2 Tipe Postingan Yang Saya Hindari di Social Media

Beberapa hari ini saya jenuh bahkan menulis pun malas. Jadi maklum kalo blognya adem-adem aja nih. Memang saat ini lagi ada banyak hal yang harus dipikirkan. Semoga gak lama-lama ya mikirnya 😀

Kemarin perasaan saya sedikit relaks saat ada kesempatan untuk berlibur yang disponsori oleh kantor. Jadilah saya gunakan momen itu sebaik-baiknya untuk refreshing. Kapan lagi jalan-jalan gratis, ya gak?

Selama liburan singkat itu pun saya gak banyak berinteraksi dengan social media. Pengen fokus aja kumpul sama temen-temen dan seneng-seneng. Walaupun sesekali saya tetep pamer upload foto liburan di social media biar eksis hihihi.

DRAMA DI SOCIAL MEDIA

Sampai akhirnya saya gak sengaja iseng melihat timeline Path yang isinya foto tidak pantas yang diposting oleh teman. Tanpa pikir panjang saya pun langsung unshared akun socmed-nya dan kami sudah tidak berteman di Path.

Sekarang sih saya masih gak mikir gak enak atau gimana ya sampe akhirnya harus unshared dia. Toh ini adalah bentuk kumpulan kekesalan saya melihat isi postingannya selama ini.

Belum lagi masih ada beberapa teman di timeline yang hobinya ngeluh atau marah-marah terus. Okay, yang namanya manusia itu memang gak harus emotionless. Sesekali curhat kesel atau marah di socmed sih gapapa menurut saya, manusiawi. Tapi tiap buka isinya doi ngoceh-ngoceh kan sakit mata dan jadi malah punya bahan gosip juga ya. Hehehehe.

Males deh deket-deket sama sesuatu yang auranya negatif. Sehari-hari aja kita belum tentu bisa berpikiran positif secara full, apalagi kalau kita harus tiap hari melihat dan membaca sesuatu yang negatif.

Baca juga: Santun Dalam Berkomentar di Social Media

FILTER TEMAN DAN DIRI SENDIRI DI SOCIAL MEDIA

Sekarang saya lagi kepengen “ngebersihin” timeline Path yang sekarang mulai banyak efek negatifnya. Kenapa Path aja? Karena sebenarnya saya mau pakai Path hanya untuk socmed inner circle aja, seperti fungsinya dulu. Makanya sempet bete pas Path bisa menambah jumlah teman sebanyak-banyaknya. Hadeuuuh, sama aja dong kayak socmed lain. Mana privasinya apalagi semua temen minta di add, #eh?

Ini juga jadi pelajaran buat saya untuk tidak mengunggah sesuatu yang dapat membuat yang melihatnya tidak nyaman. Walaupun saya setuju, apa yang kita share di timeline sendiri itu adalah hak kita. Tapi sebisa mungkin saya menghindari mengunggah gambar yang membuat orang tidak nyaman dan juga tulisan penuh emosi yang hanya akan mempermalukan sekaligus membuka aib saya.

Jangan sampai deh nanti suatu saat saya menyesali telah melakukan hal tersebut. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi seperti timehop dan juga fitur memories di Facebook yang bisa melihat kembali postingan lama kita.

Baca juga: 3 Things You Should Notice When You Are Online


Saya tidak bisa mengatur kehendak seseorang untuk menulis atau melakukan apapun di social media. Maka saya sendirilah yang menjadi filternya.

postingan-yang-dihindari-di-social-media

Kalau kalian paling menghindari postingan apa?

82 thoughts on “2 Tipe Postingan Yang Saya Hindari di Social Media

  1. Aq juga sebel kl ada org yg ngeluh, nyinyir share foto aneh2, atau marah2 di socmed… Socmed pgennya tempat share yg bermanfaat ajalah atau info2 penting gitu… Males lama2 kl ada yg marah2 ga jelas, pgen tak unfriend tp temen sendiri enggak tp gmn gt hehehe…

    1. Dilema ya, Hand. Selama belom ganggu banget di hide aja. Yang susah itu Twitter sih. Cuma pilihan unfollow ya kalau gak salah.

  2. Aku menghindari postingan yang berdarah-darah… Kalo keliatan ada di timeline langsung aku hide. Males!
    Trus aku juga sebel ama orang yang suka marah-ngomel gak jelas di sosmed..

    1. Yang marah-marah dan ngomel-ngomel terus-terusan itu banyakk. Makanya demi keamanan dan kesucian hati ini (biasanya suka kepo dan malah jadi diomongin :P), langsung aku delcont. Hihihihi.

  3. Walaupun aku sering bikin masalah di medsos, tapi tetep ya ngerasa bete juga kalau melihat postingan-postingan nyinyir atau nyindir atau kalau ada yang pamer tapi dengan cara menjatuhkan orang lain gitu. Biasanya langsung aku unfoll sih, bodo amat. 😀

    Tapi, jadinya aku juga intronspeksi diri sih, sekarang mah udah dapet hidayah, nggak banyak bikin masalah di medsos. Hahaha.

  4. Aku sering unshare, unfriend atau delcont orang2 yang postingan nya malesin banget, atau kalo di update semenit sekali updatein semuanya, dr mulai checkin, foto, denger inilah denger itulah, nonton inilah nonton itulah, sesekali wajar, ini mh timeline isinya dia semua, apa kabar dunia gw penuh sm celoteh dia yg gk penting.. hellloo..
    Maaf ya lia jadi baper gini abis baca postingan km.. hhee

    1. Sitiiii hihihi. Awas jangan baper.
      Do whatever you like. Kan itu timeline mu sendiri.

      Aku juga pernah unfriend temen yang pamer jalan-jalan mulu. Karena aku berpotensi iri, dengki, dan baper. Hihihi. Sekarang I am totally fine liat orang jalan-jalan, KECUALI DIA 😛 Huahahahahaha.

  5. Entah kenapa beberapa hari ini aku seneng posting yg lucu2 di Path. Kalo FB ga pernah posting kecuali postingan blog karena ngelink ke sana. Nah kalo twitter, ga tahu, beberapa hari ini lagi seneng posting sesuatu yg aku denger dan aku lihat. Org liat sih galau, padahal cuma #selfnote #selfreminder aja.

    1. Awww, jadi pengen main ke FB-nya Kak Nuno. Lagi pengen tersenyum nih….. #preeeett
      Hihihihi.

      Yakin nih gak galau, Mas? 😀

  6. Iya Lia, sebis mungkin ga pake marah-marah. Kalo menghindari sih banyaaak tipe postingannya, kaya toh misalnya kontroversi yang sebenernya gak beneran gw, atau review yang gw gak pernah nyoba *ihik, atau yagitu deh ya. ihihihi… Selain gak mau bikin orang ikut kebawa negatif, gw usahakan juga gak bohong di sosmed yang mana artinya gak bohong juga gak semuanya dishare 😀

  7. aku udh bnyk mbak unriend/delete temen2 yg share link2 yg bersifat provokatif, rasis, fitnah.. duuuh, drpd mata sakit ya, trs jd emosi juga, delete ato block ajalah.. sebodo amat sih kalo ditanya kenapa dia didelete.. sapa suruh nyebarin link begitu.. temen2 path untungnya blm ada yg kebagian di coret nih ;p.. kbnykan temen2 FB.. tapi ya sudahlah, kalo FB memang ga semua temen2 deketku sih.. kalo temen yg kebnyakan ngeluh ato nyebarin aib rumah tangganya sendiri, ada juga tuh di aku.. tapi masih ttp aku biarin krn dia juga jualan barang2 lucu ;p hihihii… susah di aku jg kalo diapus ntr 😀

    1. Nah, yang aku bingung kok suka buka aib. Gerah jadinya. Potensi buat kita kepo juga *ups hihihihihi.
      Mending unfollow aja kali yaaaa…

  8. Lucu juga ngeliat teman yang keliatannya pendiam ternyata suka ngoceh dimedsos. Postingan dari beberapa teman kadang bikin…hmm…ah udahlah, biarin aja haha! Tapi buat saya terlepas dari baik buruknya, mereka menjadi lebih terbuka. Dari situ jadi keliatan mana yang punya pemikiran dan sikap yang baik dan mana yang…freak! 😀

  9. Yes yes…
    Meskipun sosmed itu hak perorangan mo post apaan kek, tp saat itu dilempar ke dunia maya dn dilihat org ada baiknya dipilah apa yg mo dipost, scara gak langsung kan jd konsumsi jd gak bsa bilang suka suka guwehh.
    Hohoho.

    Btw i rememberred you at biokos event, right?
    Lam kenal

    Buleipotan.com

  10. Ampir sama siy mba Lia… aku juga selalu unfol temen yg statusnya nyinyir tiada henti, suka posting atau nge share link aneh2 dan yang doyan nge tag2 jualannya tanpa terkecuali. Hahahaha… ganggu banget aku rasa :p

  11. Halo.salam kenal mbak Lia. Postingannya ringan dan asik nih. Saya suka.. hehe. Saya menghindari postingan yg mengandung sara dan kmungkinan besar hoax. Hide atau report langsung, pernah juga saya kritik ke yg bersangkutan. Kalau soal org yg suka sekali update status, terserah dia dah, nanti kalau saya merasa terganggu hide saja. 😀

  12. nice share, pernah bikin tulisan agak mirip juga…intinya menghindari postingan2 yg berbau negatif, atau yg awalnya kayak ajak diskusi tapi ternyata komentar2nya banyak yang emosi, ujungnya negatif juga…jebakan batman banget itu hahaha…

    1. Iya, harus tetap netral dan positif aja. Kayaknya diskusi di socmed rada berbahaya. Lebih baik yang sifatnya private atau secara langsung saja. Abis itu no hard feeling 🙂

  13. Aku pun banyak unfriend orang2 yg gak jelas. Apalagi suka share2 hal2 negatif, foto2 nylenwh.. kita memang harus memfilter teman di sosial media.

  14. Wah, baru pulang liburan, senangnya.
    Hm, sepakat mba, saya kapok nimbrung status teman yang emosional. Jadi kena jebakan batman.
    Jadi hindari saja..

  15. Saya memutuskan buat disabling Path karena selain kebanyakan sosmed, tp karena dia cukup privatnya itu kdg org suka lupa semua dimuntahin termasuk yg “enek-enek”. Jadi ya… I’m off dan prefer aktif di IG dan twitter yg bnyk kuisnya. *eh . LOL

    1. ahahaha aku juga sama sama mba Nadia, udah uninstall Path abisnya kok kayak ga ada beda sama sosmed lain….mana gada kuisnya #eh 😀

  16. Hmmm…ikutan nyimak…

    Saya juga memang kalau beberapa posting yang memancing emosi suka tidak tanggapi… Tapi belum sampe unfriend

    Yg saya unfriend kalau sudah ada unsur pornografinya 🙂

  17. Saya juga sering merasa tak nyaman jika ada yang share gambar tak enak dilihat, umpatan, makian dan terlalu mengunggulkan grupnya di satu sisi dan menjelek-jelekkan saingannya di sisi yang lain.
    Salam hangat dari Jombang

  18. aku pun sama, langsung unfoll orang2 yang share nyinyir, negatif, marah2 melulu, juga yang suka sok2 misterius statusnya, giliran ada yang nanya jawabnya “ada dehh”. daripada kepo yekaan, mending unfoll. kalau path sengaja hanya orang2 tertentu yg aku approve, beberapa orang2 yang tidak berteman di Fb.

    1. Yang misterius berpotensi aku kepoin hahahaha. Tapi masih lebih mending misterius kan, Mbak? Asal jangan misterius nyinyir 😀

  19. saya, saya suka menyaksikan drama di social media. kadang bisa jadi hiburan tersendiri di kala sepi

  20. Sosmed mana ya?
    Path? Dah hampir sebulan gak buka dan gak update apa2 di sana.
    Facebook? Buka kalau ada yang mention. Itu pun palingan 3 hari sekali baru buka
    Twitter? Buka di jam saat banyakan pada kerja… hahahaha. jadi updatenya juga gak nemu yang aneh2.
    Instagram? Masih blm buka tag-nya ko Putra Agung sampai sekarang hahahaha.

    Tapi emang harus pilah2 yang namanya di sosmed, temannya ataupun apa yang dishare. Aku sendiri dah mulai males buka2 sosmed karena isinya hampir sama semua. Pagi buka hape mulainya dari notif. Dan isinya… group blogger a sampe z. entahlah… mulai bosan atau gimana ya ini hahahaha

  21. Aku aku aku SETUJUH. Aku baru unshare juga temen yang mulai HOBI foto satu muka di Path, mulai dari foto jelas, foto filter, sampe foto burem pun dishare bzzzzzzz. Kekeselanku memuncak sejak dia foto JERAWATNYA dengan caption : Ini apa ya?!!! WTF, itu jerawat kampr*t, harusnya diobatin, bukannya dipamerin. Aku esmosi ahahhahahahahahha

  22. saya juga malas baca status orang yang suka mengeluh Mba Lia, sama foto-foto vulgar dan berdarah-darah juga 🙁
    kadang suka bingung sama oknum yang gak malu menyebarkan foto-foto tidak senonoh itu 🙁

  23. makanya saya menghindari buka sosmed sesering mungkin terutama pas jam kerja *ya iyalah ev kan lagi kerja, liat sosmed fokusnya malem *terus gak jadi tidur karena baca yg nyinyi2r, mending share yang positif2 aja, biar pas orang baca dapet aura positif juga

  24. Sama sich dengan kamu Lia. Paling sebel sama postingan yang negative dan SARA. Dan sekarang khusus untuk path sudah lumayan bersih dari yang seperti itu. Kalau fb malah banyak berita dan info yang aku dapat, kalau misalnya ada yang aneh-aneh tinggal di hide saja, kalau sudah benaran nga bisa ditolerir baru dech di unfriend.

  25. kalau saya akan menghindari postingan curhat yang bahsanya spontan dan tidak enak dibaca. trus suka ada juga yang posting karena ingin di like atau love aja. haha

  26. Karena buka medsos cuma utk posting link kemudian baca jg cuma grup2 khusus,bingung juga apa ya yg aku hindari mba. Semuanyakah hahahaha…

  27. Saya juga sama mb. Pengennya berhenti medsos.an. saya menghindari postingan yg berisi fitnah, pamer ga jelas, tukang pamer foto selfi alay ga jelas padahal orgnya udah tua 😄, dan yg kerjaannya posting status keluhan2. Tp ga saya unfriend mb. Paling unfollow aja. Jd kita tetap berteman. 😁

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)