Belajar Membuat Dessert di InStyle Hongkong’s Blogger Gathering

Saya selalu suka dengan acara yang melibatkan penontonnya untuk turut berpartisipasi meramaikan acara tersebut. Selain gak bosen, saya juga merasakan pengalaman baru yang menyenangkan. 

Hal ini terjadi ketika kemarin datang ke acara InStyle Hong Kong’s Blogger Gathering di Hong Kong Cafe, Thamrin. Selain kita diundang untuk melihat aksi celebrity chef, Walter Kei. Kita juga diajak untuk dapat membuat dessert sendiri! Seru kan?! Yuk lanjut dengerin cerita selengkapnya 🙂

Acara dimulai dengan aksi Chef Walter Kei yang mendemokan cara memasak hidangan pembuka dan hidangan utama. Keantusiasan para bloggers yang hadir cukup menyemarakkan suasana, dimana semua bloggers langsung maju dan memperhatikan proses cara memasak secara dekat.

Hidangan pertama yaitu adalah Beef Roll with Vegetables. Hidangan pembuka ini ternyata terinspirasi dari makanan Korea yang mencampurkan daging sapi dan sayuran ke dalam sebuah menu. Sehat dan mengenyangkan! Dan cara masaknya pun tidak sulit karena hanya mengkukus daging sapi dan melilitkannya ke sayuran. Rasanya? Tentu saja enak! Dagingnya empuk dan rasa dari irisan timun, wortel, dan jamur enoki sungguh memberi variasi rasa yang lezat.

Beef Roll with Vegetables, Carrot Cake, Steamed Chicken with Chinese Mushroom, Fried Chicken Orange Sauce

Untuk hidangan utama, Chef Walter mengajarkan kami cara membuat Steamed Chicken with Chinese Mushroom. Dengan merendam ayam ke dalam bumbu saus yang telah diracik, nantinya ayam akan dikukus supaya matang. Sayangnya saya kurang suka dengan menu ini. Karena minim rasa. Tapi menurut chef, memang sebenarnya masakan Hong Kong termasuk yang tidak banyak menggunakan bumbu.
Lalu bagaimana dengan hidangan penutup? Siapa lagi kalau bukan para peserta yang wajib membuatnya sendiri……… Panikk! Karena saya yang hanya suka makan ini, kenyataannya gak bisa masak. Untunglah kita diberi kesempatan untuk bekerja secara kelompok. Yeiiiy!

Photo from Dita

Saya berada di kelompok 2 bersama Dita, Icha, Wenny, dan Winny. Dita ditunjuk sebagai ketua kelompok dan mendokumentasikan cara memasak kita, karena akan ada pemenang yang ditunjuk dari juri atas hasil masakan yang oke juga kekompakan group. 

Menu yang harus kita buat adalah Banana Brulee with Chinese Sticky Ball (Rice Dumpling). Sebagai langkah awal, kita bersama-sama membuat Rice Dumpling. Setelah diisi dengan selai kacang, dumpling langsung direbus di panci.

Sambil menunggu rebusan dumpling, kita membuat Banana Brulee-nya. Pisang yang telah dibelah lalu ditaburi dengan gula di atasnya. Lalu bagian yang diberi gula langsung dibakar sampai sedikit hangus.  
Dumpling yang sudah selesai direbus langsung dibaluri dengan tepung kacang. Ketika semua sudah siap, langsung deh di susun dengan rapi. Dan selesai!

Cukup surprise dengan rasanya yang ternyata ENAK! Dumplingnya terasa renyah dari baluran tepung kacang. Dan pisangnya terasa manis ditambah rasa karamel yang bikin nagih untuk makan lagi 🙂

Ketika selesai mempresentasikan menu dessert, kita langsung duduk bersama-sama untuk menikmati hidangan lainnya dari Hong Kong Cafe. Saya mencoba beberapa menu seperti Fried Chicken Orange Sauce (IDR 57.000,-) yang saus orange-nya enak sekali, Hakau Udang (IDR 20.500,-) yang lebih besar porsinya daripada menu di tempat lain, HK Crispy Fried Carrot Cake (IDR 36.500,-) yang wajib dicoba, dan masih ada beberapa menu enak lainnya. 
Setelah makan, saatnya pengumuman pemenang live tweet dan best group and dishes. Luckly, group kami menang di salah satu kategori! Yeiyyy. Gak sia-sia heboh nyiapin menu, walaupun sempet salah langkah. Emang hoki tuh gak bakalan kemana 😀

Satu hal yang saya baru ketahui dari acara ini adalah ternyata makanan dari Hong Kong pun cukup pas dengan lidah saya. Bahkan makanan yang dibuat sangat simpel tanpa banyak bumbu. Jadi tertarik banget untuk mempraktekannya di rumah. Hmm… Jadi pengen suatu saat beneran liburan ke Hong Kong hehehehe #modus.
Eitsss, sebelum jauh-jauh liburan ke Hong Kong jangan sampai ketinggalan dulu nih acara yang sebentar lagi akan dimulai. Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) mempersembahkan sebuah kampanye promosi yang menyorot gaya hidup dan kreativitas Hong Kong yang dinamis dan unik, yaitu InStyle Hongkong.
Di sini kamu bisa melihat produk-produk seperti pakaian, barang elektronik, souvenir dan peralatan rumah tangga, perhiasan, dan barang-barang lainnya yang berasal dari  Hong Kong yang tentunya berkualitas melalui trade expo yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 September 2015 di Jakarta Convention Center.

Untuk info selengkapnya, bisa dicek di SINI ya!

Tertarik untuk dateng? Yuk jangan lupa catet tanggalnya ya 🙂

For more info, you can check these:

 

18 thoughts on “Belajar Membuat Dessert di InStyle Hongkong’s Blogger Gathering

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)