Cara Memakai Softlens Bagi Pemula

Jika dihitung dalam hitungan tahun, maka kira-kira sudah lebih dari 8 tahun saya menggunakan softlens dalam kehidupan sehari-hari. Saya masih ingat bagaimana sulitnya memakai softlens pertama kali. Untuk itu kali ini saya akan sharing tentang bagaiamana cara memakai softlens bagi pemula.

Disimak ya!

SOFTLENS MEMUDAHKAN SI PENGGUNA KACAMATA

Saya pertama kali menggunakan kacamata ketika kelas 2 SMP. Sejak saat itu dunia serasa berubah dan sempit, karena mau kemana-mana harus pakai kacamata yang jarak pandangnya dibatasi oleh frame kacamata.

Susahnya lagi kalau mau olahraga. Kalau kacamata dilepas gak bisa lihat dengan jelas, tapi kalau pakai kacamata juga bahaya. Terakhir bahkan kacamata saya penyok saat main basket dengan teman. Duh jangan tanya ribetnya gimana kalau mau berenang juga. Bluuur semua shayyy.

Tapi semua berakhir saat dikenalkan softlens oleh mama pada saat tingkat pertama kuliah. Mama yang juga pengguna kacamata sudah lebih dulu mahir memakai softlens.

Akhirnya saya dibelikan softlens warna cokelat untuk belajar pakai softlens. Alasannya adalah kalau beli warna bening khawatir nanti jatuh trus gak kelihatan dimana hilangnya. Hahahaha.

Dulu saat pertama kali memakai softlens benar-benar menghabiskan waktu sampai setengah jam sendiri. Gimana sih rasanya kalau mau masukin benda ke mata? Pasti begitu mau dekat langsung ditutup kan matanya?

Saya juga begitu. Ada rasa takut setiap kali mau memasukkan softlens ke mata.

Tapi itu dulu, sekarang saya sudah mahir menggunakannya. Hanya dalam hitungan detik, softlens sudah berada di posisinya. Tsaaaah!

Tulisan kali ini saya dedikasikan untuk teman-teman yang sampai saat ini tidak tahu dan bingung bagaimana cara memakai softlens. Semoga terbantu yaaa!

CARA MEMAKAI SOFTLENS

Sebelum menggunakan softlens ada baiknya dulu mengetahui softlens apa yang cocok untuk mata kalian. Cari merek yang sudah ada izinnya dari Kementerian Kesehatan. Cari juga yang tidak mudah kering. Pastikan juga diameternya sesuai dengan bola mata atau pilih yang diameternya normal.

Ada beberapa merek softlens yang terkenal bagus untuk pemula, seperti Acuvue atau X2 Bio. Banyak cari tahu aja.

Cara Memasang Softlens

Selanjutnya adalah persiapan alat-alat yang dibutuhkan, seperti:

  • Kotak untuk menaruh softlens. Pastikan kotaknya jangan terlalu kecil dan dapat ditutup dengan rapat. Jika tidak, maka cairan softlens akan gampang keluar dan bisa-bisa softlens kering sebelum waktunya.
  • Cairan softlens
  • Capit jika dibutuhkan.
  • Kaca.

Setelah semuanya siap, baru kita mulai memakai softlens dengan baik:

  1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih. Jangan memelihara kuku yang panjang agar tidak menempel kuman serta tidak merobek softlens.
  2. Lalu taruh softlens ke telapak tangan dan teteskan beberapa cairan ke telapak tangan.
  3. Gunakan jari manis untuk membersihkan permukaan softlens. Ingat, pelan-pelan saja ya.
  4. Angkat softlens ke jari telunjuk untuk siap diletakkan ke bola mata.
  5. Tahan mata dengan jari telunjuk dan jari tengah agar tidak menutup mata.
  6. Masukkan softlens perlahan-lahan ke bola mata. Tarik jari jika softlens sudah menyentuh bola mata.
  7. Kedip-kedip dan gerakan bola mata untuk merasakan apakah softlens sudah berada di posisi yang tepat dan nyaman. Jika belum ambil lagi dengan gerakan mencubit lalu bersihkan seperti pada langkah ke-3. Baru letakkan lagi ke bola mata.
  8. Selesai!

Mudahkan? Hanya perlu praktek dan keberanian. Hehehehe.

Kalau belum jelas dengan langkah-langkah di atas, saya sudah buatkan videonya di YouTube ya!

CARA MERAWAT SOFTLENS

Satu hal lagi yang perlu diingatkan tentang penggunaan softlens adalah kalian perlu hati-hati. Karena mata adalah bagian yang cukup sensitif, jadi softlens tidak disarankan untuk pengguna yang jorok dan malas.

Karena keduanya hanya akan membawa kalian pada malapetaka. Kayaknya sudah sering ya kita mendengar orang yang kena masalah karena memakai softlens.

Seandainya operasi lasik itu murah dan gak menakutkan (buat saya), mungkin saya akan senang sekali tidak harus pakai softlens lagi hahahaha. Tapi untuk sekarang sih harus bersyukur aja dengan keadaan sekarang πŸ™‚

Ini dia cara merawat softlens yang perlu kalian perhatikan:

  • Jangan menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Mata juga perlu istirahat.
  • Teteskan obat tetes mata khusus softlens jika mata mulai kering.
  • Taruh tempat softlens di tempat yang kering dan tidak kena cahaya matahari langsung.
  • Ganti cairan pembersihnya setiap hari.

That’s it for today! Semoga membantu teman-teman yang ingin belajar cara memakai softlens dengan mudah ya.

Oh iya, share dong pengalaman kalian saat memakai softlens bagaimana di kolom komentar yaa πŸ˜€

22 thoughts on “Cara Memakai Softlens Bagi Pemula

  1. Mba, kalau softlensnya nggak dipakai setiap hari, air ditempat softlensnya juga harus diganti setiap hari nggak ya? Aku baru mau mulai pakai softlens nih hehehe

    1. Sebaiknya sih diganti. Atau bisa dijadwalin tiga hari sekali. Yang pasti jangan sampai kering ya. Soalnya saya sering banget nutupnya gak bener, jadi kering :'(

  2. Sejak kuliah sampe kerja saya juga lebih sering pakesoftlens daripada kacamata..
    Tapi setahun yang lalu mulai berhenti soalnya dilarang sama dokter mata karena katanya ada bagian mata yang luka..huhu
    padahal sih perasaan selama ini pake softlens nggak pernah ada masalah..cuman memang beberapa kali pas pake softlens kerasa ada yang ngganjel, walopun nggak sampai bikin mata sakit..akhirnya sekarang nggak pernah pake softlens lagi huhuhu

    1. Sebaiknya jangan sering-sering sih, Mbak. Saya pakai hanya mau pergi ke acara atau pas pesta saja. Biar matanya istirahat.

  3. Aku dulu pake softlens. Tp akhirnya nyerah krn makenya yg susah dan aku ga mahir2 :p. 1 mata bisa 30 menit sendiri wkwkwkw.. Padahl dulu semangat krn adekku pake, dan dia jago, bisa dlm itungan detik..

  4. Hai kak kalopakai softlens apakah mata tidak boleh kena debu?? Kalo aktivitas di luar ruangan gimana tipsnya?

    1. Hai πŸ™‚
      Betul sekali, jangan sampai kena debu. Biasanya nih yang berasa banget itu pas naik motor. Jadi pastikan muka bener-bener ketutup ya. Trus selalu sedia obat tetes matanya. Jadi kalo kering harus langsung dipakai. Jangan juga pakai saat aktivitas yang dekat dengan api.

      Semoga membantu ya πŸ™‚

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)