Beauty Lia Beauty Talks

5 Ide Ngabuburit Hemat Dan Bermanfaat

Minggu-minggu ini kayaknya bakalan banyak yang mulai libur dari pekerjaannya. Apakah kamu salah satunya? Nah kali ini saya mau kasih ide ngabuburit yang hemat dan bermanfaat. Baca sampai habis ya!

IDE NGABUBURIT

Kalau di hari biasanya kita hampir gak punya waktu luang untuk menunggu berbuka puasa. Saat jam kerja banyak yang saat Magrib justru masih di jalan atau sengaja berbuka di kantor sambil menyelesaikan pekerjaan.

Bahkan saat weekend pun sebagian besar waktu menunggu buka puasa dipakai sambil jalan-jalan ke luar rumah untuk menghadiri jadwal buka bersama.

Nah sekarang liburan kali ini agak panjang nih. Gak mungkin kan kita keluar rumah terus untuk ngabuburit?

Ngabuburit sendiri adalah kata yang diambil dari Bahasa Sunda yaitu burit yang berarti sore. Jadi ngabuburit sendiri diartikan sebagai waktu menunggu sore. Kalian bisa baca penjelasan tentang ngabuburit di tulisan ini ya!

Supaya waktu ngabuburit atau menunggu buka puasa kita lebih hemat dan bermanfaat tentunya, saya punya 5 ide ngabuburit yang semuanya bisa dilakukan di rumah saja. Apa saja itu? Lihat idenya di bawah ya!

PERAWATAN TUBUH DENGAN LULURAN

Ide Ngabuburit

Inget gak kapan terakhir kali luluran? Kayaknya luluran ini termasuk yang paling jarang dilakukan di hari-hari sibuk ya. Entah karena sudah capek dilakukan pas di rumah, atau malas ke tempat spa lagi karena takut macet.

Pas puasa gini otomatis tidak banyak kegiatan yang dilakukan. Pas sore hari menjelang mandi sore, boleh banget tuh pakai lulur favorit kamu yang sudah lama gak disentuh.

Kalau malas luluran sendiri, sekarang sudah ada aplikasi yang dapat memanggil jasa salon dan spa di rumah. Bisa dicoba tuh!

Lulur favorit saya sampai sekarang masih Purbasari yang Olive Oil karena wanginya enak. Cuma sekarang kebetulan lagi coba Shinzui’ juga. Kalau kalian pilih Purbasari apa Shinzui’?

PERAWATAN RAMBUT DENGAN HAIR MASK

Ide Ngabuburit

Sambil nunggu lulur bekerja di kulit, boleh banget lho kalian sekalian merawat rambut dengan menggunakan hair mask. Hair mask ini sebenarnya mirip-mirip kayak creambath gitu, cuma kalau di rumah saya gak pakai handuk hangat lagi. Cukup didiamkan beberapa menit.

Hair mask terbaru yang saya pakai adalah Hair Mask dari The Body Shop Banana. Tapi saya juga pernah pakai perawatan rambut dari Rudy Hadisuwarno dari mulai shampoo, masker, sampai terakhirnya pakai serum.

Pokoknya perawatan rambut harus maksimal deh, apalagi yang sehari-harinya biasa rambutnya di styling.

PERAWATAN KULIT WAJAH FACIAL MASK

Ide Ngabuburit

Selesai bersih-bersih dan mandi, sekarang giliran bagian muka nih yang harus dirawat. Pembersihan wajah tetap dengan metode double cleansing seperti biasanya, namun sebelum menggunakan moisturizer, serum, dan produk lainnya kita harus melakukan perawatan kulit wajah.

Saya biasanya dimulai dengan exfoliating, lalu dilanjutkan dengan menggunakan facial mask.

Facial mask ini sendiri jenisnya ada macam-macam. Ada yang sheet mask, bentuk masker, peel-off mask, dan lain-lain. Pilih jenis facial mask yang cocok untuk kamu. Kalau saya sih tetap andalannya pakai sheet mask.

MENYORTIR PRODUKΒ 

Ide Ngabuburit

Dua kegiatan terakhir bukanlah kegiatan merawat kulit lagi. Tapi ini adalah kegiatan yang penting dilakukan oleh wanita yang punya segudang produk kecantikan.

Pertama-tama coba diingat kapan terakhir kamu beli produk kecantikan? Lalu coba cek lemari tempat kamu menyimpan semua produk kecantikan dan cek apakah ada produk yang menumpuk?

Saya ngerti sih godaan untuk belanja produk kecantikan itu seperti apa. Tapi saya sadar kalau belanja kosmetik dan skincare tentu harus bijak dan jangan sampai boros. Saya pun sudah menuliskan tips bagaimana cara belanja produk kecantikan agar tidak sampai boros di blog. Dibaca juga ya πŸ™‚

Terlepas dari itu, sekarang saatnya kita melakukan sortir produk yang sekarang sudah ada. Sortir pertama kali dengan mengecek tanggal kadaluarsa produk. Kalau sudah expired langsung dibuang.

Lalu sortir selanjutnya adalah cek mana produk yang masih mau dipakai dan mana yang sudah tidak mau (atau tidak cocok). Ini juga sortirnya pake metode konmari ya kalo perlu, jadi biar gak semua barang disayang-sayang. Hahahaha.

Setelah itu kumpulkan barang yang tidak dipakai dan kalian bisa bagi-bagi ke saudara-saudara nanti saat kumpul lebaran. Percaya deh, pasti mereka senang juga bisa coba produk baru.

MENCUCI SEMUA PERALATAN DANDAN & MERAPIKAN MEJA RIAS

Ide Ngabuburit

Ide terakhir sih memang udah seharusnya kita lakukan rutin ya. Kan gak mungkin pakai peralatan dandan yang kotor setiap saat.

Tapi di saat puasa gini kegiatan cuci mencuci jadi terasa menyenangkan karena bisa bermain dengan air jadi rasanya kok kayak seger gitu hahahaha. Tapi awas jangan pura-pura kumur-kumur ya.

Di kesempatan ini saya juga sekalian merapikan meja rias yang terkadang sudah penuh debu dan bedak. Dan kembali merapikan produk kecantikan dikelompokkan sesuai dengan fungsinya, sehingga memudahkan nanti saat ingin dipakai.

Kedengarannya simpel, tapi pas dilakukan bisa butuh waktu juga.


Itu dia 5 ide ngabuburit hemat dan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah. Ide ini gak cuma berlaku buat wanita saja lho. Yang pria kalau mau bersih-bersih dan merawat diri juga boleh banget. Karena pria juga berhak merawat dirinya. Setuju? πŸ™‚

Share juga yuk ide lainnya yang tentunya juga hemat dan bermanfaat di kolom komentar!

4 Comments

  1. Vera 08/06/2018
    • Lia 12/06/2018
  2. Erny Kurnia 10/06/2018
    • Lia 12/06/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: