Battle of Cushion: Laneige BB Cushion Pore Control vs Cathy Doll AA Matte Powder Cushion

Gak nyangka kalau ternyata hidup saya belakangan ini bisa lebih mudah dengan adanya cushion!

Serius deh kalimat di atas bukan lebay. Bagi saya yang setiap pagi selalu kelimpungan karena menghabiskan waktu yang lama untuk dandan, tapi berkat cushion saya masih punya waktu untuk leyeh-leyeh di depan tv sebelum berangkat kerja. πŸ˜€

Ini bukan pertama kalinya saya mencoba cushion. Cushion pertama saya adalah Precious Mineral Any Cushion Etude House yang saya dapat saat berlangganan majalah Cita Cinta. Pada saat itu saya sebenarnya suka dengan kemampuannya untuk meratakan warna kulit. Namun karena hasilnya yang dewy, agak sedikit merepotkan kalau sudah mulai berminyak.

Dan satu hal lagi yang saya dapat saat menggunakan cushion pertama saya ini. Yaitu, jerawat!

Saya pernah share sebelumnya kalau cushion inilah yang menjadi salah satu penyebab jerawat meradang beberapa tahun yang lalu. Memang bukan sepenuhnya salah cushion ini sih, lebih tepatnya adalah ketidaktahuan saya bagaimana cara untuk membersihkan wajah bermakeup dengan benar. Sehingga jerawat dengan mudahnya mampir ke wajah saya.

Sejak itu hampir tidak pernah saya menyentuh cushion lagi. Hingga sampai akhirnya di akhir tahun kemarin saya kembali mencoba dua produk cushion yang asalnya dari Korea.

BATTLE OF CUSHION: LANEIGE VS CATHY DOLL

Saya mendapatkan produk Cathy Doll karena memenangkan lomba blog ketika mereview Cheek Tint & Concealer-nya. Sedangkan Laneige saya beli ketika ada promo package produk Laneige di Sociolla.

Sebelumnya saya tidak banyak tahu dan dengar review tentang cushion milik Cathy Doll. Sebaliknya, saya malah sering sekali mendengar bagaimana orang memuji kualitas Laneige BB Cushion Pore Control.

Setelah pemakaian lebih dari 1 bulan pada masing-masing produk, akhirnya saya dapat mengulas kualitas kedua produk ini. Silahkan dibaca ya, khususnya yang sedang mencari cushion.

KEMASAN

Kedua produk ini sama-sama menggunakan kardus untuk outernya. Cuma bedanya kardus Laneige lebih besar karena isinya bukan hanya ada compact cushionnya saja, tapi juga ada refill-nya.

Laneige BB Cushion Pore Control

Cathy Doll AA Matte Powder Cushion

Cushionnya sendiri modelnya sama. Ada kaca, sponge, dan juga cushionnya. Sayangnya yang Laneige kacanya kendor banget, jadi kalau mau ngaca harus ditahan dulu (lihat video YouTube saya ya supaya jelas yang saya maksud).

Trus dari segi desain keduanya bener-bener bertolak belakang. Laneige lebih simpel dan warnanya satu tone gitu, sedangkan Cathy Doll warnanya ngejreng dan banyak image dan tulisan di kemasannya.

Laneige Cushion Pore Control

Cathy Doll Cushion

TEKSTUR

Keduanya sama-sama berbentuk krim yang cair dan mudah diaplikasikan ke wajah. Untuk Cathy Doll sendiri terasa banget cooling effect-nya pas pertama kali pakai. Sekarang udah gak berasa lagi, kemungkinan besar sih karena kebal.

Cathy Doll AA Matte Cushion

Laneige Pore Control Cushion

Sedangkan Laneige kok saya tidak merasakan adanya cooling effect ya?

WANGI & WARNA

Laneige memiliki wangi khas produknya yang mungkin kalau sudah sering pakai produk Laneige pasti tau. Kalau Cathy Doll ada wangi Tea Tree yang menyegarkan.

Untuk warna, saya sama-sama punya warna Beige yang nomornya 23. Hanya saja beda nama, kalau Laneige namanya Sand Beige. Kalau Cathy Doll namanya Natural Beige.

KLAIM VS PENGALAMAN

Laneige Cushion Cathy Doll Cushion

Laneige memiliki klaim:

  • Pore Coverage. Menurut saya justru coverage-nya tuh sedikit banget. Jadi buat yang punya bekas jerawat masih perlu menggunakan concealer lagi.
  • Semi-matt Finish. Yes, jadi dibandingkan dengan produk cushion Laneige yang lain, Pore Control ini lebih matte tapi gak terlalu matte.
  • Water resistant. Yes.
  • Long Lasting. Hanya untuk sekitar 4-5 jam pemakaian, selebihnya sudah berminyak.
  • Sunscreen. Not sure. Tapi SPF-nya 50+ PA+++
  • Cooling Effect. Di saya sih gak terasa dingin ya.

Sedangkan Cathy Doll memiliki klaim:

  • Auto Aura. Maksudnya jadi cantik gitu ya? Hahahaha. Saya gak ngerti maksudnya Auto Aura ini πŸ˜€
  • Whitening. Iya, warnanya jadi lebih putih. Tapi lama kelamaan warnanya ngikutin warna kulit asli.
  • Moisturizing. Saya pakai produk ini tanpa moisturizer pun tidak masalah.
  • Covering Blemish. YES! IT’S SUPER HIGH COVERAGE! Ooops… *matiin capslock
  • Cooling. Iya, plus ada wangi tea tree oilnya jadi enak dipakainya.
  • Sun Protection. Not Sure. Tapi SPF-nya 50 PA+++
  • Oil Control. Sekitar 6 jam pemakaian, selebihnya sudah berminyak.
  • Quick Step Using. Pakai ini memang jadi lebih cepat banget dibandingkan saat pakai foundation.
  • Tone Correcting. Yes.

KESIMPULAN

This is my personal opinion based on my experience. Kalau disuruh pilih, saya lebih suka dengan hasil Cathy Doll AA Matte Powder Cushion Oil Control.

Hal ini dikarenakan saya punya banyak bekas jerawat yang warnanya cokelat. Sehingga saat menggunakan Cathy Doll, tidak perlu menggunakan banyak concealer. Produk ini juga sudah tahan saya bawa panas-panasan di luar ruangan. Dan hasilnya tetap oke. Malah suami sempet bilang, “kok kena panas malah jadi (lebih) putih sih mukanya?” πŸ˜€

Sedangkan Laneige sendiri saya memiliki pengalaman yang kurang baik, karena setiap pakai suka mengeluarkan jerawat kecil di kulit. Sepertinya saya kurang cocok menggunakan Laneige. Namun dari segi hasilnya saya sangat merekomendasikan untuk pemilik wajah yang nyaris sempurna tanpa jerawat dan bekasnya. Kulit kalian akan terlihat seperti tidak memakai makeup πŸ˜€

Laneige BB Cushion Pore Control bisa ditemukan di counternya atau beli di online shop terpercaya. Di Sociolla sendiri harganya Rp 520.000,- sudah mendapatkan refill.

Untuk Cathy Doll AA Matte Powder Cushion bisa dibeli di counter atau juga di official websitenya dengan harga Rp 328.000,-.

So, which one do you choose?

28 thoughts on “Battle of Cushion: Laneige BB Cushion Pore Control vs Cathy Doll AA Matte Powder Cushion

  1. waah waah sejauh ini sih aku baru coba Laneige, belum pernah coba cathy doll nih. Tapi habis baca review kamu jadi penasaran mau cobain juga πŸ˜€

  2. Dan ini racun bgt deh!!! Abis ini lgsg gentayangan cari review lain si Cathy Doll :*
    I need more battle poduct review … kyaaa~

  3. Aku tertarik banget beli cushion, kmrin ada temen yang beli laneige, tp harus nyisihin dlubuang jajan soalnya rada mehong harganya.. Hhee
    Pengen cob yg cathy doll, unyu2 warna kemasannya suka

  4. Whoaaa luvvvv bgt postingan ini!!!!

    Aku juga pake laneige tp menurutku coveragenya kurang:(

    Tp kalo dibanding etude aku lbh pilih laneige.

    Btw yg coveringnya oke lbh asik bikin sendiri sist wkwkkwkwk ku lbh syukaa❀

    Oiya fyi kalo lbh murah beli di althea aja. Eaa. Bukan ambassador. Tp ku senang belanja di sanaah

    Maaci reviewnya me like it!

    Luuuvvvvvvv

    1. Laneige bisa dibeli di counternya atau di sociolla, mbak. Kalo cathy doll juga sama. Beli di counter atau di online shop official mereka ?

  5. aku mau nanya kalau jual makeup second gitu dimanaya mba? Soalnya aku beli aa cushion yang shade honey beige 26 bagus sih natural gitu warnanya kegelapan di akuu, dia lebih cocok buat yg sawo matang bagus banget. Mohon jawabannyaπŸ™

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)