Kedai Ketan Susu Cilandak

Sebagai anak yang cuma taunya daerah Jakarta Utara aja, begitu dapet undangan untuk cobain tempat kuliner enak di Jakarta Selatan saya tanpa mikir langsung mengiyakan! Terima kasih atas undangannya ya, Winda 🙂

Selama ini Jakarta Selatan diidentikan dengan area yang gaul, mahal, dan berkelas. Tapi berbeda dengan kesan yang saya dapatkan ketika sampai di depan Kedai Ketan Susu Cilandak. Bangunan yang simpel dan down to earth. Berbeda dengan bayangan saya akan tempat-tempat kuliner di Jakarta Selatan. 

Terletak berdekatan dengan Cilandak Town Square, sangat mudah diakses dengan kendaraan pribadi. Karena letak Kedai Ketan Susu Cilandak yang rada masuk, tidak perlu khawatir buat si pengguna kendaraan umum. Cukup sekali naik angkot merah dari depan Citos, pada belokan pertama langsung ambil kiri. Lokasi Kedai ada di sebelah kanan jalan.

Kesan pertama yang saya dapat ceritakan saat memasuki Kedai adalah masih senada dengan konsep bangunan luarnya. Kursi dan meja kayu dipadukan dengan tembok yang sengaja terlihat seperti unfinished tanpa cat. Ruangan makan dibagi menjadi dua. Di bagian bawah yang menjadi area makan dan di mezzanine yang selain bisa menjadi ruang makan juga bisa menjadi area tempat acara spesial, seperti arisan, ulang tahun, atau lainnya. Bahkan di bagian ruangan ini tersedia mushola.

Acara dimulai dengan Food Tasting beberapa makanan dan minuman yang disajikan di Kedai Ketan Susu Cilandak seperti Ketupat Sayur Medan (IDR 27.000,-), Mie Godok Nyemek (IDR 30.000,-), Es Kopi Spesial (IDR 20.000,-), Es Lidah Buaya (IDR 20.000,-), Kopi Susu Spesial (IDR 22.000,-), dan masih banyak lagi. 

Saya sendiri menyukai Ketupat Sayur Medan yang dipilih oleh Winda. Biasanya saya paling gak suka makanan santan seperti itu, tapi kali ini rasanya beda dan bener-bener berasa bumbunya. 

Tidak lupa saya juga mencoba menu yang masih baru di Kedai Ketan Susu Cilandak, yaitu Bitter Ballen (IDR 20.000,-). Ketika digigit rasanya lembut di mulut. Yummy deh pokoknya!

Dan menu terakhir yang dicoba tentunya adalah Ketan Susu Srikaya (IDR 25.000,-). Perpaduan susu, ketan, dan srikaya pada menu ini memang lezat sekali. Rasa manis yang didapat dari susu benar-benar membuat menu ini cocok dimakan sebagai makanan penutup.

Pokoknya menu yang dihidangkan di Kedai Ketan Susu Srikaya ini pas untuk menemani makan pagi, siang, sore, dan malam. Tempatnya pun asik buat nongkrong-nongkrong bersama teman atau keluarga.

Lalu siapa sih sebenarnya sosok owner dari Kedai Ketan Susu Srikaya ini? Beliau adalah Bapak Iman Harahap yang dengan keberanian untuk menjalankan usaha dan meninggalkan pekerjaan korporatnya dengan posisi yang sudah settle. Sempat mendapat tentangan dari orang tua, tidak menyurutkan semangat Beliau untuk membuka usaha. Hingga akhirnya tercetuslah ide membuka Kedai Ketan Susu Cilandak ini.

Kenapa membuka tempat makan? Menurut Bapak Iman, bisnis yang berdasarkan kebutuhan hidup manusia lebih “aman”. Selain itu, Beliau ingin tetap melestarikan resep keluarga agar tidak terlupakan. Sifat kerja keras dan percaya kepada jalan yang diberikan Tuhan inilah yang memang patut dicontoh untuk siapapun yang ingin memulai bisnisnya.

Kiri: Mas Yunus | Kanan: Pak Iman

Sesi terakhir ditutup oleh sharing dari Mas Yunus mengenai tips dan trik dalam mengelola blog. Satu pesan yang saya ingat adalah “Urusan kita sebagai blogger adalah menulis dan share di social media. Setelah itu tidak perlu mengkasiani diri jika tidak ada yang membaca atau memberi komentar”. Dalem ya, apalagi buat saya yang sedih rasanya kalo gak ada yang baca tulisan sendiri. Tapi sudah niat bahwa menulis sebaik-baiknya, diyakini pasti akan mendatangkan pembaca yang loyal 🙂

Selesai sudah acara hari itu. Dan saya pulang dengan membawa oleh-oleh dari Kedai Ketan Susu Cilandak, yaitu Ketan Susu Srikaya, buah (yang saya gak tau namanya hihihi), baju kaos, dan lidah buaya yang besar sekali! Jadilah saya diliatin orang-orang sekereta gara-gara bawa lidah buaya yang besar hihihi (ps: bisa lihat fotonya di instagram saya).

Terima kasih Kedai Ketan Susu atas jamuannya yang enak! 🙂

Kedai Ketan Susu Cilandak
Jl. Cilandak Tengah No. 3
Telepon: 021 96313585
Jam Buka: 09.00 – 23.00 WIB
Facebook | Instagram

8 thoughts on “Kedai Ketan Susu Cilandak

  1. Nyammiiihhhh bingit keliatan nyaaaa..
    Dulu, klo aku pengen makan ketan susu, kudu ke kemayoran dulu. Rumah di jagakarsa, makan ketan susu ke kemayoran dijabanin. Skrg ada ketan susu dkt rmh, bakalan sering dijabanin kesini nih hihihi

  2. Iya, Mas. Harus diingat biar gak galau mulu kalo gak ada yang komen hehehe. Terima kasih Mas Ryan yang sudah sering mampir 😀

    Iyaaaa. Enak banget. Biasanya aku gak suka ketan. Tapi ini mungkin karena manis kali ya. Jadinya aku suka :9

  3. Aku malah belom pernah nyoba yang di Kemayoran, Mbak Yeye. Enak yaaa katanya?
    Iya, Mbak. Rumahnya deket sama stasiun tanjung barat kan? Kemarin aku juga naik kereta dulu baru ke Citos hehehe 😀

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)