Short Travel Videography 2.0: Cara Praktis Membuat Video Travel

Sebuah colekan dari Mas Teguh Sudarisman di Facebook membuat saya semangat untuk dapat terpilih dan menghadiri acara Short Travel Videography 2.0 yang diadakan di Aston Rasuna.

Beruntungnya saya kembali menjadi satu orang dari 20 peserta terpilih untuk mengikuti mini workshop lanjutan arahan Mas Teguh.

Jika sebelumnya saya belajar untuk mengambil gambar makanan dari Mbak Marisa Djemat, kali ini saya belajar untuk mengambil video serta mengeditnya hanya melalui smart phone saja.

Gak percaya kan kalau hanya dengan smart phone kita sudah bisa mengambil gambar, edit, serta share di social media kita. Praktis dan tidak banyak memakan waktu.

BELAJAR MEMBUAT VIDEO TRAVEL DENGAN SMARTPHONE

Pada workshop kali ini kami mendapatkan sharing ilmu dari Kang Dudi. Kang Dudi awalnya banyak mengambil gambar menggunakan kamera, namun sekarang sudah mahir menggunakan smart phone dalam mengambil gambar untuk traveling.

Lalu pertanyaannya kenapa sih menggunakan smart phone? Kan ada kamera yang bagus dan juga bisa edit di PC.

Menurut Kang Dudi, menggunakan smart phone lebih ringkas dan murah. Lagipula hampir selalu kita menggenggam smart phone. Sehingga memungkinkan mengambil momen yang pas kapanpun. DItambah lagi, kemampuan smart phone jaman sekarang yang sudah mampu merekam dengan kualitas full-HD dan suara stereo. Lalu mau apa lagi? 🙂

Menurutnya, kita perlu memiliki 4 kemampuan untuk membuat video travel dengan menggunakan smart phone:

  1. Mampu mengoperasikan smart phone
  2. Mampu mengedit
  3. Mampu membuat naskah
  4. Mampu menyebarkan

 Jika sudah memiliki kemampuan ini dipastikan proses pembuatan video travel pasti akan lebih mudah.

Smartphone Videography with Teguh Sudarisman
Suasana Mini Workshop

PERALATAN

Selanjutnya adalah harus juga memiliki peralatan yang memadai. Dalam hal ini tidak semua alat yang disebutkan harus ada. Namun apabila lengkap, maka akan lebih maksimal dalam membuat video.

  • Smart phone. Sudah pasti karena ini adalah alat utama dalam pembuatan video. Selain untuk mengambil gambar, smart phone juga digunakan untuk mengedit dan juga menyebarluaskan hasil video.
  • Tripod/Monopod/Tongsis/Steady Cam. Alat ini digunakan untuk membuat hasil gambar stabil dan tidak goyang. Saya sendiri punya tripod untuk keperluan kamera DSLR dan juga ternyata bisa digunakan untuk smart phone juga (menggunakan holder L untuk menaruh smart phone di tripod). Tripod juga akan sangat membantu untuk mengambil gambar dengan metode time lapse. Jika punya budget lebih besar, bisa membeli steady cam yang tentu hasil pengambilan gambar akan terlihat lebih mulus.
  • Remote Control/Tomsis. Alat ini memberikan kemudahan untuk menekan tombol record dari jarak jauh.
  • Holder Tripod.
  • Microphone tambahan.
  • Voice recorder.

TEKNIK MENGAMBIL GAMBAR

  • Close-up muka
  • Close-up aktivitas
  • Wide shot
  • Side shot
  • Over-the-shoulder shot

Syut selama 10 detik per gambar. Tahan nafas untuk mencegah gambar goyang (khususnya yang sedang tidak pakai tripod).

Sebelum selesai syuting, cek dulu hasilnya. Jika memang ada yang kurang bagus, maka ulangi kembali.

BAHAN MATERI EDITING

Setelah mengambil gambar, saatnya untuk menyiapkan naskah dan materi untuk membuat hasil video yang baik dan dapat dinikmati penonton.

Pertama-tama siapkan hasil rekaman video. Pilih hasil yang baik, tidak goyang, dan juga menarik.

Selanjutnya siapkan musik latar dan juga back sound yang dapat mendukung video. Materi ini dapat dicari di YouTube, Bensound, Free Music Archive, Josh Woodward, dan masih banyak lagi. Tapi wajib perhatikan apakah perlu menampilkan credits kepada web-nya atau tidak ya.

APLIKASI EDIT VIDEO UNTUK SMART PHONE

Pada materi ini kami dijelaskan oleh Mas Teguh yang sudah sering menggunakan aplikasi editor untuk video.

Aplikasi yang direkomendasi Mas Teguh adalah Power Director. Saya sendiri tidak mendapatkan kesulitan saat menggunakan Power Director untuk meng-edit video yang baru saja diambil. Kekurangan Power Director hanya sedikit, sisanya hampir sama seperti aplikasi editing lainnya.

Smartphone Videography with Teguh Sudarisman
Bartian Serius Meng-edit Video

Selain itu bisa juga menggunakan aplikasi Legend. Legend ini merupakan aplikasi yang dapat membuat tulisan fancy sebagai pembuka atau penutup video. Hal ini membantu menutupi kekurangan yang ada pada Power Director.

Jadi jangan ragu gunakan beberapa aplikasi untuk membuat video yang menarik dan bagus.

HUNTING VIDEO TRAVEL DI ASTON RASUNA

Mau lihat hasil editing saya menggunakan Power Director? Bisa lihat video ini ya:

Jadi ceritanya kami dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencari gambar menarik tentang Aston Rasuna. Kebetulan kelompok saya, Mbak Oline, dan PutriKPM adalah mengambil gambar tentang aktivitas House Keeping di Aston Rasuna.

Di sini kami memperlihatkan cara kerja Aston Rasuna untuk memberikan pelayanan kamar yang baik dan rapi. Dimulai dengan proses penyiapan handuk bersih, sampai masuk ke kamar untuk membersihkan barang-barang yang ada di dalam kamar.

Smartphone Videography with Teguh Sudarisman
Suasana Pengambilan Video

Saya berharap dengan video ini dapat menampilkan kerapihan Aston Rasuna kepada penonton, sehingga tertarik untuk menginap di sini.

Gimana, sudah oke belom? 🙂

Baca juga: Tips Menghasilkan Foto Instagrammable


 

Smartphone Videography with Teguh Sudarisman
Pemenang Lomba Social Media
Smartphone Videography with Teguh Sudarisman
Pemenang Lomba Video

Itu dia sharing saya tentang ilmu yang kemarin didapat dalam Short Travel Videography 2.0 yang diadakan di Aston Rasuna.

Setelah dari workshop ini saya jadi semangat untuk segera membeli HP baru! Lho! Hehehe. Maksudnya setelah beli HP baru nanti semakin semangat untuk mendokumentasikan semua perjalanan dan aktivitas saya.

Ditambah lagi, semakin banyak video yang akan saya tampilkan di YouTube Channel saya: Lia Harahap, karena meng-edit video jadi mudah hanya menggunakan smart phone saja.

Siapa yang setuju saya beli HP baru lagi??? :’D

16 thoughts on “Short Travel Videography 2.0: Cara Praktis Membuat Video Travel

  1. sekarang edit video jadi lebih mudah ya bisa pake smartphone,hasilnya juga bagus lagi.
    jadi makin serius belajar kalau kayak gini mah. hehe

  2. halo. salam kenal ya Mba Lia.
    Wah, aku belum pernah editing dan ambil footage pakai smartphone. selalu pakai kamera.
    karena utk nyari smartphone yg bagus stabilzerny masih susah. baru samsung s7 yg keren. heehe

  3. waduh, telat abis…. kemaren baru aja bikin video pake HP… hasilnya pencahayaan naik turun. harusnya gw baca blog ini dulu yak #Dooooooh

  4. ooh pake Legend ya mbak, pengen juga nih belajar bikin video lbh profesional. Makasih sharingnya ya
    Aku sudah follow youtubenya mbak, ternyata dah byk bgt ya videonya #lirik video sendiri, ahaha jadi malu

  5. Lia mau belajar bikin video.. aku baru bisa edit satu-satuin doang, bingung kasih efek atau cepetin aku belum bisa, kalau ada lagi mau dong ikutan training.. atau aku belajar dari kamu…

  6. Pantesan menang, wong memang bagus gitu ? Aku juga HP user.. tapi akhir-akhir ini udah nggak nyaman produksi pake hape karena batere cepet habis, hape cepet panas dan gampang hang. Pengen banget punya action cam uwuwww

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)