Beauty Skincare Essentials

Ingin Tahu Cara Mengetahui Jenis Kulit Sendiri? Baca Di Sini!

Pada tahu gak jenis kulitnya apa? Penting lho mengetahui jenis kulit. Maka dari itu kita sama-sama cek yuk jenis kulit kita apa dengan cara di bawah ini.

KENAPA HARUS TAHU JENIS KULIT SENDIRI?

Pernah gak ngerasa pakai suatu produk skincare lalu kulit kita gak cocok? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kita menggunakan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit sendiri.

Di tulisan saya tentang jenis pembersih wajah sesuai dengan tipe kulit juga disebutkan produk-produk seperti apa yang cocok dengan jenis kulit tertentu.

Begitupula dengan makeup. Kalau kita sudah mengetahui jenis kulit sendiri maka akan membantu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Misalnya kalau kulit kamu berminyak, tentunya akan menghindari kosmetik yang finishing look-nya dewy dong. Kamu juga pasti akan menggunakan produk yang mampu menahan minyak lebih lama supaya wajah gak terlihatΒ  tambah berminyak. Begitupun sebaliknya.

Walaupun kesannya sepele, tapi bisa pakai produk skincare ataupun makeup yang sesuai dengan jenis kulit itu penting kan.

APA SAJA JENIS KULIT?

Sebelum kita memulai mencari tahu jenis kulit, ada baiknya kita berkenalan dulu yuk sama jenis-jenis kulit yang biasanya dimiliki oleh sebagian besar orang.

Pada dasarnya jenis kulit terdiri dari:

  1. Kulit Kering. Kulit kering ini biasanya terlihat dari kulit yang mengelupas dan permukaannya kasar karena mengering. Jenis kulit seperti ini membutuhkan produk yang dapat memberikan kelembapan dengan baik.
  2. Kulit Berminyak. Kulit berminyak biasanya terlihat dari kulit yang lebih mengkilap karena produksi minyak yang berlebihan. Biasanya jenis kulit ini yang cenderung mudah untuk menjadi kulit berjerawat (walaupun tidak selalu).
  3. Kulit Normal. Jenis kulit yang paling beruntung di muka bumi ini karena hampir tidak memiliki masalah kulit apapun.

Dari ketiga jenis kulit tersebut, berkembang jenis-jenis kulit yang disebut Kulit Kombinasi. Jenis kulit ini bisa terjadi karena dua kemungkinan:

  • Acne-prone Skin. Kemungkinan terjadi karena tersumbatnya sebum yang ada di dalam kulit sehingga tidak bisa keluar dari pori-pori kulit. Biasanya memang disebabkan karena produksi minyak yang berlebih yang bisa terjadi pada kulit berminyak ataupun kulit kering karena dehidrasi.
  • Sensitive Skin. Kulit sensitif biasanya terlihat dari kulit yang mudah kemerahan, kering berlebihan, ataupun alergi pada bahan-bahan tertentu.

Fiuuuh~ Banyak juga ya ternyata jenis-jenis kulit itu! Nah mana yang jadi jenis kulit kamu?

BAGAIMANA CARA MENGETAHUI JENIS KULIT?

Ada beberapa cara mengetahui jenis kulit yang saya ketahui. Kamu pun sebenarnya kalau search di internet pun akan bisa memilih cara mana yang ingin dicoba.

Saya sendiri menggunakan cara yang pernah diajarkan saat mengikuti beauty workshop.

Langkah-langkah untuk mengetahui jenis kulit:

  1. Cuci wajah sampai bersih. Lalu diamkan saja, jangan di basuh dengan handuk atau apapun.
  2. Jangan gunakan produk apapun pada wajah dan tunggu sampai sekitar 1 jam.
  3. Ambil kertas minyak lalu tempelkan di kedua pipi, dahi, dagu, dan hidung.
  4. Perhatikan area mana saja yang memiliki minyak berlebih? Atau bisa juga ada bagian yang kertas minyaknya jatuh terus karena tidak mau menempel.
  5. Area yang berminyak atau kering tersebut menunjukkan apa jenis kulit kamu.

Cara Mengetahui Jenis Kulit

Kalau kertas minyak menempel dengan mudah dan saat dilihat di kertas jumlah minyaknya cukup banyak berarti kulitmu berminyak. Kalau kertasnya gak nempel berarti kulitmu kering.

Hasil ini pun akan bervariasi, tidak mutlak seperti jenis kulit yang disebutkan di atas. Bisa saja kulit kamu kering di area tertentu dan sangat berminyak di area lain. Ataupun sebaliknya.

Tidak masalah apapun hasilnya, tapi sekarang jadi sudah tau bagaimana menggunakan produk yang tepat untuk jenis wajah kita.

Jika tidak punya kertas minyak, sebenarnya kita bisa lihat dan rasakan sendiri kulit kita. Pastikan jari saat menyentuh wajah dalam keadaan bersih.

Cara Mengetahui Jenis Kulit


Jadi apa hasil jenis wajah kalian? πŸ™‚

9 Comments

  1. Fanny F Nila 04/07/2018
    • Lia 10/07/2018
    • Lia 10/07/2018
  2. DirganFasa 05/07/2018
    • Lia 10/07/2018
  3. Nia Nastiti 06/07/2018
    • Lia 10/07/2018
  4. Mayuf 07/07/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: