Lifestyle

Cara Membuat Vlog Dari Bella Panggabean

Disclosure: Tulisan Cara Membuat Vlog ini merupakan event report yang diselenggarakan oleh Bhinneka.com. Baca ini untuk informasi selengkapnya.


Setelah sekian lama bertahan dengan dunia vlog jujur saya punya sifat ambisius tersendiri yang sulit diungkapkan. Kepengennya semakin hari semakin bagus tidak hanya kontennya saja tapi juga kualitasnya.

Maka dari itu saya tidak segan untuk menabung atau pelan-pelan mengumpulkan peralatan vlog untuk membantu kinerja sehari-hari.

Baca juga: 5 Wishlist Peralatan Beauty Blogger dan Blogger

Pernah nonton videonya Agung Hapsah gak? Atau coba deh nonton video-videonya Chandra Liow. Persamaan apa yang kalian temukan dari kedua channel YouTube mereka?

Kalau saya sih jawabannya adalah kualitas gambar yang bagus, sinematografis yang hampir menyamai kelas film di layar lebar, dan konten yang menarik. Padahal yang mereka tayangkan itu hanya cuma di YouTube saja. Tapi bener-bener kasih suguhan yang bagus buat penonton dan subscribers-nya.

Sebagai pecinta keindahan visual, tentu saya ingin suatu saat bisa sampai pada level itu. Entah sendiri ataupun nantinya akan dikerjakan bersama tim.

Jadi sekarang yang harus saya lakukan adalah terus belajar tentang cara membuat vlog. Maka dari itu tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar acara Community Zone Bhinneka.com yang mengadakan acara Talkshow “Cara Buat Video Blogmu Jadi Kekinian” oleh Director of Photography, Bella Panggabean.

SIAPA ITU BELLA PANGGABEAN?

Cara Membuat Vlog Bella Panggabean

Acara yang berlangsung pada Hari Sabtu, 9 Desember 2017 di kantor Bhinneka ini bisa dibilang full class. Penuh sampai ada yang ajak suami dan anaknya juga untuk menemani belajar saat weekend.

Selama proses talkshow pun berjalan lancar. Saya suka sekali dengan cara Bella menyampaikan ilmunya. Tidak terkesan menggurui sama sekali. Selidik punya selidik ternyata selain menjadi Director of Photography, Bella juga pengajar di Universitas Multi Media Nusantara, Binus International, dan Universitas Indonesia.

Berbeda dengan kita… Kitaaa? Hahaha, maksudnya saya. Bella ini banyak berada di belakang layar mengerjakan projek TVC. Makanya ia langsung nyeletuk, “Berasa kayak selebritis yaa di foto hahaha”, saat peserta talkshow (yang semuanya adalah blogger) sibuk ambil foto dirinya.

FYI, tugas Director of Photography (DOP) itu aadalahΒ menerjemahkan naskah dari sutradara menjadi konsep visual. Tugasnya mirip seperti fotografer. Cuma kalau foto itu kan gambar tidak bergerak, nah kalau DOP ini gambar yang bergerak.

Pada saat itu Bella juga kasih lihat hasil-hasil karyanya. Ini salah satu karya yang saya ambil dari YouTube Channel pribadinya:

Gimana? Bagus ya. Cuma gimana caranya bikin video dengan kualitas yang baik seperti ini tapi sendiri tanpa tim?

CARA MEMBUAT VLOG SENDIRI

Kata Bella bisa kok membuat video yang berkualitas sendiri. Apalagi untuk tujuan blogging yang sifatnya personal.

Berikut adalah tips cara membuat vlog yang baik ala Bella Panggabean:

PUNYA CERITA

They make us think, they make us feel. If it’s too bright, they inspire us

Ini adalah kekuatan dari blog/vlog yang sifatnya personal. Di setiap video maka kita harus punya sesuatu yang bisa diceritakan berdasarkan pengalaman sendiri. Dan cerita itu tidak perlu yang ribet, hal kecil pun bisa diceritakan.

Setiap cerita harus punya awal, pertengahan, dan akhir.

Ibaratnya kita lagi buka timeline Facebook, pasti iklan Thailand yang mengharukan itu kan yang bikin kita betah nontonnya (sambil menangis terharu tentunya hehehe)? Dibandingkan dengan video yang gak jelas ceritanya.

Maka dari itu bagi Bella, cerita memegang peranan yang penting dalam sebuah video.

Seperti contoh dalam video yang Bella ambil saat di dalam perjalanannya menuju Sukabumi-Bogor di bawah ini:

Video diambil di dalam kereta dan hanya diambil dari tempat duduknya saja. Namun dengan satu posisi Bella mengambil beberapa angle dan juga beberapa visual yang ia lihat.

Dari sini Bella seakan menceritakan apa yang ia lihat di luar kereta dan apa yang ia lihat di dalam kereta. Semua dilakukan tanpa harus bercerita lewat kata-kata.

Baca juga: Cara Mengembangkan Channel YouTube

PEMILIHAN KATA UNTUK MENYAMPAIKAN INTI VIDEO

Choose your words carefully. The script is the what in the video process, everything else is the how

Ketika membuat video bisa membuat script terlebih dulu untuk mengetahui apa yang akan menjadi fokus kita saat shoot video. Buatlah outline dengan menjawab pertanyaan ini:

  • Apa 3 fokus utama pesan yang ingin disampaikan lewat video? Contohnya saat ingin membuat video dengan tema “Menggunakan Hijab di Acara Formal”. Tulis script-nya apa saja yang ingin disampaikan di video tersebut.
  • Apakah kamu memberikan manfaat untuk penonton lewat video tersebut? Contoh, dengan menonton video cara menggunakan hijab di acara formal, maka penonton akan tahu apa yang boleh dipakai dan tidak boleh dipakai.
  • Apakah kamu menggunakan bahasa yang tepat untuk target penontonmu? Misalnya target penonton adalah wanita dewasa, maka tidak bisa berbicara dengan bahasa gaul anak muda. Nantinya malah dianggap tidak sopan.

BANGUN INTERAKSI

Pernah gak sadar kalau YouTuber sekarang suka ngomong gini, “jangan lupa like, komen, dan subscribe ya!”. Contohnya adalah saya hahahaha! Gak percaya? Makanya mampir dong ke channel YouTube saya πŸ˜€

Menurut Bella pun penting untuk memberitahu ke penonton apa yang kita inginkan dari mereka. Kadang penonton itu juga ga ngeh harus ngapain setelah nonton video hehehehe. Jadi makanya harus kita arahkan dengan kata-kata seperti di atas.

Baca juga: YouTubers Yang Membahas Tentang Jerawat

TEKNIS PENGAMBILAN GAMBAR

Cara Membuat Vlog

Bella mencontohkan teknis pengambilan foto kepada salah satu peserta

Ada beberapa hal teknis yang harus diperhatikan saat mengambil gambar, antara lain:

  • Menggunakan Rules of Composition, seperti Rule of Thirds, foreground, backlighting, dan lainnya.
  • Sisakan ruang di atas kepala. Jangan terlalu luang, dan jangan juga terlalu sempit apalagi ngilangin setengah kepala. Hehehehe.
  • Perhatikan area yang tidak perlu jangan sampai masuk ke dalam video.
  • Jika memungkinkan gunakan mic (wireless mic) agar suara terdengar jelas.
  • Syuting di area yang tenang.
  • Kalau punya lighting kits akan lebih baik. Tapi dengan cahaya matahari yang pas juga sudah oke.

Cara Membuat Vlog

Bella Panggabean bersama Perwakilan dari Bhinneka dot com

Setelah dari acara ini saya tergerak lagi untuk bisa memunculkan ide kreatif agar bisa menghasilkan video yang baik dari segi kualitas maupun visualnya.

Gimana? Setelah ini masih banyak yang pengen tahu tentang cara membuat vlog ga habis ini?

22 Comments

  1. liadjabir 19/12/2017
    • Lia 21/12/2017
  2. Phalupi 20/12/2017
    • Lia 21/12/2017
  3. Ratna Dewi 20/12/2017
    • Lia 21/12/2017
  4. Nathalia DP 21/12/2017
    • Lia 21/12/2017
  5. nova 21/12/2017
    • Lia 21/12/2017
  6. Fiberti 22/12/2017
    • Lia 23/12/2017
  7. Dee Rahma 22/12/2017
    • Lia 23/12/2017
  8. Cilya Marthalena 26/12/2017
    • Lia 26/12/2017
  9. cici desri 27/12/2017
    • Lia 27/12/2017
  10. Uci 27/12/2017
    • Lia 27/12/2017
  11. Nita Lana Faera 03/01/2018
    • Lia 04/01/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: