Cetaphil: Perawatan Kulit Simpel Saat Traveling

Salah satu tradisi yang tidak bisa dilewatkan saat berlebaran di Indonesia adalah pergi mudik. Khususnya untuk para pendatang ibu kota yang tidak mau melewatkan kesempatan untuk mengunjungi kota asal yang hanya terjadi setahun sekali.

Mudik sendiri bukanlah hal yang simpel. Ada banyak hal yang harus disiapkan agar libur lebaran berjalan lancar dan menyenangkan.

Bagi pemudik, ada beberapa hal yang harus disiapkan, seperti:

  • Pakaian yang nyaman dan cukup
  • Obat-obatan
  • Makanan selama diperjalanan ataupun yang akan dibawa untuk oleh-oleh
  • Perawatan kulit

Saya tidak akan membahas 3 hal teratas yang harus disiapkan. Untuk tulisan ini saya akan membahas tentang perawatan kulit baik wajah maupun badan.

PERAWATAN KULIT SELAMA MUDIK

Perlu diketahui bahwa perjalanan mudik itu memang jauh dari rumah, tapi bukan berarti ritual perawatan kulit juga harus terhenti. Justru kita harus ekstra hati-hati karena daerah yang akan kita kunjungi besar kemungkinan akan berbeda iklim dan cuacanya dengan domisili tinggal kita.

Belum lagi bisa saja kondisi airnya yang kurang bagus atau sulit menemukan air bersih yang banyak.

Gak lucu kan sehabis mudik muka malah kusam tidak terawat?

Dari semua langkah-langkah perawatan kulit, Cleansing (membersihkan kulit dari kotoran)-lah proses yang paling penting dilakukan. Sehingga sangat perlu menggunakan produk yang cocok dengan kulit serta mampu bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya.

Masalah membersihkan kulit yang biasanya sering muncul saat berpergian jauh atau dalam kasus ini mudik, adalah kondisi lingkungan yang berbeda sering memicu kulit menjadi lebih sensitif. Apalagi kalau saya berada di tempat yang dingin, langsung deh kulit jadi super kering dan parahnya bisa ada rasa sakit nyelekit di seluruh tubuh.

Terkadang juga saya membawa segala produk skin care agar tidak ada yang terlupa. Efeknya adalah bawaan saya jadi tambah banyak. Gak efisien banget!

CETAPHIL GENTLE SKIN CLEANSER

Beberapa waktu yang lalu teman saya bercerita kalau dia baru saja pergi ke dokter kulit. Bedanya dokter kulit ini dengan yang lain adalah produk perawatan kulitnya tidak semuanya racikan dokter sendiri. Beberapa menggunakan produk yang sudah ada di pasaran.

Ternyata sabun muka yang disarankan oleh dokternya itu adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Dan berdasarkan testimoni dan pengalaman teman saya itu, produk pembersih wajah ini sangat bagus dan cocok untuk kulit bermasalah (teman saya ke dokter kulit untuk mengatasi jerawat).

Berkat informasi itu, sukses deh saya terayu untuk mencoba produknya. Ditambah lagi kok kayaknya gayung bersambut ya pas Guardian ngasih promo tambah IDR 1.000,- saya bisa mendapatkan produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser 2 buah seharga IDR 115.900,- untuk kemasan 125ml.

Dan dimulailah perjalanan saya menggunakan produk ini…

PERAWATAN PRAKTIS BERSAMA CETAPHIL

Setelah memakai produk ini selama lebih dari 1 bulan, saya mengetahui bahwa produk ini bisa dibilang all in one benefit. Dan saya merekomendasikan untuk digunakan dan dibawa saat mudik ataupun traveling.

Alasannya adalah:

  • Bisa digunakan pada wajah, tanpa atau dengan air.
  • Bisa digunakan untuk seluruh tubuh, atau sebagai pengganti sabun mandi.
  • Bisa juga digunakan untuk bayi.

Lihatkan! Cukup bawa satu pembersih kulit dan kita siap mudik atau traveling tanpa was-was kulit kita terlupakan walaupun sedang tidak di rumah.

TENTANG CETAPHIL GENTLE SKIN CLEANSER

Kalau kalian sering membaca atau menonton video dari beauty blogger dan vlogger, khususnya yang bercerita tentang jerawat atau kulit sensitif, pasti sering lihat produk ini muncul sebagai produk andalan.

Wajar saja karena produk ini merupakan produk yang diformulasikan bahan-bahannya oleh dermatologist sebagai produk yang bisa digunakan untuk segala jenis kulit. Sejak dikembangkan dari tahun 1947, memang produk ini sudah menjadi rekomendasi para dokter kulit (ingat kan cerita teman saya tadi?).

Yuk kita bahas satu-satu tentang produknya:

KEMASAN

Produk ini memiliki dua jenis ukuran botol. Yang ukuran 1000ml dan 473ml berbentuk pump. Sedangkan ukuran 125ml hanya berbentuk tutup flip-flop.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Desainnya yang didominasi warna biru dan putih ini mencerminkan produk yang higienis.

Tidak perlu khawatir juga, di bagian belakang kemasan sudah ada nomor BPOM sehingga sudah aman digunakan di Indonesia.

TEKSTUR

Yang membuat produk yang dibuat di Kanada berbeda adalah teksturnya yang kental, namun tidak menghasilkan busa. Ternyata produknya juga sudah diatur sehingga pH-nya seimbang.

Pantas saja, cocok untuk kulit sensitif direkomendasikan untuk mencoba produk ini. Habisnya sering sekali saya mencoba produk yang memiliki busa banyak sehingga menghilangkan kadar minyak pada kulit. Akibatnya kulit seperti ketarik.

Karena tidak berbusa juga, cara pemakaiannya juga berbeda. Dapat digunakan dengan mengusapkan langsung ke kulit, baru dibilas dengan air. Atau juga bisa tidak menggunakan air, melainkan dibasuh dengan handuk atau kapas (untuk muka). Praktis kan?

KANDUNGAN

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Purified Water, Cetyl Alcohol, Propylene Glycol, Sodium Lauryl Sulfate, Stearyl Alcohol, Methyl Hydroxybenzoate, Propyl Hydroxybenzoate, Butyl Hydroxybenzoate.

WANGI & WARNA

Wanginya seperti obat, namun tidak kencang. Jadi tidak masalah. Sedangkan warnanya adalah putih kental.

KESIMPULAN

Selain cocok untuk digunakan pemilik kulit sensitif dan berjerawat, produk ini bisa digunakan oleh siapapun dari anak-anak ataupun orang dewasa. Pemakaiannya juga dapat digunakan setiap hari.

Melihat fungsinya, saya juga merekomendasikan produk ini untuk dibawa saat traveling demi menghemat waktu dan juga barang bawaan. Ukuran 125ml sangat tepat dibawa saat berpergian.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Namun kekurangannya adalah harganya yang cukup mahal untuk saya. Untuk ukuran 125ml saja sudah berada di atas IDR 100.000-an.

Tips dari saya supaya hemat adalah:

  1. Pakainya irit-irit. Hihihi.
  2. Cek diskon di drugstore. Saat ini sedang ada promo tambah IDR 1.000,- untuk 2 buah Cetaphil Skin Cleanser ukuran 500ml seharga IDR 225.900,-. Lumayan kan buat stok 😀

Bagaimana? Sudah siap untuk berangkat mudik? Semoga kulit tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya ya walaupun sedang berpergian.

Disclosure: Produk pada tulisan ini diberikan kepada saya berupa sampel produk untuk dicoba dan direview. Opini dan sudut pandang yang ditulis murni merupakan pendapat saya. Silahkan baca ini untuk lebih lanjut.

12 thoughts on “Cetaphil: Perawatan Kulit Simpel Saat Traveling

    1. Aku pake sekarang cuma malem aja sebagai pengganti cleansing milk. Udah dari pas acara kita yang di MKG masih ada setengahnya deh kayaknya. Lumayan awet sih.

  1. kulitku sbnrnya g bermasalah..tapi aku penasaran ama produk ini kalo dipakai tanpa air utk ngebersihin.. pgn tau aja, apa bnr terasa bersih hanya diusap kapas :).. ntr mw cari ah..

    eh mba, tp ditulis tidk mngandung sabun.. cm aku baca kok ttp ada kandungan SLS nya ya.. itu bukannya sabun? kalo ga salah loh ya..

    1. Iya, Mbak. Itupun yang agak bingung. Biasanya kan SLS itu yang bikin busa pada sabun ya. Tapi ini bener-bener gak ada sabun sama sekali walaupun di ingredientsnya ada SLS.

      Buat sebagian orang yang terbiasa pakai sabun pasti ngerasa aneh sama sabun ini.

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)