Lifestyle Money

Manfaat Aplikasi Jenius Dalam Kehidupan Blogger dan YouTuber

Ada yang kenal dengan aplikasi Jenius dari BTPN? Atau malah sudah install aplikasinya sejak dulu? Kali ini saya mau cerita bagaimana pengalaman saya menggunakan aplikasi Jenius yang bermanfaat sekali untuk pekerjaan saya sekarang yaitu Blogger dan YouTuber.

PERTAMA KALI KENAL DENGAN APLIKASI JENIUS

Aplikasi Jenius BTPN

Waktu awal pertama kali aplikasi Jenius muncul saya agak tertarik ketika membaca beberapa tulisan tentang aplikasi keuangan ini, salah satunya di blog ini. Cuma gak kepikiran untuk langsung install aplikasinya karena masih belum ramai pada waktu itu yang pakai.

Eh pas banget teman saya yang kerja di BTPN ngajakin untuk install aplikasi Jenius karena pada waktu itu juga ada promo pakai kode tertentu nanti dapat uang Rp50.000,- masuk sebagai saldo awal kalau sudah berhasil buat rekening tabungan.

Dan akhirnya saya pun install dan mendaftar sesuai dengan tata cara yang ada di aplikasi tersebut. Saya tidak ingat betul bagaimana prosesnya karena saya buat sekitar Februari 2017 dan tidak langsung dicatat kronologi pendaftarannya, jadi lupa deh.

Yang saya ingat dulu ada proses verifikasinya dengan didatangi oleh tim dari Jenius. Waktu itu timnya datang ke kantor (waktu itu masih kerja kantoran) dan cuma tanda tangan, verifikasi KTP, dan foto saja. Tidak berapa lama kartu debit utamanya datang dan aplikasi sudah bisa digunakan.

MANFAAT APLIKASI JENIUS BAGI BLOGGER DAN YOUTUBER

Waktu itu saya gak kepikiran sih mau pakai buat apa rekening ini. Karena untuk rekening dengan bank konvensional saja saya sudah ada 4. Untuk gajian, untuk bayar kartu kredit (karena kartu kreditnya dari bank yang beda dari rekening gajian), untuk tabungan, dan rekening untuk reksadana.

Kebayangkan nambah satu rekening lagi jadi tambah banyak aja bank-nya. Cuma setelah dipikir-pikir sebenarnya masalah punya rekening banyak ini bisa diatasi dengan menggunakan Jenius. Alasannya akan saya jelaskan berdasarkan fitur yang diberikan oleh Jenius dan apa yang saya rasakan berdasarkan pengalaman selama pemakaian.

SATU REKENING UNTUK BERBAGAI TRANSAKSI

Buat yang belum tau, di dalam aplikasi Jenius itu terbagi menjadi Saldo Aktif, Kartu, dan Save It.

Aplikasi Jenius BTPN

Saldo Aktif ini bisa dibilang adalah tempat dimana hampir semua transaksi melintas, dari mulai menerima uang yang masuk baik ditransfer dari orang lain maupun dari setoran, bisa juga untuk transfer uang, dan juga melakukan transaksi offline ataupun online.

Saldo Aktif ini terhubung dengan kartu debit utama, dimana kita bisa melakukan transaksi keuangan baik offline maupun online selama di saldo utama ini terisi sesuai dengan nominal yang dibutuhkan.

Saya sendiri jarang pakai saldo aktif ini kecuali mau pakai kartu debit utamanya atau tarik tunai. Biasanya saldo aktif ini hanya terisi pada Hari Senin, karena pada hari tersebut ada promo cashback biaya antar bank ketika saya transfer uang dari Bank BCA ke rekening Jenius.

Maklum, rata-rata fee pekerjaan yang saya dapat ditransfer oleh pemberi kerja ke Bank BCA. Kalaupun mau ditransfer langsung ke rekening Jenius biasanya akan lebih lama ditransfer dan bisa juga dikenakan biaya transfer antar bank. Maka dari itu saya tetap menggunakan rekening Bank BCA sebagai bank yang umum dijadikan transaksi, lalu nantinya saya akan transfer ke rekening Jenius. Baru setelah itu dipindahkan lagi ke Kartu atau Save It.

Baca juga: Cara Membuat Anggaran Keuangan

Aplikasi Jenius BTPN

KartuΒ adalah fitur yang cocok digunakan kalau kita terbiasa dengan sistem amplop. Sistem amplop ini adalah cara saya untuk mengatur keuangan dengan memberikan pos-pos budget agar bisa diawasi sehingga dananya tidak keluar dari yang sudah direncanakan.

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas bahwa setelah mendaftar rekening di Jenius kita akan dikirimkan kartu debit utama atau yang dikenal sebagai m-card. Selain kartu debit utama ini kita juga mendapat 2 tipe kartu lainnya yaitu kartu debit virtual (x-card), dan kartu debit tambahan.

Ketiganya merupakan kartu dengan logo visa, jadi bisa digunakan sebagai pengganti kartu kredit. Bahkan bisa juga digunakan di luar negeri.

Berbeda dengan kartu debit utama, kartu debit virtual dan kartu debit tambahan bisa diatur limit-nya. Untuk kartu debit virtual biasa saya pakai untuk kegiatan online, seperti belanja online. Sedangkan kartu debit tambahan kebetulan saya sudah punya kartu edisi khusus valentine cuma belum saya pakai. Rencananya kartu debit tambahan ini saya akan gunakan untuk menaruh dana kebutuhan sehari-hari.

Aplikasi Jenius BTPN

Oh iya kartu ini enak banget lho, kalau mau blokir gak perlu repot-repot telpon bank karena kita bisa blokir sendiri melalui aplikasi. Saya pernah coba sendiri waktu memblokir kartu yang sudah dikirim dari bank namun belum sampai-sampai. Jadilah saya blokir supaya aman.

Trus kartu debit tambahan itu kan bisa punya sampai maksimal 3, maka kartu ini bisa dikasih ke orang lain dan diatur sendiri limit-nya. Gak jauh beda kan sama kartu kredit, cuma ini semua kita yang atur sendiri.

Aplikasi Jenius BTPN

Save it adalah fitur yang belakangan ini saya pakai. Fitur save it adalah fitur tabungan dan lagi-lagi bisa kita sendiri yang atur tujuannya. Jadi Save it ini pun dibagi lagi menjadi 3 macam, yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

Flexi Saver adalah tabungan yang mirip seperti tabungan pada umumnya. Namun di aplikasi Jenius mereka menawarkan bunga yang menarik yaitu 5% p.a tanpa saldo minimum. Enaknya lagi kalau mau setor ataupun tarik dana bisa kapan aja tanpa dikenakan biaya apa-apa. Makanya saya pakai Flexi Saver untuk menaruh uang yang ingin ditabung sebagai dana darurat.

Sedangkan Dream Saver adalah tabungan yang mirip seperti tabungan berjangka pada bank konvensional umumnya. Cuma bedanya ini kita bisa atur sendiri berapa setorannya, kapan periode setorannya, dan kapan waktu jatuh temponya. Kalaupun di tengah jalan kita mau tarik dananya pun tidak akan dikenakan biaya pinalti. Mau ganti jumlah setorannya, ganti periode setorannya, atau ganti jatuh temponya juga boleh. Pokoknya bebas!

Nah Dream Saver ini saya gunakan banget untuk menyicil biaya yang harus dikeluarkan dalam jumlah besar. Misalnya untuk bayar hosting dan domain blog, ngumpulin biaya traveling, atau beli produk kecantikan yang harganya cukup besar.

Cara ini sangat membantu saya yang memang penghasilannya tidak pasti jumlahnya dan waktunya. Jadi saya membiasakan untuk menyicil biaya sehingga nantinya anggaran keuangan yang lain tidak akan terganggu.

Yang terakhir adalah Maxi Saver yang mirip seperti deposito dengan minimal setoran 10 juta. Untuk fitur ini saya sendiri belum pernah pakai. Tapi mungkin yang tertarik untuk investasi bisa dicoba juga.

FITUR LAINNYA YANG BERMANFAAT UNTUK BLOGGER DAN YOUTUBER

Fitur aplikasi Jenius lain yang bermanfaat dalam keseharian saya adalah:

  • Send It, yaitu mengirim uang ke rekening bank apapun secara gratis (jatah gratis tiap bulan sekitar 25 kali).
  • E-Wallet, yaitu fitur terbaru dari Jenius untuk top-up saldo Gojek, T-Cash dan juga Ovo.
  • x-card saya gunakan sebagai pengganti kartu kredit. Jadi kalau mau buat iklan di Facebook dan Instagram tidak perlu pakai kartu kredit lagi. Cukup pakai Jenius.
  • Rekening Jenius juga saya gunakan untuk menerima gaji dari AdSense.
  • Pay Me juga membantu saya untuk menjaga keharmonisan pertemanan agar tidak hancur karena uang. Hahahaha. Jadi fitur ini memungkinkan saya untuk menagih hutang.
  • Aman karena selain menggunakan kode password, ada juga pin, dan finger print.

Aplikasi Jenius BTPN


Sejauh ini saya merasa aplikasi Jenius membantu saya dalam mengatur keuangan setelah menjadi full time blogger dan YouTuber. Terutama dalam mengatur uang untuk budget pengeluaran dan juga uang yang ditabung. Semuanya dilakukan hanya melalui smartphone dan cukup dari satu rekening tabungan saja.

Sebenarnya tidak hanya pekerjaan seperti saya aja sih yang merasakan manfaatnya. Saya rasa fitur-fitur di atas bisa juga bermanfaat untuk jenis pekerjaan apapun dan siapapun. Karena kemudahan transaksi perbankan memang idaman semua orang kan?

Aplikasi Jenius BTPN

Mungkin selanjutnya saya akan pelan-pelan mengurangi akun rekening dari bank yang lain, karena lumayan juga setiap bulannya kan harus keluar biaya administrasi dan juga kerepotan akan punya rekening yang banyak.

Itu dia review saya tentang aplikasi Jenius. Semoga jelas ya manfaatnya dari aplikasi Jenius ini. Kalau ada yang mau tambah manfaatnya berdasarkan pengalaman pribadi silahkan tambahkan di kolom komentar ya πŸ™‚

18 Comments

    • Lia 03/11/2018
  1. sabda awal 02/11/2018
    • Lia 03/11/2018
  2. Justisia Nita 02/11/2018
    • Lia 03/11/2018
  3. Dyah 02/11/2018
    • Lia 03/11/2018
  4. Hastira 03/11/2018
  5. YELLI 03/11/2018
    • Lia 03/11/2018
  6. Jejak Biru 04/11/2018
    • Lia 09/11/2018
  7. wcarmelita 10/11/2018
    • Lia 12/11/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: