Money

Etika Dalam Berutang Yang Perlu Kamu Ketahui

“Sist, pinjem uang lo dulu ya. Gw belom ke ATM”

“Bro, gw gak ada duit kecil nih. Pake uang lo dulu ya”

Lalu kemudian lupa blassss bayar utangnya………

Etika Utang

Trus muka temen lo yang diutangin jadi kayak gini >.<


Sering gak sih ngalamin kejadian kayak di atas? Saya sering melihat beberapa orang yang memang punya perilaku seperti itu. Entah pura-pura lupa, atau memang lupa beneran.

Eits, harus hati-hati nih. Jangan-jangan saya juga terasuk ke dalam orang yang berperilaku seperti itu.

Memang terkadang ada pihak yang dipinjamkan biasanya merasa sungkan untuk menagih. Apalagi orang yang bilangnya pinjam berutang adalah orang yang lebih dihormati.

Kalo udah kayak gini sebenernya yang enak yang berutang dong? Serasa dibayarin. Apalagi gak perlu keluar duit.

…..

…..

…..

WAHAI KAWAN-KAWAN JANGAN LUPA! SELAMA KITA MASIH BERUTANG, MAKA UTANG ITU AKAN ADA SELAMANYA! (eh maap, kepencet capslock-nya).

Bukan mau sok menggurui atau sok tahu, tapi ini juga salah satu reminder buat saya untuk tidak berhutang kepada siapapun. Karena selain merugikan pihak yang kita hutangi, kita juga seperti punya hal yang mengganjal. Ibarat di finance tuh, masih banyak pembayaran yang pending #yaelah.

Walaupun terkadang susah dan sering lupa, tapi kita bisa kok dijalanin. Hanya perlu saja kita ketahui etikanya.

Berikut saya akan coba tuliskan beberapa cara yang saya lakukan terkait dengan urusan utang:

  • Sebisa mungkin hindari berutang dengan orang lain dengan menyiapkan uang pas. Misalnya kita sudah tahu budget makan siang di kantor itu berapa. Maka siapkan uang yang pas, termasuk pecahan-pecahannya.
  • Jika ada tagihan yang tidak terduga seperti patungan kado teman, uang duka, dan lainnya usahakan jangan meminjam kepada teman lain untuk menalangi terlebih dahulu. Dengan seperti itu biasanya saya lebih ingat dan langsung buru-buru ke ATM. Kalau saya minta ditalangi dulu, rasanya task-nya sudah selesai karena sudah dibayar sama orang. Kalian ngerasa gitu ga?
  • Biasanya dalam soal patungan, ada orang yang menalangi total biaya terlebih dahulu. Jika kalian bukan orang yang menalangi, lakukan inisiatif untuk menjadi “tukang tagih”. Biasanya yang nalangin itu suka rada gak enakan (eh, apa saya doang yang ga enakan?). Kalau ada tukang tagih, bisa tercatat siapa yang sudah bayar dan siapa yang belum dan lebih leluasa untuk nagihnya.
  • Jika memang terpaksa harus berutang, jangan lupa dicatat. Jadikan prioritas supaya utang terbayar segera.
  • Yang paling penting, jangan pernah pinjam uang untuk hal yang memang kita tidak sanggup membayarnya. Apalagi pinjam kartu kredit temen bahkan cicil pembayaran ke teman. It’s a big No-No!

Itulah beberapa cara yang saya lakukan agar terhindar dari utang.

Lalu bagaimana soal utang kartu kredit? Saya sudah pernah membahasnya dalam postingan “Bijaksana Dalam Berutang”, dimana saya sendiri tidak anti dengan kartu kredit. Hanya saja saya punya prinsip dalam berutang dengan kartu kredit yang kurang lebih sama dengan berutang dengan orang lain.

Apakah kalian juga punya tips atau cara untuk menghindari berutang dengan orang lain? Share juga yuk di sini.


Tulisan dibuat untuk mengikuti Collaborative Blogging KEB dengan tema Bayarlah Utangmu Sebelum Ditagih. Tulisan dengan tema yang sama sudah ditulis oleh Mak Haeriah Syamsuddin, lho!

34 Comments

  1. Nur Islah 26/09/2016
    • Lia 26/09/2016
  2. Inayah 26/09/2016
    • Lia 26/09/2016
  3. mysukmana 26/09/2016
    • Lia 26/09/2016
  4. adelinatampubolon 26/09/2016
    • Lia 26/09/2016
  5. Diah Kusumastuti 26/09/2016
    • Lia 26/09/2016
  6. Ratna Dewi 26/09/2016
    • Lia 26/09/2016
      • Ratna Dewi 28/09/2016
  7. Anne Adzkia 26/09/2016
    • Lia 26/09/2016
  8. Nuno 26/09/2016
    • Lia 26/09/2016
  9. Hastira 27/09/2016
    • Lia 27/09/2016
  10. nyonyasepatu 27/09/2016
    • Lia 27/09/2016
  11. Diah 28/09/2016
    • Lia 02/10/2016
  12. Ranny 01/10/2016
    • Lia 02/10/2016
    • Lia 07/10/2016
  13. nia nastiti 03/10/2016
    • Lia 07/10/2016
  14. Sandra 03/10/2016
    • Lia 07/10/2016
  15. Kartes 15/10/2016
  16. Rahma 05/01/2018
    • Lia 08/01/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: