5 YouTubers Yang Membahas Tentang Jerawat

Kalau lagi jerawat terkadang dukungan mental itu dibutuhkan banget melebihi apapun. Saya tahu itu karena pernah melewati masa-masa menyebalkan karenanya (dan sampai sekarang masih suka sebel sih).

Dalam keadaan insecure terhadap diri sendiri dan juga opini orang lain, saya sering mencari cara pintas agar masalah jerawat dapat teratasi. Kalian juga gak?

Kalau kalian bisa lihat history keyword search engine saya, akan menemukan banyak kata kunci seperti, “cara menghilangkan jerawat”, “produk untuk menyembuhkan jerawat”, “cara cepat menghilangkan jerawat”, dan segala keyword lainnya yang terdengar desperate :'(.

Baca juga: Optimis Miliki Kulit Bebas Jerawat

Jangan mencela dulu kalau terdengarnya lebay. Kalian pasti juga tahu bagaimana rasanya tidak pede karena jerawat.

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk menenangkan kepanikan adalah menonton channel YouTube yang berbicara tentang jerawat. Kalau kalian search kata kunci “my acne story” saja ada beribu video yang dibuat dari YouTuber lokal maupun internasional.

See, jerawat itu memang menjadi masalah yang hampir semua orang alami. Di belahan bumi manapun masih ada orang yang struggling untuk menemukan cara yang tepat untuk menghilangkan jerawat sekaligus produk apa yang cocok untuk mereka. Makanya bisa disebut bahwa mereka adalah Acne Fighters.

JERAWAT DAN YOUTUBERS

Tidak hanya kita, saya rasa hampir semua Beauty Vlogger terkenal pun pernah mengalamai masalah pada kulitnya, khususnya jerawat. Terbukti beberapa dari mereka pernah share mengenai hal ini.

Bahkan ada juga yang membuat video khusus dan juga playlist khusus untuk topik tentang jerawat.

Berikut ini adalah beberapa YouTuber lokal maupun internasional yang sering saya tonton videonya, khususnya yang membahas tentang jerawat.

Asian Beauty Secrets

Channel ini adalah channel yang pertama kali saya subscribe ketika pertama kali mengalami jerawat parah beberapa tahun lalu.

Mia, pemilik akun Asian Beauty Secrets (ABS) ini memiliki playlist khusus yang membahas tentang jerawat. Dari mulai pencegahannya, cara mengeluarkannya, bahkan juga membahas jerawat yang ada di tubuh.

Kalau kalian masih ingat, saya juga pernah sharing tentang posisi titik-titik jerawat pada wajah yang menunjukkan kondisi kesehatan tubuh, ABS lah yang membuat kontennya.

Konten ABS itu sangat menarik. Dengan ilustrasi yang jelas dan juga entertaining, membuat saya betah menonton videonya berkali-kali.

Tidak hanya itu, sesuai dengan namanya Asian Beauty Secrets, Mia memiliki ilmu tentang kesehatan dari China. Beberapa kali Mia membuat video kecantikan yang dipadukan dengan Chinese Medicine.

Liah Yoo

Belakangan saya sering membahas video Liah Yoo di social media. Ya, baru beberapa bulan belakangan ini saya rajin menonton video Liah yang tentunya berkaitan dengan jerawat.

Wanita yang dulunya pernah bekerja di Amore Pacific ini adalah seseorang yang menyadarkan saya bahwa saya berjerawat bukan karena terlalu banyak minyak, tapi justru dehidrasi.

Liah banyak membahas tentang skincare secara detail. Bahkan ada beberapa videonya yang mungkin agak nyeleneh, seperti menggunakan minyak pada wajah berjerawat.

Di video terbarunya Liah kasih bocoran kalau dia sedang menyiapkan projek skincare. Jadi gak sabar mau lihat bagaimana skincarenya.

Gdiipa

Saat mencari referensi untuk mengatasi jerawat memang saya banyak mencari vlogger Asia. Kenapa? Karena rasanya tekstur kulit, kondisi udara, sampai produk-produknya masih hampir mirip dengan Indonesia. Salah satu YouTuber yang saya suka tonton juga adalah Gdiipa.

Dibandingkan dengan Liah Yoo, Gdiipa ini ngomongnya lebih pelan-pelan. Jadi hampir gak ada yang missed kedengeran hehehehe.

Sama seperti Liah, Gdiipa juga membahas skincare dari dasar. Ada beberapa video yang wajib ditonton untuk yang pertama kali mengenal skincare dan makeup. Salah satunya adalah video untuk menentukan produk apa yang cocok untuk jenis kulit kalian.

Terkadang informasi-informasi yang sepele namun penting ini terlewatkan oleh YouTuber lain. Padahal banyak lho yang belum tau apakah tipe kulit kering itu pakainya produk gel atau krim.

Dan informasi detail inilah yang menjadi dasar saya sekarang tahu persis produk apa yang akan saya beli. And it works!

Baca juga: Catatan Pengalaman Melawan Jerawat Dengan Verile

Alifah Ratu Saelynda

Kalau tadi semuanya YouTuber luar negeri, sekarang saatnya saya perkenalkan YouTuber lokal yang gak kalah keren. Wanita yang biasa dipanggil Ratu ini baru aja mendapatkan silver play button dari YouTube lho. Padahal Ratu baru saja membuat akun YouTube selama satu tahun.

Video pertama sekaligus menjadi video yang paling populer adalah tentang cara membuat full makeup untuk menutupi wajah berjerawat parah. Dan saat tulisan ini dibuat, video tersebut sudah menembus angka 1,5 juta views.

Wow!

Angka ini sebenarnya wajar sih, karena pertemuan saya dengan channel YouTube Ratu adalah ketika saya mengetikkan kata kunci “makeup untuk wajah berjerawat”.

Di beberapa videonya Ratu banyak memberikan tips menggunakan makeup yang tahan lama namun full coverage. Selain itu juga beberapa kali Ratu share Makeup DIY seperti DIY Lip Palette, DIY Concealer, dan masih banyak lagi.

Salah satu alasan mengapa Ratu banyak dicintai oleh viewers-nya adalah produk makeup yang Ratu pakai masih tergolong affordable. Bahkan untuk harga lipstik senilai 90ribuan saja Ratu menyarankan viewers-nya untuk bijaksana dalam membeli lipstik yang mungkin bagi sebagian orang masih tergolong murah dibandingkan dengan lipstik high end lainnya.

Satu kata sih buat Ratu, sederhana 🙂

Belakangan saya perhatikan wajah Ratu juga sudah mulai membaik. Walaupun terkadang Ratu mengaku kalau itu pakai makeup, tapi lama kelamaan wajahnya kelihatan sekali cerahnya.

Baca juga: Produk Perawatan Kulit Yang Mahal Itu Seperti Apa?

Veronica Ong

Dua nama terakhir memang memiliki kesamaan. Sama-sama dari Indonesia, dan juga sama-sama membahas jerawat dari segi makeup.

Awalnya saya tahu Veronica Ong ini juga berdasarkan hasil dari keyword jerawat dan makeup. Sampai akhirnya ikutan juga nonton Acne Story-nya yang baru satu bulan ini tayang.

Buat yang punya wajah berjerawat pasti ngerasain gimana susahnya pakai makeup. Karena terkadang makeup susah nempel dengan baik. Belum lagi kemerahan yang masih terlihat dengan jelas. Gak luntur aja udah syukur.

Veronica sering sekali membuat video yang berkaitan dengan acne coverage. Video yang terbaru Veronica meng-update rutinitas makeup yang menutupi jerawat dengan menggunakan concealer lokal Make Over.

Kadang suka ternganga-nganga lho saya nontonnya. Kok bisa ya wajah kita jerawat yang kemerahan dan menyebalkan itu tertutupi dengan baik tanpa kelihatan medok.

Ya, memang makeup adalah salah satu cara juga untuk meningkatkan rasa percaya diri akibat jerawat. Menurut saya sih gak masalah selama tetap dibersihkan dengan baik.


youtubers dan jerawat

Selain 5 Youtubers di atas sebenarnya masih banyak lagi. Cuma memang belakangan 5 orang inilah yang sering saya tonton videonya.

Video dari mereka juga membuktikan bahwa hampir semua orang menghadapi masalah. Jangan berlarut-larut meratapi wajah yang belum sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan YME.

Ada banyak cara untuk mengatasi jerawat. Bisa dengan skincare atau juga menutupinya sementara dengan makeup. Do everything to make you feel better.

Last but not least, jangan lupa tonton channel YouTube saya yaa. Saya sering membuat review produk pada wajah berjerawat saya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan kalian saat membeli produk.

Thanks for reading 🙂

23 thoughts on “5 YouTubers Yang Membahas Tentang Jerawat

  1. Liah Yoo favorit aku banget, udah jadi beauty guru buat referensi acne prone skin. So far baru follow ABS sama Liah Yoo, yang lainnya pernah liat2 youtubenya tapi belum follow sih hehehe.. Toss 😀

    1. Emang Liah Yoo itu the best deh. Aku suka sama cara dia menyembuhkan jerawat yang gak perlu pakai obat jerawat. Maksudnya kita cuma harus benerin dulu skin care routine kita. Dan terbukti cocok di aku. Senang yaaah kalau ada YouTuber yang membantu kayak dia. Mana suka jawab pertanyaan lagi. Hebatt 😀

      1. Yup, sudah lelah saya bolak-balik ke dokter. udah mahal terus juga begitu2 aja juga. Karena sebelumnya ga tau skincare routine kayak apa, begitu lepas dari dokter jadi jerawatan lagi. Untungnya sekarang udah gak. Cocok juga sama tipsnya Liah Yoo heheheh…

        1. Tipe kulitmu kering juga kah?

          Bener banget. Lelah bolak balik ke dokter. Lah ini caranya lebih praktis dan gak keluar uang lebih banyak malah membaik hehehe.

  2. Aku beberapa kali liat liah yoo.. Keren sih dia, detail dan emang dia mengalami masalah2 yg dijelaskannya.. Jd rasanya bs relate bngt..katanya mau ngeluarin line skincare yaaa… Jadi penasaran

    1. Iya, di video terbarunya dia bilang mau bikin skin care dan minta penontonnya bisa ikutan berpartisipasi untuk kasih masukan. Keren ya 🙂

    1. Selamat menonton, Mbak. Video terbaru tentang wajah jerawat dan makeup bisa lihat punyanya Harumi Sudrajat atau My Tips Cantik. Baru-baru ini dia dengan keberanian kasih lihat wajahnya yang masih struggling sama jerawat. Semoga membantu ya, Mbak 🙂

  3. Waah dari list ini aku baru subs ABS sama Veronica aja. Lainnya belom kenal, ntar ceki-ceki lah.

    Betewe aku juga udah praktikin apa yang mereka share di yutub, tapi kok hasilku gak sebagus mereka #sad hahah

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)