Advertorial Lifestyle Travel

Ini Cara Saya Menyusun Itinerary Untuk Traveling

Di setiap perjalanan liburan selalu ada rasa excited sekaligus pusing saat menyusun itinerary perjalanan. Senang karena artinya perjalanan akan segera dimulai, tapi pusing juga karena harus membuat perjalanan menyenangkan dengan itinerary yang tepat.

Baca terus tulisan ini karena saya akan berbagi cerita bagaimana saya biasanya menyusun itinerary perjalanan.

CARA MENYUSUN ITINERARY

Buat yang selama ini menggunakan jasa travel agent atau tour mungkin itinerary bukanlah yang perlu dipusingkan. Saat saya ke Kuala Lumpur di tahun 2012 semua perjalanan rasanya tinggal terima beres saja karena sudah menggunakan jasa tour. Tapi kalau ditanya saya kemana saja waktu itu, saya tidak ingat jelas sudah pergi kemana saja.

Beda hal ketika saya pergi ke Bangkok di tahun 2014 yang lalu. Semua itinerary saya yang buat. Sampai sekarang saya masih ingat kira-kira urutan itinerary-nya apa saja.

Buat saya selama berpergian dalam jumlah kecil, melakukan perjalanan traveling sendiri tanpa bantuan tour adalah keputusan yang paling tepat. Hanya saja memang ada beban tersendiri ketika ditunjuk sebagai orang terpercaya untuk menyusun itinerary. Because we want to make everybody happy, right?

Sejauh ini saya sudah menemukan resep yang tepat dalam menyusun itinerary perjalanan. Silahkan disimak jika tertarik πŸ™‚

CARI TAHU TEMPAT WISATA YANG AKAN DITUJU

Cara Menyusun Itinerary

Sudah beli tiket pesawat atau tiket kereta api? Sekarang saatnya mencari tahu tempat wisata yang akan dituju. Buat pemula, saran saya untuk mencari tempat-tempat wisata yang populer. Bisa cek di Trip Advisor untuk rekomendasi destinasi populer. Setelah itu buatlah list tempat-tempat yang rencananya akan dikunjungi.

CEK LOKASI WISATA DI PETA

Setelahnya kamu harus mengecek masing-masing lokasi di peta atau google maps. Tujuannya adalah untuk mengetahui dimana letak destinasi dan nantinya bisa kita kelompokkan berdasarkan lokasinya. Syukur-syukur kalau lokasinya berdekatan jadi kita bisa mengunjungi beberapa tempat hanya di dalam satu lokasi.

Biasanya setelah dikelompokkan sudah kelihatan perkiraan bagaimana mengatur perjalanannya dari mulai hari pertama sampai hari terakhir. Biasanya di hari-hari awal saya memilih untuk mendatangi daerah yang lebih jauh dari tempat penginapan.

CARI TAHU TRANSPORTASIΒ 

Last but not least, harus cari tau bagaimana akses untuk pindah dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Apakah mau naik kendaraan umum atau mau sewa kendaraan saja?

Di sini kita juga bisa memperhitungkan berapa banyak sih biaya yang dikeluarkan buat pergi ke suatu tempat. Nanti kalau pilih mau naik transportasi umum jadi bisa bandingkan antara mau beli tiket terusan atau single ticket. Berguna buat atur budget juga kan?

YUK BELAJAR MENYUSUN ITINERARY!

Setelah tau teori di atas pasti kepengen cobain sendiri menyusun itinerary perjalanan kan? Nah sekarang pikirkan negara mana yang mau kamu tuju?

Kalau saya sih selalu keingat akan perkataan Claudia Kaunang si travel expert yang sudah membuat banyak buku perjalanan. Beliau mengatakan bahwa setelah negara Asia Tenggara yang cocok sebagai destinasi traveling untuk traveler pemula, maka saatnya untuk mencoba perjalanan ke negara Asia yang memiliki musim yang lebih banyak.

Salah satu yang paling mudah diingat adalah Negara Korea.

Sebagai pecinta K-World tentu Korea menjadi negara yang suatu saat ingin saya kunjungi juga. Ya maklumlah sehari-hari udah terpapar semua hal tentang Korea dari mulai K-Pop, K-Drama, sampai yang gak bisa saya lepas sampai sekarang yaitu K-Variety Show-nya.

Belum lagi kalau nonton di TV kabel tuh suka ada tourism advertisement yang semakin bikin mupeng untuk bisa kesana dan berpose ala-ala Korean Stars. Ini nih salah satu iklan yang bikin mupeng.

Gimana? Jadi mupeng gak pengen ke Korea?

Nah Jumat, 4 Mei 2018 yang lalu mendapatkan undangan dari Korean Tourism Organization (KTO) untuk menghadiri kampanye terbaru mereka yaitu #AkuDanKorea dan juga sekaligus meluncurkan microsite terbaru mereka www.akudankorea.com.

Aku Dan Korea Website

Aku dan Korea

Kampanye ini dibuat untuk menyediakan informasi yang update terkait dengan kampanye #AkuDanKorea dan tentunya tempat wisata di Korea yang khususnya ditujukan untuk para free independent traveler. Jadi dari microsite ini kamu akan mendapatkan informasi tentang event-event yang berlangsung, rekomendasi wisata, serta penawaran yang menarik.

Microsite ini jadi lebih memudahkan kita untuk menyusun itinerary, bukan? Sekarang yuk kita praktikan cara menyusun itinerary di atas tadi dengan bantuan kampanye #AkuDanKorea.

MENYUSUN ITINERARY KE KOREA

Mau pergi kemana saja?

Untuk menyelesaikan langkah pertama menyusun itinerary ke Korea ini kamu harus jawab pertanyaan dari Lee Jong Suk pada bagian akhir dari video ini:

“What’s your dream trip to Korea?” tanya si ganteng yang kemarin baru main di drama While You Were Sleeping ini.

Di #AkuDanKorea sendiri sudah membagi destinasi tujuan ke Korea berdasarkan tipenya, antara lain Fantasy, Romance, Mystery, Signature, Adventure, Thriller, Documentary, dan Trend Korea. Videonya sendiri bisa kamu lihat di YouTube Channel di atas ya.

Karena saya baru pertama kali ke Korea, maka saya ingin menjelajah ke tempat-tempat khas dari Korea, antara lain yang direkomendasikan adalah Gwanghwamun Gate, Changdeokgung Palace, dan Dongdaemun Design Plaza yang semuanya berada di Seoul.

Yuk cek lokasinya di peta!

Cara Menyusun Itinerary

Setelah dicek di peta ternyata ketiga tempat tadi lokasinya cukup berdekatan! Dari sini juga sudah bisa ditentukan mau berpergian ke tempat tersebut dengan menggunakan kendaraan apa.

Mudah bukan?

REKOMENDASI DESTINASI DI KOREA ALA INFLUENCERS

Aku dan Korea

Masih bingung mau pergi kemana kalau ke Korea? Ini dia rekomendasi destinasi ke Korea ala influencers yang kemarin juga turut hadir dalam acara launching #AkuDanKorea.

  • Janine Intansari merekomendasikan untuk ke area Gangnam atau Myeong-dong untuk mencari produk-produk kecantikan yang harganya bisa lebih murah daripada di Indonesia.
  • Marischka Prudence justru lebih senang ke tempat-tempat yang anti mainstream. Seperti beberapa waktu yang lalu ia dan saudaranya menikmati kota Seoul dengan mengunjungi Animals Cafe (binatangnya kayak Racoon dan Meerkat lho! Unik kan). Atau bisa juga main ke abandoned amusement park yang bernama Yongma Land yang bagus untuk berfoto.
  • Atiqah Hasiholan justru banyak pergi ke Korea untuk urusan pekerjaan. Busanlah yang menjadi kota yang paling ia ingat karena Busan International Film Festival diselenggarakan. (Kalau saya ingatnya Gong Yoo :P)
  • Fifi Alvianto yang sering berpergian dengan keluarga selalu mengutamakan child friendly travel destination, seperti salah satunya adalah Seoul Land untuk bermain anak-anak.

Cara Menyusun Itinerary

Duuuh makin mupeng aja untuk bisa merealisasikan itinerary yang lagi dibuat dehhh. Semoga ada rejekinya ya bisa ke sana.

Ngomong-ngomong soal rejeki, kalian juga bisa ikutan kuis dan photo competition berhadiahkan tiket pesawat PP ke Korea yang informasi lengkapnya bisa dilihat di microsite-nya.

Cara Menyusun Itinerary

Aku dan Korea

Yuk ikutan! πŸ™‚

14 Comments

  1. dessydonat 09/05/2018
    • Lia 13/05/2018
  2. Inayah 09/05/2018
    • Lia 13/05/2018
  3. Sandi Iswahyudi 09/05/2018
    • Lia 13/05/2018
  4. Edwina Hidayah 09/05/2018
    • Lia 13/05/2018
  5. nengmega 14/05/2018
    • Lia 15/05/2018
  6. dekcrayon tata 17/05/2018
    • Lia 20/05/2018
  7. Ersa 18/05/2018
    • Lia 20/05/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: