Beauty Skincare Essentials

Jenis Pembersih Wajah Sesuai Dengan Tipe Kulit

Kalau ditanya apa sih kunci dari bebas jerawat ala saya? Maka jawabannya adalah wajib menemukan jenis pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit masing-masing.

Kenapa?

Karena kalau kita melihat alasan terbesar mengapa terjadinya jerawat adalah karena tersumbatnya pori-pori kulit sehingga minyak alami yang ada di dalam kulit tidak bisa keluar. Karena menumpuk dan tersumbat, maka terjadilah jerawat.

Maka dari itu penting sekali melakukan cuci muka untuk mengangkat kotoran-kotoran yang ada di permukaan kulit.

Lalu masih ada yang suka bertanya, kenapa sih kok udah cuci muka tapi masih jerawatan. Jawabannya mungkin ada dua:

  1. Kamu mencuci wajah terlalu sering.
  2. Kamu belum menggunakan jenis pembersih wajah yang sesuai dengan kulit.

Untuk jawaban nomor 1 nanti mungkin akan saya jelaskan lebih detail di tulisan terpisah. Namun yang bisa saya sampaikan sekarang adalah jangan pernah mencuci wajah lebih dari 2 kali dalam sehari.

Sedangkan untuk jawaban nomor 2 inilah yang akan kita bahas di tulisan kali ini.

LIKA-LIKU PENCARIAN PEMBERSIH WAJAH

Jenis Pembersih Wajah

Kalau ditarik ke belakang pertama kali saya menggunakan pembersih wajah adalah saat kelas 6 SD. Waktu itu sahabat saya sudah menggunakan sabun pembersih wajah dengan sebuah merek yang cukup terkenal. Tanpa melakukan riset saya pun ikut-ikutan menggunakan pembersih wajah tersebut.

Itu jugalah pertama kalinya saya mengalami jerawat. Entah memang karena hormon juga atau pure kesalahan menggunakan pembersih wajah yang tidak sesuai.

Sejak itu saya sempat mencoba berbagai pembersih wajah. Kadang ada yang cocok, kadang ada juga yang bikin jerawat tambah banyak.

Proses pencarian pembersih wajah ini akhirnya memaksa saya untuk mencari tahu lebih banyak tentang pembersih wajah. Hingga akhirnya saya tahu bahwa perlu menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit agar produknya bekerja dengan baik sesuai fungsi.

Baca juga: 4 Kebiasaan Mencuci Wajah Berjerawat Ini Patut Dicoba!

JENIS PEMBERSIH WAJAH SESUAI DENGAN TIPE KULIT

Secara singkatnya, untuk menemukan pembersih wajah yang cocok adalah cari jenis pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit.

Tipe kulit itu terdiri dari kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, dan juga ada kulit sensitif. 

Cara mengetahui tipe kulit juga nanti akan dibuatkan tulisan terpisahnya ya.

Dari tipe kulit ini nantinya akan menentukan jenis pembersih wajah seperti apa yang sebaiknya kita gunakan. Tentunya setelah itu kita bisa mempertimbangkan aspek-aspek lain seperti kandungannya, bahan aktifnya, klaimnya, harganya, dan pertimbangan lainnya.

Berikut adalah jenis pembersih wajah sesuai dengan tipe kulit:

Foam Cleanser

Foam cleanser atau yang sering disebut sebagai facial foam atau cleansing foam, atau berbagai nama lainnya. Hanya yang perlu diperhatikan di sini adalah penggunaan kata “foam” yang berarti busa.

Tipe pembersih wajah seperti ini biasanya awalnya adalah berbentuk krim. Namun setelah diberi air dan digosok perlahan dengan kedua tangan maka lama-lama akan membentuk busa.

Menurut pengalaman saya dan juga setelah baca-baca informasi skincare dari Jepang, ternyata busa yang halus dan membumbung besar itulah yang digunakan untuk membersihkan wajah. Cara ini untuk menghindari gesekan antara tangan dengan kulit wajah.

Contoh jenis pembersih wajah foam cleanser yang saya tahu adalah Hada Labo Ultimate Moisturizing Face Wash dan juga Senka Perfect Whip.

Hada Labo

Yang cocok untuk menggunakan jenis pembersih wajah ini pada dasarnya adalah untuk semua jenis kulit. Dari mulai kering, normal, sampai berminyak. Hanya saja masing-masing produk biasanya punya klaim dan bahan aktif tertentu. Sehingga bisa dicocokkan dengan tipe kulit.

Gel Cleanser

Sesuai dengan namanya, tipe pembersih wajah ini tentunya berbentuk cairan gel.

Menurut pengalaman saya, menggunakan pembersih wajah tipe gel ini tidak banyak menghasilkan busa halus. Biasanya busa yang dihasilkan adalah busa yang kecil-kecil.

Jenis Pembersih Wajah

Buat kulit kering saya, tipe gel ini dapat membuat kulit kesat. Maka dari itu Gel Cleanser lebih cocok untuk digunakan pada kulit yang tipenya berminyak atau kombinasi.

Tapi perlu diperhatikan juga ya jangan sampai kulit berminyak kamu juga ikutan kesat atau terlalu kering saat menggunakan tipe gel ini. Kalau sampai terjadi, sebaiknya ganti pembersih wajahmu.

***

Jika di atas adalah jenis pembersih wajah dalam kondisi wajah tanpa makeup ataupun sunscreen. Maka di bawah ini adalah jenis pembersih wajah yang digunakan sebagai tahap pertama dari tahapan double cleansing. Jadi penggunaannya sebelum menggunakan pembersih wajah di atas.

Oil Cleanser

Jenis Pembersih Wajah

Rata-rata untuk melihat seperti apa bentuk pembersih wajah memang sudah terlihat jelas dari namanya. Sama seperti Oil Cleanser yang artinya memiliki tekstur seperti minyak.

Penggunaan Oil Cleanser ini pun sebenarnya cukup ditaruh di tangan lalu diusap ke wajah. Setelah itu baru seka dengan kapas atau tissue. Dan lakukan pembersihan tahap kedua dengan pembersih wajah tipe di atas.

Uniknya saat dibasuh dengan air, tipe pembersih wajah ini biasanya berubah tekstur menjadi cairan seputih susu. Maka dari itu tidak perlu khawatir untuk menggunakan tipe pembersih ini bagi pemilik kulit berminyak. Selama penggunaannya tepat, maka akan tepat juga cara kerjanya.

Cleansing Milk

Jenis Pembersih Wajah

Ini adalah tipe pembersih wajah yang umum dan termasuk pertama kali saya coba. Bentuknya kayak krim yang pekat namun bisa diratakan ke wajah dengan kapas.

Dulu saat dirias pas mau acara pesta, pasti saya selalu menggunakan pembersih wajah tipe ini. Dan salah satu produk yang menjadi andalan saya adalah Viva Cleansing Milk.

Bisa dibilang semua jenis kulitpun bisa menggunakan cleansing milk ini.

Micellar Water

Kalau cleansing milk termasuk old school, maka sekarang ada Micellar Water yang jadi inovasi di dunia kecantikan saat ini.

Micellar Water ini hanyalah berupa cairan seperti air, namun ampuh mengangkat kotoran minyak dan makeup.  Sangking praktisnya, Micellar Water ini selalu jadi andalan saya untuk dibawa saat berpergian dan juga andalan saat lagi males bersihin muka dengan ritual yang panjang. Hehehehe.

Garnier Micellar Water

Cara pakainya hanya dengan hapus makeup atau angkat kotoran dengan kapas dan micellar water. Usap terus menerus sampai kotoran semua terangkat. Cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Sampai saat ini Micellar Water andalan saya masih Garnier Micellar Water.

Baca juga: Review Corine de Farme Micellar Water

Cleansing Balm

Jenis Pembersih Wajah

Di antara pembersih wajah di atas, Cleansing Balm adalah jenis pembersih wajah yang baru saja saya coba.

Saya mencoba menggunakan The Body Shop Chamomile Cleansing Balm baru-baru ini dan ternyata suka sekali dengan teksturnya.

Jadi bentuknya itu seperti balsam yang kelihatannya keras, namun saat dicolek perlahan maka akan mudah diangkat. Saat diusapkan ke wajah, lama kelamaan dia akan berubah teksturnya menjadi seperti minyak.

Setelah merata, saya ambil kapas dan dibasahi lalu usap balm-nya sampai bersih. Dan diakhiri dengan bilas dengan air.

Rasa pertama setelah dibersihkan adalah kulit terasa lebih lembut dan pastinya bersih. Untuk tipe makeup yang waterproof juga sangat cocok menggunakan pembersih wajah tipe ini.

Karena efeknya yang lembut dan moisturized, maka pemilik wajah kering bisa coba tipe pembersih wajah ini.

Baca juga: Rekomendasi Produk Skincare Untuk Pemula Menurut Beauty Blogger


Itu dia semua tipe-tipe pembersih wajah yang saya ketahui dan pernah coba. Gak perlu pusing dan hapalkan semua. Cukup cari tahu pembersih wajah yang sesuai jenis kulit lalu lakukan riset produk apa saja yang memiliki jenis pembersih seperti itu.

Penting sekali melakukan double cleansing pada wajah yang sering terpapar kotoran, makeup, dan juga pakai sunscreen. Maka dari itu saya sarankan punya dua tipe pembersih wajah, yaitu untuk membersihkan wajah tahapan pertama dan kedua.

Selamat mencari jenis pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulitmu!

8 Comments

  1. tetty hermawati 14/06/2018
    • Lia 20/06/2018
  2. Ajay 14/06/2018
    • Lia 20/06/2018
  3. Elly Nurul 20/06/2018
    • Lia 21/06/2018
  4. nianastiti 21/06/2018
    • Lia 21/06/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: