Sulamit. Bentuk kuasnya mudah digunakan. Hanya saja saya lebih suka pakai Maybelline Hyper Sharp Wings, karena kuasnya lebih panjang.

KESIMPULAN

Keduanya merupakan produk yang saya bisa rekomendasikan untuk dicoba. Bagi pemula bisa coba Zoya Cosmetics Ultimate Eyeliner sambil belajar membuat goresan sederhana. Produk ini juga cocok untuk pemakaian sehari-hari yang terlihat natural.

Sedangkan untuk yang sudah jago, bisa menggunakan Sulamit Eyeliner Liquid Pen. Eyeliner ini favorit saya ketika ingin membuat tampilan winged eyes yang bisa bikin mata jadi tambah besar itu.


Jadi kalian pilih pakai eyeliner yang mana?

30 thoughts on “Liquid Eyeliner vs Pencil Eyeliner

  1. Pas awal2 nyoba pake eyeliner lebih milih yang bentuknya spidol atau pen ya, karna kan megangnya mirip kalo kita mo ngegambar hihi. Baru tau ni kalo Sulamit ada yang pen, btw pilihan warnanya apa aja ya? Jadi pengen nyobain alias nostalgia hihihi.

    Tfs ya…^^

    1. Sebenernya cara pakainya jangan kayak kita mau ngegambar. Hehehe. Justru di bikin kayak sejajar sama kelopak mata kita. Dulu aku diajarin begitu, dan terbukti bisa lebih gampang hehehehe.

  2. Aku lebih suka yg liquid, kalo yang pensil terlalu besar ujungnya, kelopak mata aku kecil jadi susah di aplikasi in nya.
    Tp kalo daya tahan aku suka yg ultimate.

  3. akuuu yg termasuk gaPD keluar tanpa eyeliner ;p. tp slama ini srgnya pake yg pensil mbak, krn lbhcepet aja.. kalo yg liquid udh bisa sih makenya, tp hrs lbh hati2kan .. meleng dikit aja makenya, udh mencang mencong deh ;p

  4. Aduh… aku frustasi sama jenis alat mekap yg satu ini. Ga pernah sukses, even pakai yg pentuk pinil yg aku pikir akan lebih mudah. Hiks..hiks.. ngiri deh liat cewe-cewe yg bisa pakai eyeliner rapih. 😀

    1. Sering-sering belajar aja, Mbak. Sampe sekarang saya juga belum perfect. Tapi seneng aja kalo udah tau trik nya hehehehe.

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)