Beli Tiket Dengan Mudah Untuk Si Gaptek

Selama ini saat saya pergi traveling hampir tidak pernah membeli tiket perjalanan sendiri. Selalu ada teman saya yang membelikan atau staf kantor yang menyelesaikan semua pekerjaan tersebut.

Jadi saya cuma tinggal setor duit atau cukup melenggangkan kaki saja menuju destinasi tujuan.

Ketika merencanakan honeymoon, saya dan suami tidak punya siapa-siapa yang bisa membantu kami memesan tiket perjalanan.

Dan kami berdua memang dikenal gaptek untuk urusan ini. Maka perjalanan kali ini merupakan challenge buat saya (karena tentu saja saya yang memesan) agar bisa memesan tiket perjalanan honeymoon kami dengan lancar.

MEMESAN TIKET PESAWAT DENGAN TRAVELOKA

Dulu memesan tiket pesawat setau saya bisa melalui travel agent atau di maskapainya langsung. Namun kekurangannya adalah saya tidak bisa membandingkan harga antara maskapai satu dengan yang lain. 

Sekarang sudah ada beberapa online travel agent yang websitenya bisa kita akses dengan mudah. Dan kali ini adalah pertama kalinya saya menggunakan traveloka.

Tiket Online

Iiih norak banget deh saya karena baru sekarang cobain website booking tiket ini. Tanpa perlu register pun saya sudah bisa cek perbandingan harga. Kita juga bisa tahu jam berapa, apakah ada transit, dan juga informasi lainnya.

Saya sendiri memilih Air Asia sebagai pesawat untuk perjalanan pulang dari Yogyakarta ke Jakarta. Dengan harga yang lebih murah daripada menggunakan kereta api, saya sudah dapat jatah bagasi sebesar 15kg per orang.

Cara pesannya juga mudah. Tinggal pilih maskapai dan jamnya, lalu akan keluar jumlah biaya yang harus dibayar.

Metode pembayaran yang saya pilih adalah melalui internet banking. Tapi masih banyak metode pembayaran lainnya yang akan memudahkan kita dalam memesan tiket.

Perjalanan Pulang Malah Bawa Gembolan Banyak
Perjalanan Pulang Malah Bawa Gembolan Banyak

Setelah bayar akan ada konfirmasi dari traveloka beserta tiket online-nya. Nantinya cukup menunjukkan tiket online saat check in. Tapi untuk jaga-jaga, saya tetap print di kertas.

MEMESAN TIKET KERETA API DI SITUS KAI

Berbeda dengan perjalanan pulang, saya memilih perjalanan darat dengan kereta saat menuju Yogyakarta.

Apa alasannya? Karena saya belum pernah naik kereta. Hehehehe.

Muka Happy Naik Kereta
Muka Happy Naik Kereta

Berkat rasa penasaran inilah saya juga mengetahui cara pemesanan tiket kereta api secara online.

Saya mengunjungi situs KAI online dan langsung memilih tanggal dan stasiun keberangkatan dan kedatangan.

Pada situs ini pula kita dapat melihat perbandingan harga antara kelas dan juga jam keberangkatan.

Karena perjalanan dari Stasiun Gambir ke Stasiun Tugu Yogyakarta memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan menggunakan kereta eksekutif, maka saya memilih kereta Taksaka Malam.

Saran dari saya untuk memesan tiket kereta adalah sejak jauh-jauh hari atau H-90 keberangkatan. Karena kalau pesan mendekati keberangkatan maka harganya tidak akan jauh beda dengan harga tiket pesawat.

Sama seperti traveloka, setelah memilih kereta dan tanggal keberangkatan maka nanti akan diinformasikan total biayanya. Saya menggunakan metode pembayaran BCA Klik Pay, karena sangat disayangkan metode pembayaran melalui internet banking tidak ada. Tapi kalau mau membayar di ATM juga bisa kok.

Setelah bayar akan ada konfirmasi melalui email serta tiket sementara yang nantinya akan ditukarkan saat di stasiun.

Seperti biasa karena jaga-jaga, saya tetap print di kertas. Walaupun pada kenyataannya saat di Stasiun Gambir kami menukarkan tiket yang sebenarnya pada sebuah mesin. Di mesin ini kita hanya mengetik nomor kode booking, lalu nanti tiketnya akan keluar dari mesin.

Tiket Online

Amazing! Kok saya merasa kece seketika ya waktu itu wkwkwkwk.

MEMILIH KAMAR HOTEL DENGAN MISTER ALADIN

Tidak hanya itu saja, saya juga menggunakan teknologi canggih jaman sekarang dengan memesan kamar hotel di Mister Aladin.

Sebelumnya saya jarang menggunakan Mister Aladin. Saya pernah beberapa kali memesan kamar di pegipegi. Tapi kemarin saya tertarik melihat penawaran harganya karena banyak teman blogger yang bilang kalau harganya lebih murah dibanding yang lain.

Favehotel Yogyakarta

Dan ternyata bener-bener murah banget! Bahkan sampai selisih 200ribu. Tanpa banyak mikir, saya langsung booking hotel melalui situs ini. Cara pembayarannya juga mudah, dan konfirmasinya cepat.

Enak sekali kalau sekarang harga benar-benar transparan, jadi bisa jeli melihat harga yang lebih murah.

Nanti saya akan ceritakan pengalaman menginap di Yogya pada tulisan tersendiri ya 🙂

17 thoughts on “Beli Tiket Dengan Mudah Untuk Si Gaptek

  1. Huwaaaa aciknyaaa yang hanimuuun… akuh jd pengen liburan. Maacih infonya liaa… aku blm pernah pk mister aladin taunya agoda doang. Wkwkwk

  2. Iya asyik banget. Saya juga lebih suka beli tiket apapun di online. Yang hebatnya lagi, harga tiket di traveloka lebih murah daripada di travel agent yang di pinggir jalan. 😀

  3. aku belom pernah nyobain semuaaa XD
    utk KAI biasanya langsung ke situsnya sih, kapan kapan lah nyobain hihi
    lebih mudah sepertinyaa ^^

  4. tiap kali traveling, aku slalu pesen dr situs2 online travel begini mbak :D.. semuanya aku bukain deh, demi bisa melihat perbandingan tiket2nya :D.. skr ini kalo penginapan aku lbh seneng airbnb…. krn banyak nemu yg unik2 yg ga ada di hotel 😀 cobain deh sesekali… trutama kelo pergi ke negara2 yg hotel2nya mahal, airbnb mah sangat menolong harganya.. kalo tiket pesawat, aku srgnya traveloka, walopun kdg2 dpt hrg murah jg kalo book lgs dr website maskapainya 🙂

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)