Kenali Dosa-Dosa Dalam Dunia Kecantikan Ini. Mana Dosa Yang Kamu Sering Lakukan?

Duile judulnya ngeri-ngeri sedap! Bukan bermaksud nakutin sih, cuma ini jadi reminder saya biar gak ngelakuin dosa-dosa dalam dunia kecantikan ini.

Sebagai wanita yang mengerti tentang pentingnya merawat kulit, saya yakin banget temen-temen pasti sudah hapal urutan membersihkan muka. Lalu harus pakai produk apa saja sebelum tidur. Bahkan sebagian besar dari kita ogah keluar rumah kalau belum pakai sunscreen.

Tunggu, apa sebenarnya kalian belum tau juga tentang apa saja yang saya baru sebutkan barusan? *Menghela nafas*

It’s okay kalau belum tahu. Tapi ini saatnya kalian perlu tahu dan melakukannya dari sekarang. Sebelum semuanya terlambat dan menyadari kalau waktu tidak bisa diulang kembali. #ceileh

Nah, kalau yang sudah tahu saya mau tanya. Apakah kalian sering melakukan hal-hal yang sudah tau kalau itu dilarang namun tetap dilakukan? I know how it feels. Guilty pleasure itu emang kadang bikin galau. Dilakuin salah, gak dilakuin kok penasaran. Duh!

Yuk sekarang kita lihat dosa-dosa dalam dunia kecantikan yang mungkin saja kamu pernah lakukan:

TIDAK MEMBERSIHKAN MUKA SEBELUM TIDUR

Di beberapa tulisan atau video saya ada lho orang yang bilang kalau dia gak pernah cuci muka sebelum tidur. Dan tidak ada masalah apa-apa.

I ENVY YOU…… *mata melotot*

Bingung juga sih kenapa ada orang yang bisa banget tidur tanpa harus melakukan ritual yang cukup panjang, sementara di ujung sana ada banyak perempuan yang sudah membersihkan muka dengan telaten dan besokannya tetep aja jerawat.

via GIPHY

Tapi, bukan berarti saya juga mau nekat gak bersihin muka sih. Soalnya saya yakin kalau dengan membersihkan muka kulit akan menjadi bersih terbebas dari kotoran. Mungkin saja saya memiliki tipe kulit yang sensitif sehingga ada faktor lain yang membuat saya wajib untuk tetap menjaga kondisi kulit agar bersih.

Dan saya juga menyarankan hal yang sama kepada teman-teman. Walaupun sengantuk apapun, secapek apapun, tetaplah membersihkan muka. Toh sekarang kan sudah ada micellar water yang mempermudah kita untuk membersihkan muka dalam waktu singat.

Ini cara saya membersihkan muka sehari-hari:

TIDAK MEMBERSIHKAN BUSA SABUN DI SEKELILING WAJAH

Pernah gak sih bingung kok di kulit dekat kuping atau dekat dengan akar rambut kok banyak jerawat kecil-kecil. Saya pernah dan sampai sekarang masih suka keluar.

Selidik punya selidik, ternyata salah satu penyebabnya adalah tidak membersihkan wajah dari busa sabun dengan benar. Jadi sisa busa yang masih menempel bisa saja menjadi penyebab kulit ngambek.

Oh iya, ngomong-ngomong soal jerawat di kuping, rajin-rajin bersihkan gagang telepon juga ya. Karena disitulah juga sarang bakteri menumpuk.

TIDAK MENGGUNAKAN LIP BALM

Dosa Kecantikan

Banyak perempuan yang mengeluh bibirnya kering saat menggunakan lip cream. Pertanyaan saya cuma satu, “pakai pelembap bibir ga?”. And you know the answer. Sudah pasti engga.

Banyak juga yang menolak menggunakan lip balm dengan alasan bibir berminyak seperti abis makan gorengan. Tips dari saya cuma 3:

  1. Pilih produk yang tepat dan cocok. Kalian bisa lihat review lip balm di blog ini.
  2. Gunakan saat sebelum tidur. I don’t mind to have an oily lips, because I go to sleep. I don’t feel weird at all. Rasakan deh perbedaanya di pagi hari.
  3. Sebelum menggunakan lipstik, 30 menit sebelumnya saya sudah pakai lip balm. Saat mau mengulas lipstick, baru di tap dengan tissue agar tidak ada minyak berlebihan. Bibir sudah moist.

MENCUCI MUKA LEBIH DARI DUA KALI

Masih punya pemikiran kalau mencuci muka lebih sering itu bisa mengurangi minyak?

Honey, it’s all wrong.

Mungkin kalau kulit kita itu barang, semakin dibersihkan ya pasti jadi makin kinclong dong. Tapi kenyataannya kulit kita itu bukan benda mati yang gak punya pori-pori. Kulit kita dengan sendirinya dapat memproduksi minyak.

Kadar minyak di dalam kulit kita itu cerdas lho. Minyak dalam kulit pada dasarnya mengeluarkan minyak alami untuk melembapkan kulit. Namun pada kenyataannya kita terkadang suka abusive dengan kulit sehingga minyak di dalam kulit bingung.

Dalam kasus mencuci muka lebih dari dua kali, kulit jadi terasa lebih kering karena bolak-balik diangkat kadar minyaknya oleh sabun muka kita. Minyak pun memberikan sinyal bahwa kulit membutuhkan kadar minyak berlebih agar kulit tidak kering.

Dan hasilnya, jadilah kulit kita kayak kilang minyak. Tinggal tunggu deh jerawatnya muncul. Hiks :'(

Dosa Kecantikan

So, jangan sering-sering mencuci muka ya. Cukup 2 kali sehari. Kalau di siang hari terasa berminyak, bisa di tap ke tissue untuk menghilangkan minyak di wajah.

MEMENCET JERAWAT

Hayo ngaku siapa yang suka mencet jerawat??? 😀

Saya sih sering. Soalnya gemes banget ngeliat jendolan di atas kulit. Dan berujung menyesal saat si jerawat udah keluar. Apalagi kalau bukan karena bekasnya.

Walaupun sebenarnya ada berbagai cara memencet jerawat agar tidak berbekas, tapi memang yang paling penting adalah tidak memegang jerawat dengan tangan yang kotor. Dan nasehat yang paling penting sekaligus menyebalkan saat merawat jerawat adalah, SABAR. >.<

Oh iya, ada juga satu cara lagi untuk mengangkat jerawat terutama yang matanya sudah keluar. Bisa menggunakan acne patch yang sekarang lagi banyak dicoba itu. Saya juga bakalan coba, nanti saya share ya hasilnya 😀


Lalu, sudah dihitung berapa banyak dosa yang kamu lakukan berdasarkan list di atas? Semoga gak ada satupun ya. Yah kalo sekali-kali boleh lah, asal jangan nyesel aja. Kadang kan kesalahan itu bisa jadi pelajaran berharga buat kita kan? Hihihi.

See you in the next post. Kasih tau saya ya mau bahas tema apa di post selanjutnya 🙂

41 thoughts on “Kenali Dosa-Dosa Dalam Dunia Kecantikan Ini. Mana Dosa Yang Kamu Sering Lakukan?

        1. Wahhh enak nih bisa tahan godaan. Aku sih susah hahaha. Jadi suka ga mau liat kaca kalo lagi jerawat, biar ga gatel pengen pegang2. ?

  1. Aku dong pernah ga cuci muka malam dan esok pagi jedal jedol -_-” terus juga dosa yg ga bisa ilang itu ya pencetin jerawat yg ada matanya, rasanya kalau udah keluar itu lega tapi nyesalnya itu banyak bekas jerawat dan scar ? tp tetap aja demen banget ini tangan pencetin kalau liat jerawat. Duhh .~ kebiasaan yg ga bisa ilang. ?

    http://www.rima-angel.com

  2. Kalo saya sih lebih tepatnya wajib membersihkan wajah setelah beraktivitas dan pake makeup. Tidur masih menyisakan makeup membuat wajah berjerawat keesokan harinya.

    Sayangnya dari ‘dosa-dosa’ dalam postingan ini, dosa yang kadang-kadang masih saya lakukan adalah memencet jerawat. Guilty pleasure banget Hehehe

    Nice post Kak!

  3. Saya lebih tepatnya sih wajib membersihkan wajah setelah beraktivitas dan pake makeup. Kalo enggak ya siap-siap besoknya wajah berjerawat.

    Dari semua ‘dosa’ di post ini, dosa yang kadang-kadang masih saya lakukan adalah memencet jerawat hehehe

    Nice post Kak!

  4. Aku sekarang lg penasaran nih pengen nyobain acne patch, kmrn ke Guardian ditawarin produknya Derma Angel itu. Katanya bagus banget hihihi 😀

  5. Kalo aku seringnya megangin komeo di idung, sampe kulitnya ngelupas. Sumpaaaah itu tanpa sadar bisa ga berhenti2 tanganku smpe puas kulitnya ngelupas semua ?

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)