Beauty Skincare Essentials

4 Kebiasaan Mencuci Wajah Berjerawat Ini Patut Dicoba!

Hal terpenting dalam mengatasi jerawat adalah dengan mengetahui bagaimana cara mencuci wajah berjerawat dengan baik.

Menurut saya cleansing adalah tahapan yang paling penting di antara tahapan skincare yang lain. Dengan membersihkan wajah yang benar, maka kulit akan menjadi bersih dan tidak ada kotoran yang dapat menutupi pori-pori.

Bagi pemilik wajah yang normal, maka mencuci wajah bukan hal yang sulit. Bahkan sebagian dari mereka ada yang memiliki keuntungan dengan wajah yang banyak dibilang “kulit badak” alias tidak masalah menggunakan produk apapun, bahkan tidak menggunakan produk apapun.

Saya sebagai pemilik wajah yang berjerawat tidak memiliki keuntungan itu, maka saya harus berusaha lebih keras supaya tidak mengalami masalah yang akan memperburuk kondisi kulit wajah.

Selama beberapa waktu ini saya banyak mencari informasi terkait dengan cara mencuci wajah berjerawat. Mencuci wajah yang dimaksud pada topik ini adalah membersihkan wajah berjerawat dengan menggunakan sabun pembersih muka ya.

Dari beberapa informasi yang saya baca, ternyata ada beberapa kebiasaan atau ritual yang sebaiknya diperhatikan dan bahkan dicoba. Apa saja itu? Silahkan diperhatikan baik-baik ya informasi setelah ini:

KEBIASAAN MENCUCI WAJAH BERJERAWAT YANG SEBAIKNYA DICOBA

MENCUCI DALAM KEADAAN WAJAH KERING

Kebiasaan yang pertama ini adalah kebiasaan yang saya dapat setelah membaca artikel di Female Daily.

Disebutkan bahwa jika kita mencuci muka dalam keadaan wajah yang sudah dibasahkan, maka saat kita menyapukan sabun ke wajah dikhawatirkan sabunnya hanya akan numpang lewat saja. Sedangkan jika dalam keadaan kering, maka kotoran akan lebih efektif terangkat.

Sejak itu sampai sekarang saya selalu mempraktikan kebiasaan ini dan memang rasanya kulit lebih enak kalau menurut saya. Entah itu sugesti atau tidak tapi memang cara ini efektif buat saya.

Tentunya dipastikan dulu sebelum menggunakan sabun wajah, baiknya mencuci tangan dulu agar bersih saat mengaplikasikan produk sabun wajah.

MENGGUNAKAN FACIAL WASH DENGAN BUSA LEMBUT

Mencuci Wajah Berjerawat

Kalau kebiasaan ini saya dapat ketika mencari tahu tentang skincare dari negeri Sakura alias Jepang. Ternyata di Jepang itu punya kebiasaan untuk menggunakan produk pembersih muka yang menghasilkan busa yang lembut.

Busa yang dimaksud adalah busa yang dihasilkan dalam jumlah banyak dan bisa membumbung tinggi jika diusapkan terlebih dahulu di tangan. Sebagai bayangan, busa yang dimaksudkan adalah seperti busa produk facial wash Jepang yang baru-baru ini masuk ke Indonesia, yaitu Senka Perfect Whip.

Dengan menggunakan busa lembut seperti ini maka kesempatan telapak tangan bersentuhan dengan kulit wajah akan terhindar. Saya baca di Acne.org pun memang disarankan untuk meminimalisir sentuhan tersebut. Karena dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi.

Oh iya, saya sendiri menggunakan sabun wajah merek Hada Labo. Walaupun tidak memiliki busa yang banyak seperti Senka, tapi juga busanya lembut dan masih bisa di buat agak banyak selama digosok terus. Yang terpenting saya tidak menggosok wajah berlebihan apalagi keras.

KERINGKAN DENGAN HANDUK BERSIH ATAU TISSUE

Mencuci Wajah Berjerawat

Kalau saya sih pakai tissue. Kenapa? Karena kalau pakai handuk itu takutnya malah kotor. Kecuali setiap kali pakai langsung dicuci. Cuma kan jatuhnya boros.

Sedangkan dengan tissue akan lebih higienis, dan supaya tidak boros saya hanya menggunakan satu lembar tissue untuk satu muka. Tidak masalah apabila wajah masih belum terlalu kering. Justru kulit malah terasa lembap.

Oh iya, tissue nya yang non parfume ya. Lebih bagus lagi yang tissue dapur, soalnya gak lengket nanti di kulit sisa-sisanya.

Jika mau didiamkan saja sampai setengah kering sendiri juga gapapa. Malah lebih hemat, lebih earth-friendly, dan lebih baik. Tapi kalau saya kurang sabar soalnya hehehe.

LANGSUNG MENGGUNAKAN MOISTURIZER

Mencuci Wajah Berjerawat

Menurut saya inti dari kulit yang sehat itu adalah kulit yang terjaga kelembapannya. Bayangkan saat kita mencuci wajah ada kemungkinan kadar minyak di dalam wajah ikut terangkat.

Maka dari itu saya selalu berusaha segera mengaplikasikan moisturizer ke wajah ketika sedang dalam kondisi lembap. Sehingga tidak ada celah sedikit pun kulit kering.

Setelahnya jika ingin menggunakan produk skincare lain pun sangat diperbolehkan. Yang terpenting basic skincare-nya sudah terpenuhi.


Itu kebiasaan-kebiasaan yang sampai sekarang masih saya lakukan saat mencuci wajah berjerawat ini. Tentunya kebiasaan ini harus diikuti dengan langkah-langkah menggunakan skincare sesuai urutannya.

Tidak ada hasil yang instan, namun kebiasaan ini lama kelamaan akan terlihat hasilnya di kemudian hari.

Bagaimana? Kalian sudah pernah coba kebiasaan-kebiasaan di atas?

14 Comments

  1. Mydaypack 22/01/2018
    • Lia 22/01/2018
      • Mydaypack 22/01/2018
  2. nafsularfinda 22/01/2018
    • Lia 22/01/2018
      • nafsularfinda 23/01/2018
        • Lia 23/01/2018
          • nafsularfinda 24/01/2018
  3. Edwina Hidayah 23/01/2018
    • Lia 25/01/2018
  4. Nathalia DP 23/01/2018
  5. Ransel Usang 24/01/2018
    • Lia 25/01/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: