Advertorial Beauty Lia Beauty Talks

Golden Ratio Search: Menemukan Rumus Proporsi Wajah

Kalau disuruh menyimpulkan definisi dari cantik itu agak susah ya. Karena arti cantik buat setiap orang itu pasti berbeda-beda. Tapi tidak dengan menentukan proporsi wajah. Kita dapat mengetahuinya dengan menggunakan sebuah rumus.

Apakah itu rumusnya?

MAAT GOLDEN RATIO SEARCH

Proporsi Wajah Golden Ratio

Awalnya saya agak ragu untuk menghadiri acara press conference yang berjudul “Meet the Winner MAAT Golden Ratio Search – Indonesia Representative” pada Hari Selasa, 5 Desember 2017 lalu.

Kenapa?

Entah kenapa yang ada di benak saya pada saat itu mendengar judulnya adalah sebuah kompetisi yang mengharuskan pesertanya mengubah bentuk wajah agar menjadi seproporsional mungkin.

Rasanya saya kurang sreg dengan konsep mengubah bentuk wajah atau tubuh dengan cara-cara ekstrem seperti operasi plastik, dan bentuk lainnya.

Tapi setelah dipikir-pikir lagi saya gak boleh punya pikiran yang kemana-mana sebelum tau sendiri kebenarannya. Saya pun sempat mencari info dahulu dengan membaca tulisan event perdana dari acara yang sama dari beberapa blogger yang sebelumnya juga diundang.

Setelah saya baca-baca sepertinya saya salah sangka. Ini bukan kompetisi mengubah wajah, justru yang dicari adalah pemilik wajah yang belum pernah melakukan perawatan khusus kecantikan (seperti filler, Botulinum toxin, dan operasi plastik) sebelumnya.

Jadi MAAT (Merz Aesthetics Advancement of Techniques) Golden Ratio Search adalah ajang pencarian wajah proporsional se-Asia yang dilakukan di sebelas negara di Asia Pasifik. Negara-negara yang ikut serta adalah Australia, Hong Kong, India, Korea, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapore, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Merz adalah perusahaan penyedia teknologi perawatan kecantikan yang berusaha memenuhi kebutuhan para dokter dan pasiennya.

Dengan kompetensi yang dimiliki Merz dalam hal teknologi yang berkaitan dengan dunia kecantikan, maka diciptakanlah MAAT Golden Ratio Search. Dengan tujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang proporsi dan daya tarik wajah, sekaligus menjadi ajang peluncuran pedoman medis pertama yang membahas pendekatan holistik perawatan kecantikan untuk membentuk wajah Asia yang proporsional.

PROPORSI WAJAH

Proporsi Wajah Golden Ratio

Mungkin kita akan bertanya-tanya apa sih keuntungan dari mengetahui proporsi wajah?

Menurut Marketing Manager Merz Indonesia, Hansen Gandhi, wanita yang memahami proporsi dan bentuk wajahnya akan mampu menyesuaikan penampilan sehingga cocok dengan diri sendiri dan mampu tampil percaya diri.

Dan seperti yang saya bilang pertama kali bahwa untuk mengetahui proporsi wajah itu sebenarnya ada hitungannya. Rumus inilah yang dijadikan sebagai kriteria dalam memilih wajah paling proporsional dalam ajang MAAT Golden Ratio Search.

Proporsi Wajah Golden Ratio

Rumusnya dan kriteria wajah proporsional sendiri disampaikan oleh dr. Kevin Maharis yang merupakan Aesthetic Doctor lulusan University of Melbourne, Australia dan Universitas Indonesia sekaligus salah satu juri dari MAAT Golden Ratio Search. Kriteria yang juga dipakai dalam penjurian ini adalah sebagai berikut:

  • Rumus Golden Ratio yaitu mengukur rasio panjang wajah (dari dahi teratas yang berbatasan dengan garis rambut sampai bagian bawah dagu) dan lebar wajah (dari tulang pipi satu ke yang lain). Rasio idealnya adalah 1,618:1.

Proporsi Wajah Golden Ratio

  • Proporsi wajah yang ideal adalah ketika dibagi menjadi tiga bidang ukurannya adalah 1/3 bagian atas (dahi sampai alis), 1/3 bagian tengah (alis sampai bagian bawah hidung), dan 1/3 (bagian bawah hidung sampai dagu).

Proporsi Wajah Golden Ratio

  • Melihat kesimetrisan antara wajah bagian kanan dan kiri.
  • Esthetic line dengan menarik garis dari dagu mengenai bibir dan ujung hidung.

Kriteria di atas ini adalah kriteria yang berlaku pada semua ras di dunia. Namun selain itu ada juga perspektif berbeda yang dibentuk oleh media dan ekspektasi publik dari masing-masing budaya atau negara.

Misalnya di negara Eropa mereka lebih menyukai wajah yang pipinya lebih kopong, seperti wajah Angelina Jolie. Sedangkan menurut orang Asia wajah yang seperti itu malah terlihat jadi peyot. Orang Asia lebih suka wajah yang berisi tapi tirus.

Proporsi Wajah Golden Ratio

Hal tersebut juga terlihat jelas berdasarkan survey bahwa sebanyak 67% orang Asia menganggap bentuk wajah oval adalah bentuk wajah yang paling ideal.

Atas dasar-dasar pedoman di atas jugalah hingga akhirnya terpilih wakil wajah paling proporsional di Indonesia yaitu Miya Alexa.

Proporsi Wajah Golden Ratio

Miya yang berprofesi sebagai MC profesional ini dianggap memiliki wajah yang proporsional sekaligus memiliki ciri khas wajah wanita Indonesia yang eksotis. Dengan gelar ini Miya disejajarkan dengan 9 orang wanita lain yang dinobatkan sebagai pemilik wajah proporsional di negaranya masing-masing.

Lihat sendiri kan wajah Miya dari sudut manapun terlihat menarik.

FUNGSI PROPORSI WAJAH DALAM DUNIA KECANTIKAN

Proporsi Wajah Golden Ratio

Untuk level kontes kecantikan memang wajah menjadi salah satu faktor penentu dalam penilaian. Bagaimana dengan kehidupan kita sehari-hari? Perlu gak sih sampai harus tau wajah kita proporsional apa engga?

Menurut Mbak Affi Assegaf, yang merupakan co-founder Female Daily Network sekaligus juri MAAT Golden Ratio Search bahwa penting sekali untuk wanita mengetahui proporsi wajahnya sendiri.

“Tidak usah (kalau) kita mau melakukan treatment kecantikan aja, mengenali bentuk wajah kita dan wajah yang proporsional itu penting karena sebenarnya akan membantu kita (dalam kehidupan sehari-hari). Misalnya (saat) mencari kaca mata yang sesuai dengan bentuk wajah kita, mencari bentuk alis yang pas, mengaplikasikan eye shadow, blush on, dan masih banyak lagi,” – Affi Assegaf.

Saya sendiri merasakan sekali perbedaan bentuk wajah juga bisa berbeda gaya makeup-nya jika dilakukan pada wajah yang berbeda. Contohnya saat saya mendandani bagian mata mama dengan gaya makeup mata saya, ternyata mata mama malah kelihatan lebih kecil. Setelah dilihat-lihat memang bentuk wajah mama saya jauh beda dengan wajah saya.

Apalagi yang makeup artist, ilmu ini sebenarnya cukup penting jika ingin menghasilkan riasan yang lebih precise. Contohnya saat mencari bagian lengkungan pada alis. Ingat kan kalau bentuk alis itu menjadi penentu wajah. Saya pernah curhat juga masalah ini di YouTube. Tonton deh di video kesalahan bermakeup ini.


Proporsi Wajah Golden Ratio

Well, ternyata menghadiri acara ini tidak seperti yang saya pikirkan pada awalnya. Golden Ratio hanyalah pedoman untuk mendapatkan wajah yang proporsional sehingga bisa terlihat lebih menarik.

Tinggal pilihannya di pribadi masing-masing, mau mengubahnya dengan aesthetic treatment yang lebih tahan lama atau dengan bantuan makeup.

Kalau saya sih pilih pakai makeup aja deh. Kalau kamu? 🙂

4 Comments

    • Lia 19/12/2017
  1. Anggi Fitri Anggraeni 16/09/2018
    • Lia 17/09/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: