Liburan Ke Luar Kota Menggunakan Mobil? Siapa Takut!

Liburan selalu menjadi hal yang saya tunggu-tunggu setiap tahunnya. Dahulu sebelum ayah saya pensiun kami selalu menyempatkan diri untuk berpergian ke luar kota setiap setahun sekali. Saya sudah beberapa kali mengunjungi daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, bahkan pulang kampung ke Sumatera juga sudah pernah.
Mungkin kalian pun sudah pernah berpergian ke tempat-tempat tersebut. Tapi apakah pernah berpergian dengan menggunakan mobil? 
Tosss deh bagi kalian yang juga sering liburan ke luar kota menggunakan mobil. Perjalanan terjauh saya menggunakan mobil memang saat pulang kampung ke Sumatera saat masih SD. Dimana kita masih punya liburan hampir sebulan (masih pada inget gak? hehehe). Selanjutnya kami selalu berpergian menggunakan mobil untuk daerah yang masih bisa ditempuh melalui jalan darat, seperti di Pulau Jawa.
Sebenarnya alasan apa sih kami sekeluarga memilih menggunakan mobil sebagai alat transportasi saat berliburan? Sesuai dengan pengalaman saya, ada banyak kelebihan yang bisa dirasakan saat menggunakan mobil ketika pergi ke luar kota:

  1. Lebih mudah pergi kemana saja. Kita dapat mengunjungi suatu tempat dengan itinerary sendiri.
  2. Tidak perlu keluar uang untuk menyewa mobil. Ini biasanya terjadi jika berpergian menggunakan pesawat, kapal laut, atau kereta.
  3. Memiliki waktu yang fleksibel. Jika kita ingin pergi ke beberapa tempat, kita bisa menyesuaikan waktunya. Sedangkan saat menggunakan transportasi umum kita selalu terikat dengan jadwal mereka.
  4. Dapat mengenal daerah yang dilalui. Menurut pengalaman saya (saat berpergian ke Sumatera) banyak kota dan propinsi yang saya lalui selama perjalanan, sehingga membuat saya dapat lebih mengenal dan melihat langsung kota-kota yang ada di Indonesia. 
  5. Menjalin kerja sama dan kekompakkan bersama keluarga. Tentu saja akan ada pembagian tugas selama perjalanan. Siapa yang menyetir, siapa yang sebagai pembaca peta, siapa yang menemani supir agar tidak tertidur, dan juga siapa yang seksi konsumsi hihihi. Saya sendiri merasakan manfaatnya sekarang. Membaca peta bukanlah hal yang terlampau sulit (padahal kan women can’t read map ya), karena dari kecil saya terbiasa membaca peta perjalanan.
Banyak kan manfaatnya? Jika kalian memiliki kendaraan pribadi, tidak ada salahnya kok sesekali liburan ke luar kota menggunakan mobil sendiri.
Nah, sekarang saatnya mengecek dulu nih kualitas dan kemampuan mobil kalian. Apakah cocok untuk pergi traveling? Apakah sanggup menghadapi medan perjalanan? Apakah aman jika dibawa dalam perjalanan jauh?
 
Di tahun 2015 ini Toyota Indonesia telah mengeluarkan mobil terbaru dari tipe MPV-nya (Multi Purpose Vehicle) lho. Inilah Grand New Avanza Veloz dan Grand New Avanza.
 
Pasti semua sudah tau ya merek Avanza itu. Hampir setiap hari kita bisa lihat berapa banyak mobil Avanza wira-wiri di jalanan ibu kota. Dan Avanza ini memang mobil favorit bagi seluruh keluarga Indonesia. Wajar jika disebut sebagai MPV terbaik di Indonesia.
 
Lalu apa bedanya dengan Grand New Avanza Veloz dan Grand New Avanza? Tentu saja dalam meningkatkan kualitas dan performa mobil, Toyota mengeluarkan dua mobil baru ini dengan tampilan yang lebih baru, stylish, dan tentunya tetap menjadi idaman para keluarga Indonesia.
 
Kelebihan Grand New Avanza Veloz dan Grand New Avanza antara lain:
  • Menggunakan Teknologi Dual VVTI, dimana membuat mesin lebih bertenaga (atau lebih kencang) tapi tetap irit BBM.
  • Sudah memiliki indikator Eco di layar informasi bahan bakar, yang artinya sudah lebih hemat bahan bakar.
  • Tidak hanya ada Sensor Air Bag di bagian depan saja, namun sekarang di bagian kanan dan kiri mobil sudah dilengkapi Side Impact Beam. Sehingga melindungi penumpang dari benturan di samping mobil.

 

  • Dilengkapi dengan Anti Lock Breaking System untuk mengontrol kendaraan saat mengerem mendadak.

 

  • Sekarang seatbelt dapat digunakan secara maksimal oleh semua posisi. Penumpang bagian tengah tidak perlu lagi menggunakan seatbelt hanya di pinggang saja. Sebagai gantinya, di langit-langit mobil ada seat belt yang dapat digunakan penumpang bagian tengah.

 

  • Demi kenyamanan penumpang, kursi di bangku baris kedua dapat di maju-mundurkan. Bahkan bangku posisi tengah di baris kedua dan ketiga sudah ada head rest-nya. Ini penting lho, karena leher perlu dijaga keselamatannya. Dan bangku baris ketiga memiliki kursi yang dapat dilipat 50:50. Jadi bisa memaksimalkan bagian bagasi.
  • Busa jok lebih tebal sehingga duduk pun lebih nyaman.
  • Suara di mobil pun lebih senyap.
Pas banget kan, dari segi hemat bahan bakarnya ada. Keamanannya sudah terjamin. Kenyamanan apalagi. Soal tenaga mesin? Wah cocok banget deh untuk menghadapi medan perjalanan di kota-kota yang ada di Indonesia. Gak perlu pusing lagi kan?
 
Sekarang bingung apa? Bingung mau pilih Grand New Avanza Veloz atau Grand New Avanza? 
 
Dari segi desain, memang keduanya terlihat ada perbedaan. Desain Grand New Avanza Veloz lebih terlihat sporty. Dan selain itu juga desainnya akan ekslusif hanya digunakan oleh Toyota. Sedangkan desain Grand New Avanza akan mirip juga dengan sister company-nya Daihatsu.
 
Yuk, lihat perbedaan tampilannya:
 

 
Kesimpulan dari saya adalah Grand New Avanza Veloz cocok untuk pribadi yang sporty, stylish, dan memperhatikan style. Sedangkan Grand New Avanza cocok untuk pribadi yang classic dan mengutamakan kenyamanan. 
 
Jadi, sudah pada siap untuk pergi liburan dengan Grand New Avanza Veloz atau Grand New Avanza? 😉
Tulisan dibuat dalam rangka Grand New Avanza Veloz & Grand New Avanze Blog Competition 2015
Avanza Veloz Blog Competition 2015
 

4 thoughts on “Liburan Ke Luar Kota Menggunakan Mobil? Siapa Takut!

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)